Pembahasan KSM Geografi Terintegrasi 2022 No 11-15 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Selasa, Juli 4

Pembahasan KSM Geografi Terintegrasi 2022 No 11-15


Assalamualaikum, lanjut lagi adik-adik kita bahas sola KSM Geografi tahun 2022 ya buat bahan belajar kalian.

Jangan lupa untuk selalu pantengin blog ini dan share postingannya ke teman-teman lain di grup medsos kalian!.

11. Perhatikan ayat berikut!
لَقَدْ كَانَ لِسَبَإٍ فِى مَسْكَنِهِمْ ءَايَةٌ ۖ جَنَّتَانِ عَن يَمِينٍ وَشِمَالٍ ۖ كُلُوا۟ مِن رِّزْقِ رَبِّكُمْ وَٱشْكُرُوا۟ لَهُۥ ۚ بَلْدَةٌ طَيِّبَةٌ وَرَبٌّ غَفُورٌ
Ayat di atas menggambarkan bagaimana pembentukkan kota dan perencanaannya yang bergunapada perkembangan dalam upaya mensejahterakan penduduknya. Kota yang dimaksud di ayat di atas adalah ...
A. Jerusalem
B. Madyan
C. Saba
D. Aram

Kunci
Ayat di atas berasal dari QS Saba ayat 15 yang artinya
Artinya: Sesungguhnya bagi kaum Saba' ada tanda (kekuasaan Tuhan) di tempat kediaman mereka yaitu dua buah kebun di sebelah kanan dan di sebelah kiri. (kepada mereka dikatakan): "Makanlah olehmu dari rezeki yang (dianugerahkan) Tuhanmu dan bersyukurlah kamu kepada-Nya. (Negerimu) adalah negeri yang baik dan (Tuhanmu) adalah Tuhan Yang Maha Pengampun".

Jadi pastinya kota Saba.

12. Di bawah ini yang cocok dimasukkan dalam contoh dari budaya rakyat (folk culture) di kota New York adalah ...
A. penggunaan dialek bahasa
B. pembelian musk rap oleh pemuda kulit putih
C. pertunjukan seni teater Broadway
D. memainkan musik Cajun

Kunci
Dalam konteks budaya rakyat (folk culture) di kota New York, yang cocok dimasukkan sebagai contoh adalah opsi A, yaitu penggunaan dialek bahasa. Budaya rakyat atau folk culture mengacu pada praktik, tradisi, dan ekspresi kreatif yang dikembangkan oleh kelompok rakyat yang lebih kecil dalam masyarakat. Dalam hal ini, penggunaan dialek bahasa oleh kelompok tertentu di kota New York dapat dianggap sebagai bagian dari budaya rakyat mereka.

Pembelian musik rap oleh pemuda kulit putih (opsi B) adalah lebih merupakan contoh dari tren konsumsi musik yang dapat melintasi batasan budaya rakyat. Meskipun bisa terjadi di kota New York, hal tersebut tidak secara khusus mencerminkan budaya rakyat di kota tersebut.

Pertunjukan seni teater Broadway (opsi C) adalah lebih merupakan contoh dari budaya populer atau mainstream culture di New York, bukan budaya rakyat. Broadway adalah salah satu pusat penting untuk seni pertunjukan di New York dan mencerminkan budaya yang lebih luas.

Memainkan musik Cajun (opsi D) tidak berkaitan langsung dengan budaya rakyat di New York. Musik Cajun berasal dari Louisiana, di selatan Amerika Serikat, dan menggambarkan warisan budaya yang berbeda dengan New York.

Jadi, opsi A (penggunaan dialek bahasa) adalah contoh yang paling sesuai untuk dimasukkan dalam konteks budaya rakyat di kota New York.

13. Orang Bajo adalah suku pengembara lautan. Tak hanya ditemukan di Sulawesi, Suku Bajo juga dapat ditemukan bermukim di perairan Sabah, Malaysia dan Tawi-Tawi serta Mindanao Filipina. Persebaran orang suku Bajo merupakan perwujudan dari ayat Quran yaitu ....
A. QS. Al Jumuah ayat 10
B. QS An Naml ayat 88
C. QS An Naba ayat 5
D. QS Ali Imran ayat 24

Kunci
Kata kuncinya kan persebaran, maka ayat QS Al Jumuah ayat 10 yang cocok
"Apabila salat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu di bumi; carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak agar kamu beruntung."

Kata "bertebaran" sama dengan bermigrasi, berpencar atau berpindah ke lokasi lain.

14. Perhatikan gambar!

Gambar di atas menunjukkan sebuah topografi bentukkan hasil pemrosesan menggunakan bantuan radar. Ayat Quran yang menjelaskan keistimewaan dan pengunaan radar ini ada pada ayat ....
Kunci
QS Sad Ayat 10 berbunyi 
Sungguh, benar-benar telah Kami anugerahkan kepada Daud karunia dari Kami. (Kami berfirman), “Wahai gunung-gunung dan burung-burung, bertasbihlah berulang kali bersama Daud!” Kami telah melunakkan besi untuknya". 

Kata  ” أوّبي ” dalam ayat QS. Saba ayat 10 ‘, diterjemahkan “kembali atau pengulangan suara,” mengingatkan gema berbasis teknologi radar.

15. Perhatikan ayat!
 ٱللَّهُ نُورُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۚ مَثَلُ نُورِهِۦ كَمِشْكَوٰةٍ فِيهَا مِصْبَاحٌ ۖ ٱلْمِصْبَاحُ فِى زُجَاجَةٍ ۖ ٱلزُّجَاجَةُ كَأَنَّهَا كَوْكَبٌ دُرِّىٌّ يُوقَدُ مِن شَجَرَةٍ مُّبَٰرَكَةٍ زَيْتُونَةٍ لَّا شَرْقِيَّةٍ وَلَا غَرْبِيَّةٍ يَكَادُ زَيْتُهَا يُضِىٓءُ وَلَوْ لَمْ تَمْسَسْهُ نَارٌ ۚ نُّورٌ عَلَىٰ نُورٍ ۗ يَهْدِى ٱللَّهُ لِنُورِهِۦ مَن يَشَآءُ ۚ وَيَضْرِبُ ٱللَّهُ ٱلْأَمْثَٰلَ لِلنَّاسِ ۗ وَٱللَّهُ بِكُلِّ شَىْءٍ عَلِيمٌ
Komponen utama dalam inderaja yang sesuai dengan penjelasan ayat di atas kaitannya dengan ....
A. sumber tenaga
B. wahana
C. sensor
d. akuisisi data

Kunci
Ayat di atas adalah QS An Nuur ayat 35, artinya
Artinya: Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya Allah, adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang dia kehendaki, dan Allah memperbuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia, dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

Jadi kaitannya lebih ke sumber tenaga yaitu cahaya matahari.

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close