Contoh Satelit Buatan Manusia

- March 03, 2017
Bumi ini punya dua satelit, yaitu satelit alami dan satelit buatan. Satelit alami atau bulan adalah benda langit yang beredar mengitar sebuah planet. Satelit buatan adalah pesawat antariksa tak berawak buatan manusia yang diluncurkan pada suatu ketinggian tertentu untuk mengorbit mengitari sebuah planet dan mengemban misi tertentu.

Menurut aplikasi atau fungsinya, satelit terbagi menjadi:
1. Satelit komunikasi
2. Satelit cuaca
3. Satelit navigasi
4. Satelit penelitian sumber daya Bumi
5. Satelit penelitian
6. Satelit militer

Satelit Komunikasi
Satelit ini berfungsi memberikan pelayanan radio dan televisi serta telekomunikasi kepada sebagian besar daerah di bumi. Satelit ini juga digunakan untuk menyiarkan informasi-informasi pendidikan dan kesehtan ke desa-desa terpencil. Ada dua macam satelit komunikasi yaitu:
1. Satelit pemantul, berfungsi sebagai pemantul atau reflektor bagi sinyal-sinyal mikro dari stasiun pemancar bumi.
2. Satelit pengulang, berfungsi sebagai penguat dan pemantul ulang suatu sinyal yang diterima. Satelit ini memiliki alat pemancar ulang yang dinamakan transponder.

Contoh satelit komunikasi adalah satelit Telstar, Sinkron dan Early Bird, pemancar Amerika Serikat; Satelit internasional Intelsat; Satelit seri Anik Kanada; Satelit Molniya Rusia dan satelit Palapa Indonesia.
Contoh Satelit Buatan Manusia
Satelit Landsat
Satelit Cuaca
Satelit ini bertugas mengirim data-data terinci tentang awan, angin, suhu dan lainnya. Satelit cuaca yang pertama adalah Tiros 1 yang diluncurkan Amerika Serikat pada 1 April 1960. Sejak saat itu sepuluh satelit Tiros telah diluncurkan dan kameranya telah menghasilkan foto cuaca terbesar yang pertama di dunia.

Satelit cuaca milik Amrika Serikat berikutnya adalah satelit Nimbus 1, diluncurkan 28 Agustus 1964. Nimbus 6, yang diluncurkan 12 Juni 1975 berhasil mengukur radiasi di atmosfer bumi, suatu data yang penting sekali untuk menentukan dinamika cuaca bumi.

Pada tanggal 13 April 1994, Badan Antariksa Amerika Serikat NASA berhasil menempatkan satelit cuaca tercanggih di dunia dalam orbit bumi untuk menggantikan satelit Goes. Satelit Goes ini diluncurkan pada tahun 1987 dan sudah melewati batas usianya sehingga dikhawatirkan bisa rusak. Satelit Goes yang baru ini diluncurkan ke orbitnya oleh roket Atlas. Satelit Goes baru ini dibutuhkan untuk prakiraan cuaca setiap hari, khususnya untuk mengikuti jalur tornado.

Satelit Navigasi
Satelit ini berfungsi sebagai alat penolong bila kapal-kalap menemui kesulitan untuk menentukan posisinya karena cuaca buruk atau visibilitas rendah karena kabut. Navigator yang mengalami kesulitan menghubungi satelit navigasi yang mengorbit. Satelit juga akan menjawab melalui radio tentang posisi kapal sehingga navigator dapat mengetahi posisi kapal secara tepat.

Satelit navigasi milit Angkatan Laut Amerika Serikat adalah satelit seri Transit. Satelit Transit 1B merupakan satelit pertama Amerika Serikat diluncurkan pada tanggal 13 April 1960.

Satelit Penelitan Sumber Daya Bumi
Satelit jenis ini contohnya adalah Landsat dan Quickbird. Satelit Landsat pertama diluncurkan pada tanggal 23 Juli 1972. Sampai tahun 1987 ada empat satelit Landsat lainnya yang telah diorbitkan. Landsat mengorbit bumi dan mencatat gambar-gambar bumi secara elektronik. Sinyal-sinyal elektronik ini dikembalikan ke bumi dan oleh komputer diubah menjadi gambar visual. Gambar ini akan digunakan untuk berbagai keperluan seperti eksplorasi bahan galian atau mineral.

Satelit Penelitan
Satelit ini berfungsi meneliti matahari, bintang-bintang, komer, planet dan benda langit lainnya. Yang termasuk satelit jenis ini adalah Pegasus, Explorer, Vanguard. Seri Pegasus dapat melaporkan kebocoran yang disebabkan benturan meteorit sehingga membantu para insinyur untuk merancang dinding pesawat antariksa yang memiliki kemampuan menahan benturan meteorit. Seri Explorer memberikan data tentang radiasi, medan magnet dan gelombang radio di luar angkasa.
Contoh Satelit Buatan Manusia
Satelit Tiros
Satelit Vanguard 1 yang diluncurkan pada 17 Maret 1958 merupakan satelit pertama yang bertugas menyelidikai bumi dan berhasil menunjukkan bahwa bumi ini berbentuk agak lonjong, pepat di kedua kutub dan agak elips di sekitar khatulistiwa.

Observatorium Orbital Matahatri yang antara lain terdiri dari seri Explorer dan Sseri Pioneer secara intensif telah melakukan observasi terhadap matahari. Penelitian-penelitian diadakan terhadap partikel lidah api, sinar, korona, dan angin matahari. Pada tahun 1981, sebuah satelit Explorer Mesosfer diluncurkan untuk mempelajari pengaruh matahari bagi formasi dan perusakan ozon di atmosfer bumi bagian atas

Satelit Militer
Satelit ini digunakan untuk tujuan-tujuan rahasi militer da memata-matai negara musuh. Dua negara yang menguasai satelit ini adalah Amerika Serikat dan Rusia. Satelit Midas milik AS dapat melihat peluncuran peluru kendali melalui penggunaan sensor inframerah. Satelit Samos dapat melihat perincian sekecil-kecilnya instalasi nuklir Rusia  Rusia juga punya satelit Cosmos yang bisa mengambil gambar lapangan udara, pabrik amunisi dan tempat peluncuran kendali milik Amerika Serikat.

Satelit Palapa
Indonesia punya satelit komunikasi yang dinamakan seri Palapa. Selama pengabdiannya sejak 1976 lalu hingga kini, Indonesia telah meluncurkan tiga generasi satelit Palapa yaitu generasi A (dua seri, Palapa A-1 dan Palapa A-2). dan generasi B lima seri. Pada Februari 1996, telah dilurkan satelit Palapa generasi C yatu C-1 yang disusul oleh seri lain.

Dilihat dari daya jangkaunya, generasi Palapa-B yang hanya menjangkau kawasan ASEAN, Palapa-C mempu meliputi wilayah Asia Pasifik. Ke utara mampu menjangkau Cina, ke timur mencapai Jepang, ke barta menguasai Iran dan Vladivostok dan ke selatan mencakup Australia dan Selandia Baru.
Gambar: eospso.nasa.gov, www.gearthblog.com
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search