Pembahasan Kunci Simulasi OSN-K Kebumian 2024 (Soal 2023) No 51-60 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Selasa, Maret 19

Pembahasan Kunci Simulasi OSN-K Kebumian 2024 (Soal 2023) No 51-60

Di postingan ini kita lanjut lagi bahas soal simulasi OSN Kebumian nomor selanjutnya  Topik bergeser ke kajian tentang hidrologi perairan darat dan geologi struktur.

51. [Mudah] Sungai yang sumber airnya berasal dari air tanah atau sebagai penerima air tanah disebut sungai ... 
a. konsekuen
b. influen
c. subsekuen
d. efluen
e. obsekuen

Kunci
Berdasarkan literatur geologi, sistem aliran sungai diklasifikasikan sebagai sistem aliran influent, effluent dan intermittent. Sistem aliran sungai influent adalah aliran sungai yang memasok (memberi masukan) air tanah (ground water). Sebaliknya pada aliran sungai sistem effluent sumber aliran sungai berasal dari air tanah, pada sistem aliran ini umumnya berlangsung sepanjang tahun oleh karena itu sering disebut juga aliran tahunan atau perennial stream. Sistem aliran terputus atau intermittent umumnya berlangsung segera setelah terjadi hujan besar. Aliran jenis inilah yang umumnya menjadi sumber air tanah musiman (perched water table). Jadi D jawabannya.

52. [Menengah] Lihat garnbar berikut. Manakah pernyataan berikut yang benar ... 

a. Zona air freatik terdapat di atas akuifer A 
b. Zona air vandose terdapat di atas akuifer A 
c. Di antara akuifer Adan B terdapat zona air vandose
d. Di bawah akuifer B terdapat zona air vadose
e. Zona air freatik terdapat di atas akuifer A dan B

Kunci
Penampang di atas menunjukkan profil air tanah dangkal dan dalam. Secara lebih rinci, zona tak jenuh (unsaturated zone) terdiri dari zona air pori, zona air vadose, dan zona kapiler. Zona air pori dimulai dari permukaan tanah hingga zona perakaran, yang diisi oleh butiran air, udara, serta berperan memberikan kelembaban pada akar. Zona vadose adalah bagian dari zona tak jenuh yang berada di bawah zona air pori dan di atas zona air kapiler. Zona kapiler letaknya di bawah zona vadose dan di atas muka airtanah.

Zona jenuh (saturated zone) pada suatu akifer bebas merupakan lapisan jenuh air yang dibatasi di bagian atasnya oleh muka airtanah dan di bagian bawahnya oleh lapisan batuan tidak lolos air (impermeabel). Pada jenis akifer tertekan, zona jenuh meliputi seluruh tebal akifer, yang dibatasi bagian atas dan bagian bawahnya oleh lapisan impermeabel.

Pernyataan yang benar adalah B. Berikut penampang air tanah

53. [Mudah) Pada gambar no 52 terdapat beberapa sumur untuk pengambilan air tanah. Dari gambar tersebut sumur yang dapat berproduksi dengan baik adalah ....
a. sumur 1 dan 2
b. sumur 1, 3, 5
c. sumur 2, dan 4
d. sumur 4 dan 5
e. sumur 3 saja

Kunci
Kualitas air sumur ditentukan oleh kedalamannya. Air sumur yang baik memiliki kandungan zat besi (Fe) yang kecil. Biasanya, sumur yang terlalu dangkal memproduksi air dengan kadar zat besi yang lebih tinggi. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan pengeboran lebih dalam supaya mendapatkan kualitas air yang lebih tinggi.

Kedalaman sumur dipengaruhi oleh kedalaman sumber air tanah. Kedalaman mata air tanah di setiap daerah berbeda-beda tergantung karakteristik geografisnya. Makin dalam permukaan air tanah, Anda harus menggali sumur lebih dalam.

Sumur yang berproduksi baik adalah sumur freatis (1) dan sumur artesis (3) dan (5).

54. [Sulit) Dari gambar berikut, manakah pernyataan yang benar!.


a. alat seismograf A berjarak lebih jauh dari episenter gempa dibandingkan seismograf B
b. seismograf A berjarak lebih dekat dari episenter gempa dibandingkan seismograf B
c. seismograf A berjarak sama dengan seismograf B dari episenter gempa
d. jarak antar seismograf sama dengan jarak seismograf dari episenter gempa
e. jarak antara seismograf dan episenter gempa tidak dapat ditentukan dari seismogram tersebut.

Kunci
Gelombang primer itu kan gelombang yang pertamakali tercatat oleh seismograf dan mengindikasikan jarak episenter ke alat tersebut memengaruhi waktu terekamnya getaran. Jadi melihat pola getaran gelombang di atas maka seismograf A berjarak lebih jauh dengan episenter dibanding seismograf B.

