Cara Membedakan Lokasi Absolut dan Lokasi Relatif Beserta Contohnya - Guru Geografi
News Update
Loading...

Minggu, Juli 16

Cara Membedakan Lokasi Absolut dan Lokasi Relatif Beserta Contohnya


Bagi anak-anak kelas 10 SMA pada bab geografi tentu akan belajar konsep geografi. Seringkali mereka kesulitan untuk memahami konsep-konsep geografi dan menjawab soal dari guru.

Dalam geografi, konsep paling utama alias nomor satu adalah lokasi. Lokasi ini dibedakan menjadi lokasi absolut dan lokasi relatif.

Lokasi absolut dan lokasi relatif adalah dua konsep penting dalam studi geografi yang digunakan untuk menggambarkan atau menentukan posisi suatu tempat. Perbedaan antara lokasi absolut dan lokasi relatif adalah sebagai berikut:

Lokasi Absolut:

1. Definisi: Lokasi absolut adalah lokasi suatu tempat yang ditentukan secara spesifik berdasarkan koordinat geografis yang melibatkan garis lintang (latitude) dan garis bujur (longitude) atau sistem koordinat lainnya.
2. Referensi: Lokasi absolut bergantung pada titik referensi tetap, seperti garis lintang dan bujur tertentu, yang memungkinkan penentuan yang presisi dari suatu tempat.
3. Contoh: Misalnya, lokasi absolut New York City adalah sekitar 40,7128° Lintang Utara dan 74,0060° Bujur Barat.

Lokasi Relatif:

1. Definisi: Lokasi relatif adalah lokasi suatu tempat yang ditentukan berdasarkan hubungannya dengan tempat lain atau fitur-fitur geografis yang lebih besar.
2. Referensi: Lokasi relatif menggunakan perbandingan, arah, atau jarak dengan tempat atau fitur lain untuk memberikan gambaran tentang posisi suatu tempat.
3. Contoh: Misalnya, lokasi relatif New York City dapat dijelaskan sebagai terletak di sepanjang pantai timur Amerika Serikat dan berada sekitar 200 mil sebelah timur Philadelphia.

Sederhananya, lokasi absolut memberikan informasi yang spesifik dan akurat tentang koordinat geografis suatu tempat, sementara lokasi relatif memberikan gambaran tentang posisi suatu tempat berdasarkan hubungannya dengan tempat atau fitur lainnya. Kedua konsep ini saling melengkapi dan membantu dalam memahami dan menggambarkan lokasi dalam studi geografi.

Untuk berlatih soal konsep geografi silahkan cek postingan berikut: Latihan Konsep Geografi

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close