Pebedaan Lava Pahoehoe dan Aa

- January 26, 2017
Lava merupakan produk gunung api yang berasal dari magma yang naik ke permukaan bumi. Ada beberapa jenis lava yang ada di permukaan bumi ini. Jenis lava erupsi tergantung dari kandungan mineralnya. Beda jenis lava maka bentuk gunung api nya pun akan berbeda. Beberapa lava sangat tipis dan mengalir dari guung api lalu bergerak hingga puluhan kilometer. Lava lainnya sangat tebal dan hanya mengalir dalam jarak pendek sebelum mendingin dan mengeras. Beberapa lava bahkan hampir tidak mengalir dan menyumbat pipa gunung api menghasilkan sumbat lava.

Jenis lava yang paling terkenal adalah lava tipe Hawaii karena sifat vulkanik dari pulau tersebut. Ada dua lava di sana yaitu Lava Aa dan Lava Phoehoe.
Pebedaan Lava Pahoehoe dan Aa
Lava Bantal
 Lava Aa
Diucapkan "ah-ah" dalam bahasa Indonesia, lava ini bertipe basaltik dan mengalir begitu cepat. Lava ini bergerak perlahan seperti jely agar-agar panas dengan permukaan kasar. Setelah mengeras, permukaannya akan berduri tajam dan sulit bergerak. Jenis lava ini meletus pada suhu di atas 1.000 derajat C.
Pebedaan Lava Pahoehoe dan Aa
Lava Aa dan Pahoehoe
Lava Pahoehoe
Diucapkan "pa-ho-ho", lava ini jauh lebih tipis dan kurang kental dibanding Aa. Ini menyebabkan lava ini mengalir menuruni lereng menuju sungai. Permukaan lava mengental menjadi kerak tipis yang terlihat sangat halus. Pahoehoe juga dapat membentuk tabung lava dimana batuan mengeras cepat di sekitar inti cair yang bergerak. Saat ini cair ini mengalir keluar dari tabung maka saluran terowongan panjang akan terbentuk. Pahoehoe meletus pada suhu 1.100-1.200 derajat C. Lava Bantal (Pillow Lava)
Lava ini biasanya ditemukan meletus melalui ventilasi gunung api bawah laut. Saat kontak dengan air, maka lava akan mendingin lalu membentuk lapisan seperti bantal guling.

Banyak orang bertanya apa perbedaan antara aa dan pahoehoe. Sebenarnya tidak ada perbedaan kimia sistematis antara kedua lava itu. Bentuk dipengaruhi oleh suhu dan viskositas atau kekentalan saja namun faktor kritis yang memengaruhi transisi dari pahoehoe ke Aa adalah viskositasnya

Jenis lava lain adalah Block Lava yang punya permukaan sudut yang besar dan Riolit Lava. Kedua tipe in berkaitan dengan komposisi kimia selain basalt. Kedua lava itu sangat tebal (10-200 m) dan bergerak secara lambat.
Gambar: pinterest.com, carlgeologyproject.weebly.com
Comments
0 Comments
 

Start typing and press Enter to search