Kunci Jawaban Uji Pemahaman Erlangga Geografi IPS Kelas 10 Halaman 35 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Selasa, Oktober 31

Kunci Jawaban Uji Pemahaman Erlangga Geografi IPS Kelas 10 Halaman 35


Lanjut lagi teman-teman kita bahas contoh kunci jawaban uji pemahaman geografi bagian prinsip geografi. 

Geografi berpedoman pada 4 prinsip yaitu distribus, interelasi, deskripsi dan korologi. Silahkan dipelajari dan dipahami sebaik mungkin. 

1. Konflik antar pelajar menjadi masalah klasik yang sering terjadi di beberapa wilayah. Jarak antara sekolah yang berdekatan menjadi salah satu pemicunya.

Fenomena tersebut dapat dikaji menggunakan prinsip ....
A. korologi
B. interelasi
C. interaksi
D. deskripsi
E. distribusi

Kunci
Di paragraf kan tertulis bahwa penyebab atua pemicu konflik itu jarak sekolah yang berdekatan. Jadi ada interelasi atau keterkaitan antara jarak yang dekat dengan potensi tawuran.

2. Cermati teks berikut.
Sejumlah lokasi di Kota Batu Jawa Timur diterjang banjir akibat hujan deras, Kamis 4/11/2021 sejak pukul 14.00 WIB. Banjir tersebar di lima titik yaitu di Dusun Sambong, Desa Bulukerto, Dusun Beru, Desa Sumberbrantas, Jalan Raya Selecta, Desa Tulungrejo, Jalan Raya Dieng, Desa Sidomulyo. Akibatnya sejumlah orang dilaporkan hilang dan proses pencarian masih terus dilakukan.

Prinsip geografi yang sesuai digunakan untuk mengkaji fenomena tersebut adalah ...
A. deskripsi
B. distribusi
C. interelasi
D. korologi
E. keruangan

Kunci
Di paragraf terdapat beberapa lokasi disebutkan mengenai dampak banjir. Jadi fokus paragraf tersebut adalah ke distribusi.

3. Cermati teks berikut.
BMKG memantau adanya siklon tropis yang tumbuh di belahan bumi utara Indonesia. Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG mengatakan saat ini terdapat dua siklon tropis yang terpantau di belahan bumi utara yaitu silon tropis Lion rock dan siklon tropis Kompasu.

Siklon tropis Lionrock yang tumbuh sejak 8 Oktober 2021 berada di Laut Tiongkok Selatan sebelah selatan Tiongkok tepatnya di 18.0 LU, 110,9 BT dengan kecepatan angin maksimum mencapai 35 knot dan tekanan udara minimum di pusatnya mencapai 994 hPa.

Sedangkan siklon tropis Kompasu terbentuk di sekitar wilayah Samudera Pasifik Barat sebelah timur Filipina, tepatnya di 13,8 LU, 131,5 BT dengan kecepatan angin maksimu di sekitar sistemnya mencapai 35 knot dan tekanan udara di pusatnya mencapai 998 hPa.

Prinsip geografi yang sesuai untuk mengkaji fenomena tersebut adalah ....
A. interelasi
B. deskripsi
C. korologi
D. distribusi
E. kelingkungan

Kunci
ada dua siklon yang dengan lokasi disebutkan dan ada data angka kecepatan angin jadi lebih ke kombinasi distribusi dan deskripsi. Jadi korologi jawabannya.

4. Kepadatan penduduk menjadi indikator tekanan penduduk di suatu wilayah. Kepadatan penduduk sebagian besar tersebar di Pulau Jawa daripada pulau lainnya. Wilayah seperti Jakarta, Badnung, Surabaya dan Yogyakarta menjadi kota-kota di Pulau Jawa yang memiliki kepadatan penduduk yang cukup tinggi.

Prinsip geografi yang sesuai untuk mengkaji fenomena tersebut adalah ....
A. deskripsi
B. interelasi
C. distribusi
D. korologi
E. keruangan

Kunci
Paragraf lebih menjurus kepada fenomena distribusi kota-kota dengan kepadatan penduduk tinggi.

5. Banjir yang melanda beberapa kecamatan di Kabupaten Lampung Tengah disebabkan oleh curah hujan tinggi sehingga debit sungai yang melintasi beberapa kecamatan tersebut meningkat. Prinsip geografi yang sesuai untuk mengkaji fenomena tersebut adalah ....
A. deskripsi
B. interelasi
C. distribusi
D. korologi
E. keruangan

Kunci
Fenomena banjir disebabkan curah hujan tinggi sehingga debit sungai naik, jadi prinsip interelasi yang dipakai.

Yuk Sebarkan Artikel Ini

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close