Perbedaan Es dan Salju

- December 09, 2016
Mengapa air yang membeku muncul dalam bentuk salju dan es?. Pernahkah kalian bertanya demikian?. Air dapat memiliki beragam bentuk wujud dan hal tersebut dipengaruhi oleh suhu dan tiga bentuk umum yaitu uap air, cairan dan es. Salju dan es dibentuk dari material yang sama namun salju terbentuk dari kristal dengan bentuk yang teratur sedangkan es berbentuk lembaran atau potongan padat.

Perbedaan es dan salju terletak pada bagaimana air membeku menjadi bentuk padat. Uap air tidak dapat dilihat namun dapat mendingin membentuk tetesan air tipis yang dapat dilihat sebagai awan jika berkumpul. Anda dapat mengamati uap saat masak air di panci. Pada dasarnya nilai temperatur udara lah yang menyebabkan air bisa berwujud es atau salju. Baca juga: fakta tentang black hole

Apa itu Es?
Es adalah bentuk beku dari air dan terjadi secara alami namun es dapat dibentuk secara artifisial juga. Es dapat terbentuk secara artifisial di dalam kulkas kita. Es digunakan untuk minuman dingin di kala musim panas. Es juga bisa digunakan untuk menghasilkan seni seperti patung es.

Apa itu Salju?
Salju adalah tetesan air beku yang tersusun atas kristales heksagonal simetris yang lembut serta putih. Salju terbentuk karena kondisi musiman  dan iklim. Dengan kata lain salju alami turun ke permukaan bumi sesuai dengan musimnya di daerah subtropis. 

Es pada dasarnya dapat dibuat namun salju tidak dapat dibentuk secara artifisial. Inilah yang dapat dibedakan dari es dan salju. Kita tidak bisa membuat salju seperti halnya membuat es di frezer kulkas. Salju hanya terbentuk secara alami karena efek kondisi cuaca dan iklim. Meski salju dapat dibuat secara manusia tapi itu tidak bisa menyerupai aslinya.

Berikut ini perbandingan antara es dan salju dalam berbagai aspek
Perbedaan Salju dan Es
Kucing Tertimpa Salju
Definisi
Es: tebentuk dari air yang membeku
Salju: terbentuk dari uap air yang membeku

Karakteristik
Es: terbentuk dari angin/hembusan yang dingin 
Salju: terbentuk alami dari efek cuaca dan iklim musim dingin di lintang tinggi

Pembuatan 
Es: orang dapat membuat es dengan bantuan kulkas
Salju: tidak dapat dibuat selain cara alamiah oleh musim

Makanan dan minuman
Es: dapat digunakan pada berbagai macam produk minuman
Salju: tidak dapat digunakan dalam makanan dan minuman

Aktifitas Wisata
Es: digunakan olahraga seperti ice skating
Salju: digunakan untuk olahraga snowboarding atau perang salju

Baca juga: main ke Bukit Panten Majalengka yuk!
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search