55. [Menengah] Perhatikan gambar hasil pencatatan gelombang seismik (seismogram) pada nomor 54. Pernyataan yang benar mengenai pencatatan datangnya gelombang P, S dan gelombang permukaan pada seismogram tersebut adalah ...
a. 1=P, 2=S, 3=permukaan
b. 1=S, 2=P, 3=permukaan
c. 1=permukaan, 2=P, 3=S
d. 1=permukaan, 2=S, 3=P
e. 1=P, 2=permukaan, 3=S

Kunci
Jawabannya a. Perhatikan data grafik di bawah:

56. [Sulit] Gempa bumi merupakan manifetasi adanya penjalaran gelombang seismik di dalam Bumi. Terdapat berbagai jenis gelombang seismik. diantaranya gelombang P dan gelombang S. Pernyataan yang benar mengenai gelombang P di dalam bumi adalah gelombang tersebut clapat merambat melalui ...
a. hanya kerak dan inti
b. bagian bumi yang bersifat cair dan gas
c. bagian bumi yang bersifat padat dan cair
d. hanya bagian bumi yang padat
e. hanya bagian bumi yang cair

Kunci
Pernyataan yang benar mengenai gelombang P di dalam bumi adalah gelombang tersebut dapat merambat melalui b. bagian bumi yang bersifat cair dan gas. Gelombang P adalah jenis gelombang seismik yang dapat merambat melalui berbagai media, termasuk bahan padat, cair, dan gas. Oleh karena itu, gelombang P dapat merambat melalui bagian dalam Bumi yang memiliki berbagai sifat fisik tersebut.

57. [Menengah] Gambar berikut ini adalah kenampakan sebuah fosil. Pernyataan yang salah terkait fosil pada gambar tersebut adalah ... 

a. Fosil tersebut adalah fosil Moluska.
b. Fosil tersebut memperlihatkan hewan yang berkelas Pelecypoda. 
c. Fosil tersebut berjenis trace fossil.
d. Fosil tersebut terdapat pada batuan sedimen.
e. Fosil tersebut tertentu

Kunci
Yang salah adalah C. Trace fossil (fosil jejak) adalah fosil yang merupakan jejak organisme. Trace fossil dapat dikenali berupa track, trail, tube, boring, atau tunnel. Trace fossil merupakan perilaku organisme yang terekan dalambatuan/menghasilkan struktur sedimen. Trace fossil merepresentasikan aktivitasbinatang pada saat hidup, dari pada bentuk setelah mati. Untuk dapat terawetkan, trace fosil harus terkubur secara cepat, dan terawetkan oleh proses litifikasi dalam batuan itu sendiri

58. [Mudah] Fosil dalam ilmu geologi berguna untuk hal-hal di bawah ini kecuali ... 
a. korelasi barnan dari suatu lokasi dengau batuan di lokasi yang lain 
b. menentukan lingkungan pembentukan awal suatu daerah
c. menentukan iklim suatu daerah saat fosil tersebut diendapkan 
d. menentukan umur pembentukan btuaan secara absolut
e. menentukan urutan stratigrafi batuan di suatu daerah

Kunci
Fosil dalam ilmu geologi berguna untuk hal-hal di bawah ini kecuali d. menentukan umur pembentukan batuan secara absolut. Meskipun fosil dapat membantu dalam menentukan umur relatif batuan (mengidentifikasi urutan stratigrafi batuan di suatu daerah), mereka tidak selalu dapat memberikan tanggalan absolut yang akurat terkait umur pembentukan batuan. Untuk menentukan umur absolut batuan, metode penanggalan radiometrik biasanya digunakan.

59. [Menengah] Jenis sesar yang ditandai dengan pergerakan tidak pararel sepanjang jurus dan tidak searah kemiringan pada batuan adalah ....
a. sesar oblique
b. sesar naik
c. sesar turun
d. sesar normal
e. sesar geser

Kunci
Jenis sesar yang ditandai dengan pergerakan tidak paralel sepanjang jurus dan tidak searah kemiringan pada batuan adalah a. sesar oblique. Sesar oblique menggabungkan komponen pergerakan horizontal (geser) dan vertikal (naik atau turun), sehingga gerakan tidak hanya sepanjang atau searah dengan bidang sesar, tetapi memiliki komponen diagonal atau tidak sejajar.

Di bawah ini gambar jenis-jenis sesar/patahan kulit bumi. Pahami perbedaan gerakan dan posisi hanging wall dan foot wall nya.


60. [Sulit) Plunge pada suatu lipatan adalah sudut yang terbentuk oleh sumbu dengan horizontal pada bidang vertikal. Ketika plunge dikatakan nol. maka sumbu lipatan akan bersifat ... 
a. vertikal
b. horisontal
c. miring 60 derajat terhadap horizontal
d. miring 60 derajat dari posisi normalnya
e. miring 45 derajat

Kunci
Ketika plunge dikatakan nol pada suatu lipatan, maka sumbu lipatan akan bersifat a. vertikal. Dalam konteks lipatan, plunge nol menunjukkan bahwa sumbu lipatan tegak lurus atau vertikal terhadap bidang horisontal.

Share with your friends

2 komentar

  1. Maaf kak, bukannya no.51 efluen ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh iya, maaf, lagi ngantuk kali,salah ketik. nanti saya edit lagi. terimakasih seblumnya

      Hapus

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close