Tipe Lipatan Pegunungan (Folded Mountain)

- March 21, 2017
Lipatan pegunungan dihasilkan dari lempeng kerak bumi yang tertekan dari dua arah. Saat lempeng tektonik tertekan, struktur lapisan batuan akan menyebabkan batuan melipat membentuk suatu bukit, singkapan batuan dan deretan pegunungan.

Lipatan pegunungan tercipta dari pross orogenesa. Orogenesa membutuhkan waktu jutaan tahun untuk menciptakan lipatan pegunungan. Tapi kamu bisa membuatnya dalam hitungan detik dengan menggunakan media taplak meja yang kamu tekan hingga melipat.

Lipatan pegunungan sering diasosiasikan dengan kerak benua. Mereka diciptakan di batas lempeng konvergen, kadang-kadang disebut juga zona tumbukkan atua zona kompresi. Dalam zona kompresi, gaya tektonik membuat batuan di tepi benua menjadi kurang stabil sehingga mereka sangat rentan terhadap pelipatan. 

Tipe Lipatan Pegunungan (Folded Mountain)
Pegunungan Alpen
Deformasi batuan terjadi karena ada gaya tegasan sehingga batuan bergerak dari kedudukan awal sehingga membentuk lengkungan. Menurut bentuk lengkungannya, lipatan dibagi menjadi sinklin dan antiklin. Sinklin adalah bentuk lipatan yang cekung ke arah bawah sementara antiklin adalah lipatan yang cembung ke atas.

Pegunungan Lipatan umum dijumpai di seluruh dunia seperti Himalaya, Andes, Alpen merupakan contoh pegunungan lipatan aktif. Himalaya membentang dari perbatasan Cina, India, Nepal, Pakistan. Himalaya terbentuk dari tabrakan lempeng India dengan lempeng Eurasia. Himalaya tersusun atas batuan sedimen sepeti serpih dan kapur. Sementara batuan metamorf mencakup sekis dan gneiss. Intrusi batuan beku juga muncul di sela-sela pegunungan Himalaya.

Pegunungan Andes merupakan rangkaian pegunungan terpanjang di dunia, membentang di pantai barat Amerika Latin melewati Ekuador, Peru, Bolivia, Cile dan Argentina. Batuan sedimen dan metamorf Andes tercipta dari beberapa gunung api aktif dan non aktif yang ada di dalamnya. 

Alpen merupakan puncak dari semenanjung Italia. Ia membentang di seluruh Italia, Slovenia, Austria, Jerman, Swiss, Leichenstein, Monaco dan Perancis. Lempeng kecil Adriatic menabrak lempeng Eurasia di utara. Geologi Alpen termasuk batuan sedimen dan metamorf, sementara batuan beku berasal dari dasar laut yang kemudian terangkat dalam proses lipatan.
Tipe Lipatan Pegunungan (Folded Mountain)
Proses Pelipatan Batuan

Tidak semua lipatan pegunungan dapat muncul ke permukaan membentuk puncak. Appalachian membentang di sepanjang pantai timur Amerika Utara memiliki relief rendah dengan lereng yang tidak curam. Jutaan tahun lalu Appalachia lebih tinggi dari Himalaya namun mengalami erosi. 

Appalachian mulai melipat sekitar 480 juta tahun lalu saat lempeng Amerika Utara bertabrakan dengan lempeng Afrika kemudian aktifitas tektonik menyebabkan superbenua Pangaea terpisah.
Tipe Lipatan Pegunungan (Folded Mountain)
Sumbu Lipatan Pegunungan
Menurut sumbu lipatannya, ada empat jenis folded mountain yaitu
1. Lipatan Tegak (Symetrical Folds), merupakan lipatan pegunungan dengan sumbu pelipatan tegak lurus dengan bidang horizon tanah sehingga kedua sayap sama persis.
2. Lipatan Miring (Asymetrical Folds), merupakan lipatan pegunungan dengan sumbu pelipatan miring dengan bidang permukaan tanah.
3. Lipatan Menggantung (Overturned Folds), merupakan lipatan pegunungan dengan sumbu pelipatan kurang dari 45 derajat sehingga membuat salah satu sisinya terlihat menggantung.
4. Lipatan rebah (Recumbent Folds), merupakan lipatan pegunungan dengan sumbu lipatan hampir sejajar dengan permukaan tanah sehingga terlihat menindih lapisan dibawahnya.

Tipe Lipatan Pegunungan (Folded Mountain)
Tipe Lipatan Pegunungan

Ahli geologi juga membuat klasifikasi lipatan pegunungan menurut bentuk khasnya yaitu:
1. Monoklin, merupakan lipatan pegunungan dimana semua lapisan batuan memiliki arah kemiringan yang sama.
2. Chevron, merupakan lipatan berbentuk tajam dengan lapisan batuan seperti zig-zag.
3. Slump, terbentuk dari masswasting.
4. Ptygmatic, merupakan lipatan pegunungan yang terbentuk dari material yang kental umumnya batuan metamorf yang mencair ke dalam lapisan batuan.
5. Disharmonic, merupakan lipatan pegunungan yang menunjukkan formasi batuan dengan jenis berbeda pada setiap lapisannya. Baca juga: Perbedaan stalaktit dan stalagmit

Gambar:
s3.amazonaws.com, www.tulane.ed
upload.wikimedia.org, flugplatzwangen.ch
Comments
0 Comments
 

Start typing and press Enter to search