Fakta Tentang Black Hole atau Lubang Hitam - Guru Geografi
News Update
Loading...

Minggu, April 30

Fakta Tentang Black Hole atau Lubang Hitam

Lubang hitam atua Black Hole adalah salah satu materi aneh di alam semesta ini. Lubang hitam adalah suatu massa berukuran raksasa dengan gravitasi sangat kuat sehingga tidak akan ada yang bisa lepas bahkan cahaya sekalipun. 

Jenis lubang hitam paling umum adalah Supermassive Black Holes. Lubang hitam ini diciptakan ketika bintang berukuran raksasa meledak, menyisakan lubang hitam dengan massa hanya beberapa kali matahari. Supermassive black hole ada di jantung pusat galaksi dan biasanya  mengandung jutaan kali massa matahari.

Baca juga:
Perambatan panas di permukaan bumi
Bioma tundra dan ciri-cirinya

Beberapa Lubang Hitam Terkenal

Cygnus X-1, merupakan lubang hitam dan suber sinar x yang berjarak sekitar 6.500 tahun cahaya. Lubang ini merupakan sistem biner yang berisikan bintang biru raksasa dan sumber sinar x yang dianggap sebagai lubang hitam

Sagitarius A, merupakan lubang hitam supermasif di jantung Galaksi Bima Sakti dengan arah rasi Sagitarius. Lubang hitam ini berisi massa sekitar 4 juta kali matahari.

M87, merupakan galaksi elips yang memiliki 3,5 miliar massa black hole di dalamnya. Lubang hitam ini dikelilingi oleh cakram super panas dan memiliki bahan jet yang dilapisi panas dengan panjang 5.000 tahun cahaya dari inti galaksi.

Centaurus A, merupakan galaksi yang terletak di rasi bintang Centaurus, berbentuk spiral raksasa dengan inti yang sangat aktif. Galaksi ini berisi sebuah lubang hitam dengan massa 55 juta kali matahari di dalamnya. Black hole ini memiliki dua material jet yang mengalir menjauh dari galaksi sekitar setengah kecepatan cahaya melintasi ruang satu juta tahun cahaya. Baca juga: Unsur kehidupan masyarakat desa
Fakta Tentang Black Hole atau Lubang Hitam
Ilustrasi Lubang Hitam
 Fakta Tentang Lubang Hitam

- Pengaruh gravitasi besar dari lubang hitam mendistorsi ruang dan waktu di lingkungan sekitarnya. Semakin dekat anda menuju lubang hitam, semakin lambat waktu berjalan. Material yang terlalu dekat dengan lubang hitam akan tersedot masuk dan tidak akan pernah kembali.

- Materi spiral masuk kedalam lubang hitam melalui cakram akresi, sebuah cakram gas, debu, bintang dan planet yang jatuh ke orbit lubang hitam.

- Titik tak bisa kembali disekitar lubang hitam disebut "cakrawala peristiwa". Ini merupakan wilayah dimana gravitasi lubang hitam mengatasi momentum pemintalan material disekitarnya dalam cakram akresi. Begitu ada sesuatu melintasi cakrawala peristiwa, maka ia akan hilang ditelan lubang hitam.

- Lubang Hitam pertama kali diusulkan pada abad ke 18 namun tetap menjadi misteri matematis hingga kandidat lubang hita pertama ditemukan pada 1964 yang dinamakan Cygnus X-1.

- Lubang Hitam tidak memancarkan radiasi sendiri. Mereka terdeteksi oleh radiasi yang dilepaskan saat material dipanaskan  di cakram akresi dan juga oleh efek gravitasi lubang hitam pada benda-benda terdekat lainnya seperti cahaya yang lewat. Baca juga: Fenomena permafrost atau tanah beku

Gambar: www.nasa.gov

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close