Langkah-Langkah Penelitian Geografi

- January 07, 2017
Mahasiswa atau siswa sekolah yang akan melakukan penelitan geografi tentunya harus memiliki kemmapuan untuk melakukan research dengan tema geografi. Untuk melakukan penelitian geografi maka harus punya persyaratan yaitu kemampuan minimal terkait pengetahuan dasar konsep dan ilmu geografi, kemampuan teknik penelitian dan kemampuan analisa serta interpretasi data. 

Kemampuan di atas meliputi kemampuan konseptual dan kemampuan operasional penelitan. Dengan bekal kemampuan tersebutlah kita akan mantap melaksanakan penelitian geografi. Langkah-langkah penelitian geografi secara umum adalah sebagai berikut:
Langkah-Langkah Penelitian Geografi
Penelitian Geografi Fisik, pic: www.pdx.edu
1. Perumusan dan pernyataan masalah penelitian
Dalam tahap ini peneliti harus melihat dulu fenomena di lapangan dan menuliskan masalah yang sekiranya bisa dijadikan judul penelitan. Masalah berkaitan gejala geografi sangat banyak dan kamu harus sering travelling dan membaca berita kora daerah untuk menemukannya. Seperti saya dulu ketika membuat skripsi S1 tentang Pasar Padayungan di Tasik. Saya melihat permasalah di pasar padayungan yaitu jumlah ruko yang masih kosong dan bahkan ditinggalkan. Maka saya gunakan salah satu teori wilayah yaitu Tempat Sentral untuk menganalisa pola keruangan pasar.

2. Perumusuan tujuan penelitian
Dalam tahap ini peneliti harus membuat tujuan dari dibuatnya penelitian baik untuk dirinya maupun untuk masyarakat. Harapannya penelitian tersebut bisa dijadikan dasar pengembangan kebijakan terkait permasalahan yang muncul.

3. Penyusunan hipotesa penelitian
Dalam tahap ini peneliti mencoba membuat asumsi dasar tentang masalah yang terjadi. Asumsi atua hipotesa peneliti nantinya akan diuji dengan bantuan data empirik di lapangan. Jadi bisa saja hipotesa ini diterima atau tidak. Yang penting data harus berasal dari sumber valid dan tidak dibuat-buat.

4. Penentuan populasi dan sampel
Dalam tahap ini peneliti harus mencari data tentang populasi penelitian. Populasi ini bisa manusia jika objeknya berkaitan dengan perilaku manusia atau objek alamiah seperti tanah, lahan dll jika kajian penelitiannya merupakan kajian fisikal wilayah.

5. Pengumpulan data
Dalam tahap ini peneliti mencoba mengumpulkan data yang cukup untuk bekal analisa dan penarikan kesimpulan. Data bisa diperoleh dengan data primer atau langsung ke lapangan dan ditunjang dengan data sekunder atau dari sumber pustakan yang relevan.

6. Analisa dan interpretasi data
Dalam tahap ini peneliti harus mengolah data-data lapangan untuk kemudian dianalisa dengan metode statistik atau kualitatif sehingga nantinya akan memunculkan kesimpulan. Berbagai metode statistik banyak digunakan seperti analisa korelasi, chi kuadrat atau lainnya.

7. Penarikan kesimpulan dan hasil penelitian
Dalam tahap ini peneliti membuat kesimpulan dari hasil analisa data lapangan sehingga dapat dilihat kesesuaian antara hipotesa dengan analisa data. Hipotesa tidak harus sesuai dengan analisa data, jadi jangan mencoba menyamakan hipotesa dengan hasil analisa. Penelitian pada dasarnya adalah menguji suatu permasalahn dengan metode tertentu jadi tidak harus selalu sesuai apa yang kita hipotesakan dengan hasil di lapangan sebenarnya.

Itulah langkah-langkah penelitan geografi secara umum, semoga bermanfaat dan selamat menjadi peneliti.
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search