Kisi-Kisi Materi Soal OSN Geografi 2024 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Sabtu, Desember 2

Kisi-Kisi Materi Soal OSN Geografi 2024

Apa sih topik yang harus dipelajari dalam OSN tahun 2024 nanti khususnya geografi?.

Baca juga: Prediksi Soal OSN Topik Geo Ekonomi

Tentu siswa dan guru sudah menyiapkan dari sekarang amunisi-amunisi yang harus dipelajari. Seperti apa kira-kira kisi-kisinya?. Saya akan coba berikan gambaran.

1. Perubahan Iklim dan Mitigasinya
2. SDGs (Suistanable Development Goals)
3. Peremajaan Kota-Kota
4. Pariwisata 
5. Pertanian Berkelanjutan

Lima topik di atas nampaknya akan banyak muncul di soal OSN Geografi ke depan karena merupakan materi kontekstual, alias kekiniaan saat ini.

Pertama adalah perubahan iklim yang didalamnya sangat kompleks. Siswa harus mampu menguasai konsep-konsep dinamika cuaca dan iklim serta faktor pemicu perubahan iklim dan dampaknya di berbagai bidang.

Mitigasi perubahan iklim dari mulai hal kecil hingga yang sifatnya kebijakan politis harus dikuasai. Terakhir saat ini sudah dibuka bursa karbon di Indonesia. Tentunya siswa wajib memahami sejarah dan tujuan dari adanya bursa karbon.

2. SDGs bahasa lainnya adalah pembangunan berkelanjutan yang sejarahnya dimulai dari KTT Rio de Janeiro, Kyoto hingga terakhir di Paris. Ada 17 indikator yang menjadi perhatian SDGs dari mulai kemiskinan, gender, pencemaran, kota dan lainnya. Silahkan kalian kuasai. SDGs harus diwujudkan untuk menjaga agar manusia dapat hidup dengan nyaman dan bahagia dengan dukungan lingkungan yang baik.

3. Kota-kota di dunia kini banyak melakukan perubahan tata ruang seiring semakin pesatnya manusia dan kecanggihan teknologi. Berbagai desain kota modern futuristik kini banyak diadopsi untuk membuat nyaman manusia dan menuju visi masa depan yang semakin canggih. Model-model pola ruang kota dan transportasinya perlu dikuasai oleh siswa. Landmark-landmark kota dunia perlu diketahu oleh siswa, dan konsep smart city juga.

4. Kegiatan tourism atau wisata kini semakin booming, maka teori pengembangan wisata, aspek pendukungnya dan tipologi wisata harus dikuasai. Negara-negara kini mendorong kegiatan pariwisata untuk tumbuh dan menarik wisatawan sebanyak mungkin. Dampak kegiatan wisata terhadap lingkungan, ekonomi dan sosial perlu dipahami seksama.

5. Pertanian dan seputar pangan adalah isu manusia yang sedang hangat. Kebutuhan pangan selalu tinggi karena manusia semakin banyak tumbuh populasinya. Berbagai modifikasi pertanian dari awalnya tradisional hingga modern harus dipahami. Bagaimana menjaga ketahanan pangan negara dan seperti apa langkah-langkah strategisnya. Dengan bantuan teknologi, negara maju saat ini mampu menghasilkan produk pangan meski pada lahan sempit. 

Itulah contoh beberapa topik kontekstual yang bisa dipelajari untuk OSN Geografi 2024. Untuk pembahasan soal dan video lainnya bisa follow tiktok saya @agnassetiawan atau youtube guru geografi.


HOT NEWS

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close