Dampak Interaksi Desa dan Kota - Guru Geografi
News Update
Loading...

Senin, April 17

Dampak Interaksi Desa dan Kota

Kota dan Desa sama-sama merupakan suatu wilayah penghidupan bagi manusia di atasnya. Kota identik dengan kehidupan yang glamor, keras, individual dan rumit. 

Sementara desa terkenal dengan kehidupan yang tenteram, alami, kekeluargaan dan nyaman. Semua kota secara umum pada awalnya berkembang dari pedesaan yang tumbuh dari waktu ke waktu. 

Saat ini desa dan kota merupakan dua bagian sistem kehidupan yang saling berinteraksi satu sama lain. Desa saat ini bertugas sebagai hinterland atau daerah penyokong kota. Beberapa kebutuhan kota dipasok dari desa terutama bahan kebutuhan pangan. 

Interaksi desa dan kota saat ini semakin intens sehingga menghasilkan dampak bagi kedua belah pihak. Berikut ini dampak interaksi desa dan kota di Indonesia.
Dampak Interaksi Desa dan Kota
Desa kini berkembang menjadi daerah wisata
Dampak Positif
Dampak positif interaksi desa dan kota bagi kota adalah Kota akan menerima pasokan pekerja kelas menengah bawah dari desa untuk sektor industri, Bahan pangan tersedia mulai dari beras, sayuran, buah-buahan, Pertumbuhan kota semakin pesat karena banyaknya pembangunan dan Pendapatan daerah meningkat karena banyaknya penduduk yang hijrah ke kota.

Sementara itu dampak positif bagi desa adalah Pendapatan masyarakat desa relatif meningkat, Tingkat pendidikan, kesehatan masyarakat desa mulai membaik, Pola pikir mulai rasional seiring masuknya informasi dan teknologi, