Danau dan Jenis-Jenisnya

- December 28, 2016
Danau merupakan tempat air berkumpul dan pada umumnya terletak di daerah yang lebih rendah/cekungan. Ada banyak sekali danau di bumi ini dan menurut proses terjadinya atau genesanya, danau di Indonesia diklasifikasikan sepeti berikut:

Danau Tektonik
Danau tektonik disebabkan oleh gaya endogen yaitu tektonisme. Akibat adanya pergeseran atau rekahan pada lapisan batuan maka terbentuklah suatu cekungan yang berisi air. Contoh danau tektonik adalah Danau Poso di Sulawesi Tengah, Danau Towuti di Sulawesi Selatan, Danau Singkarak di Sumatera Barat dan Danau Maninjau di Sumatera Barat.

Danau Vulkanis
Danau vulkanis terbentuk karena adanya aktifitas gunung api yang meletus dan mengeluarkan gas. Danau vulkanis ada tiga jenis yaitu danau maar, danau kawah dan danau kaldera.
- Danau maar terbentuk dari sisa gunung api yang meletus satu kali lalu setelah itu mati. Contohnya Telaga Menjer di selatan Dataran Tinggi Dieng.
- Danau kawah terbentuk karena adanya kawah gunung api yang meletus kemudian mengalir ke suatu tempat. Contohnya Kawah Galunggung, Kawah Ijen dan Kawah Kelimutu.
- Danau Kaldera terbentuk karena letusan besar sehingga membentuk cekungan luas seperti Kaldera Tambora dan Kaldera Bromo.
Danau dan Jenis-Jenisnya
Waduk Jatigede Sumedang, pic: kompas
Danau Tektovulkanik
Guguran tektovulkanik terbentuk karena kombinasi erupsi hebat dan tanah yang runtuh akibat banyaknya batuan beku gunung api saat erupsi. Contohnya Danau Toba dan Danau Batur.

Danau Laguna
Danau laguna terbentuk karena bagian tanah tertutup endapan air sungai yang dihanyutkan oleh air laut.

Danau Gletser
Danau gletser adalah danau yang terbentuk karena mencairnya gletser. Danau ini banyak terdapat di daerah Kanada.

Danau Dolina
Danau dolina terdapat di daerah karst atau kapur. Pembentukannya diawali dari adanya air yang menerobos masuk ke dalam pori tanah. Pada bagian tertentu yang kedap,  air kemudian tertahan sehingga terkumpul dan membentuk danau seperti di Telaga Jambu Gunung Kidul.

Danau Lembah
Danau lembah terjadi dari tanah bekas letusan gunung api contohnya Danau Tondano di Sulawesi Utara dan Danau Tawar di Gayo Aceh.

Danau Buatan
Merupakan danau yang sengaja dibuat manusia untuk kepentingan tertentu seperti Waduk Jatiluhur, Waduk Jatigede dan Waduk Sempor.
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search