Sumber Daya Alam Terbarukan dan Tidak Terbarukan

- February 15, 2017
Sumber daya alam (natural resources) merupakan anugerah Tuhan yang sangat besar bagi kehidupan mahluk bumi. Sejak bumi ini dihuni, manusia dan mahluk lainnya telah bergantung pada hal-hal yang secara bebas tersebar di atasnya untuk bertahan hidup. Hal tersebut mencakup air, laut, tanah, batu hutan, hewan, ikan, bahan bakar, fosil dan bahan galian lain. Semuanya adalah bagian dari sumber daya alam dan menjadi dasar kehidupan manusia di bumi.

Semua yang disebutkan tadi adalah alami dan mereka ada melimpah di alam. Tidak ada manusia yang menciptakan sumber daya alam itu. Semua bagian sumber daya alam tersebut terkait satu sama lain dan jika ada salah satu yang terganggu maka akan ada sumber daya alam lain yang terkena dampaknya. Contohnya jika air disedot terus dari dalam tanah maka vegetasi, tanah dan hewan bahkan udara akan terkena dampak negatifnya.

Sumber daya alam dapat digunakan secara langsung maupun tidak langsung. Contoh, manusia  seara langsung tergantung pada hutan untuk makanan, biomassa, kesehatan rekreasi dan meningkatkan kenyamanan hidup. Secara tidak langsung hutan berfungsi mengontrol iklim mikro dan makro, pengendali banjir dan pengontrol oksigen.
Sumber Daya Alam Terbarukan dan Tidak Terbarukan
Sumber daya alam terbarukan dan tidak terbarukan
Sumber Daya Bahan Baku
Kadangkala, sumber daya alam dapat digunakan sebagai bahan baku produksi suatu barang. Contohnya kita menggunakna pohon dari hutan untuk menghasilkan kayu. Kayu ini kemudian dibuat furniture atau bahan dasar pulp untuk kertas. Dalam kasus tersebut, pohon merupakan bahan baku.

Setiap bagian rumah kamu terbuat dari bahan kayu yang berasal dari sumber daya alam. Jendela, kaca, piring, kasur dan lainnya berasal dari hal yang berada di alam. Sumber daya alam dapat berwujud berbagai macam ada yang padat, cair atau gas. Atau juga berupa bahan organik dan non organik, logam atau non logam, terbarukan atau tidak terbarukan.

Sumber Daya Alam dibagi menjadi dua ketegori utama yaitu renewable dan non renewable. 

Sumber daya alam terbarukan atau renewable adalah semua hal yang secara terus-menerus tersedia atau dapat diganti atau pulih dalam waktu relatif cepat seperti tumbuhan. Hewan juga termasuk sumber daya alam terbarukan karena dengan sedikit perawatan, mereka dapat berkembang biak secara alami. Meski pun begitu jika kecepatan pemulihan dan eksploitasi tidak seimbang maka akan menjadi sumber daya yang tidak bisa dipulihkan.
Sumber Daya Alam Terbarukan dan Tidak Terbarukan
Angin merupakan sumber daya alam abadi
Sumber daya alam tak terbarukan adalah semua hal yang tidak dapat diganti atau dipulihakan dengan cepat setelah mereka dieksploitasi. Contohnya adalah bahan bakar fosil, mineral bahan galian. Beberapa hewan juga termasuk tidak terbarukan jika diburu secara terus menerus tanpa melihat kecepatan reproduksi mereka, contohnya Badak Jawa, dan Panda.

Sumber Daya Alam Metal dan Non Metal
Sumber daya alam anorganik terbagi menjadi sifat metal dan non metal. Sumber daya alam metal atau logam adalah semua hal yang mengandugn unsur logam di dalamnya. Sifat fisiknya lebih keras, mengkilap dan dapat dilelehkan menjadi berbagai produk. Contohnya besi, tembaga dan timah. Sementara sumber daya alam non metal adalah semua hal yang tidak mengandung logam di dalamnya. Sifatnya lebih lunak dan tidak mengkilap. Contohnya adalah tanah liat dan batu bara. Baca juga: Air tanah freatik dan artesis itu apa?
Gambar: https://learn.weatherstem.com, https://figures.boundless-cdn.com/ 
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search