Definisi Wilayah Homogen/Sejenis dan Contohnya - Guru Geografi
News Update
Loading...

Minggu, Juli 23

Definisi Wilayah Homogen/Sejenis dan Contohnya

Dalam belajar geografi pasti akan erat sekali dengan istilah region atau wilayah. Di kelas 12 dalam bab pertama pasti kalian akan belajar pengertian wilayah dan jenis-jenis wilayah.

Di postingan ini saya akan bahas tentang pengertian dan contoh wilayah homogen/uniform di permukaan bumi. Simak baik-baik dan jangan lupa share ke teman!.

Wilayah homogen adalah suatu wilayah yang memiliki kesamaan atau keseragaman dalam suatu atau beberapa aspek tertentu. 

Artinya, wilayah homogen memiliki karakteristik atau ciri-ciri yang serupa di seluruh wilayahnya atau di sebagian besar wilayahnya. Konsep wilayah homogen sering digunakan dalam ilmu geografi, demografi, ekonomi, dan bidang studi lainnya untuk memahami pola dan distribusi fenomena tertentu.

Contoh definisi wilayah homogen:

1. Wilayah homogen dalam hal penggunaan lahan: Suatu wilayah yang mayoritasnya digunakan untuk pertanian, tanahnya subur, dan memiliki pola penggunaan lahan yang seragam. Contoh wilayah pertanian ada di gambar berikut.
Petanian bawang

2. Wilayah homogen dalam hal iklim: Suatu wilayah dengan iklim tropis basah sepanjang tahun, dengan suhu rata-rata harian yang hampir konstan di sekitar 27°C dan curah hujan yang tinggi sepanjang tahun.

3. Wilayah homogen dalam hal tingkat ekonomi: Wilayah dengan tingkat pendapatan penduduk yang relatif rendah, mayoritas mata pencaharian adalah petani, dan memiliki struktur ekonomi yang didominasi oleh sektor pertanian.

4. Wilayah homogen dalam hal kepadatan penduduk: Wilayah pedesaan dengan kepadatan penduduk yang rendah, memiliki lahan pertanian yang luas, dan jarak antarpenduduk yang cukup jauh.

5. Wilayah homogen dalam hal bahasa dan budaya: Wilayah dengan mayoritas penduduk yang menggunakan bahasa dan memiliki budaya yang sama, serta memiliki tradisi dan adat istiadat yang serupa.

Wilayah homogen membantu para ahli dan perencana untuk memahami pola geografis, sosial, ekonomi, dan budaya suatu wilayah secara lebih mendalam. Pengelompokan wilayah berdasarkan kesamaan ini juga dapat membantu dalam perencanaan pembangunan, pengelolaan sumber daya, dan pemahaman mengenai dinamika wilayah tersebut.

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close