Pebedaan Lava Pahoehoe dan Aa - Guru Geografi
News Update
Loading...

Kamis, Januari 26

Pebedaan Lava Pahoehoe dan Aa

Lava merupakan produk gunung api yang berasal dari magma yang naik ke permukaan bumi. Ada beberapa jenis lava yang ada di permukaan bumi ini. Jenis lava erupsi tergantung dari kandungan mineralnya. 

Beda jenis lava maka bentuk gunung api nya pun akan berbeda. Beberapa lava sangat tipis dan mengalir dari guung api lalu bergerak hingga puluhan kilometer. Lava lainnya sangat tebal dan hanya mengalir dalam jarak pendek sebelum mendingin dan mengeras. 

Beberapa lava bahkan hampir tidak mengalir dan menyumbat pipa gunung api menghasilkan sumbat lava.

Baca juga:
Material piroklastik letusan gunung api
Faktor perubahan iklim di bumi

Jenis lava yang paling terkenal adalah lava tipe Hawaii karena sifat vulkanik dari pulau tersebut. Ada dua lava di sana yaitu Lava Aa dan Lava Phoehoe.
Pebedaan Lava Pahoehoe dan Aa
Lava Bantal
 Lava Aa
Diucapkan "ah-ah" dalam bahasa Indonesia, lava ini bertipe basaltik dan mengalir begitu cepat. Lava ini bergerak perlahan seperti jely agar-agar panas dengan permukaan kasar. Setelah mengeras, permukaannya akan berduri tajam dan sulit bergerak. Jenis lava ini meletus pada suhu di atas 1.000 derajat C. Baca juga: Rumus sex ratio dan dependency ratio
Pebedaan Lava Pahoehoe dan Aa
Lava Aa dan Pahoehoe
Lava Pahoehoe
Diucapkan "pa-ho-ho", lava ini jauh lebih tipis dan kurang kental dibanding Aa. Ini menyebabkan lava ini mengalir menuruni lereng menuju sungai. Permukaan lava mengental menjadi kerak tipis yang terlihat sangat halus. 

Pahoehoe juga dapat membentuk tabung lava dimana batuan mengeras cepat di sekitar inti cair yang bergerak. Saat ini cair ini mengalir keluar dari tabung maka saluran terowongan panjang akan terbentuk. Pahoehoe meletus pada suhu 1.100-1.200 derajat C. 

Lava Bantal (Pillow Lava)
Lava ini biasanya ditemukan meletus melalui ventilasi gunung api bawah laut. Saat kontak dengan air, maka lava akan mendingin lalu membentuk lapisan seperti bantal guling.

Banyak orang bertanya apa perbedaan antara aa dan pahoehoe. Sebenarnya tidak ada perbedaan kimia sistematis antara kedua lava itu. Bentuk dipengaruhi oleh suhu dan viskositas atau kekentalan saja namun faktor kritis yang memengaruhi transisi dari pahoehoe ke Aa adalah viskositasnya. Baca juga: Bedanya Mesa, Butte dan Plateau

Jenis lava lain adalah Block Lava yang punya permukaan sudut yang besar dan Riolit Lava. Kedua tipe in berkaitan dengan komposisi kimia selain basalt. Kedua lava itu sangat tebal (10-200 m) dan bergerak secara lambat.


Baca juga:
Perbedaan lokasi absolut dan relatif
Struktur vertikal hutan hujan tropis

Gambar: pinterest.com, carlgeologyproject.weebly.com

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close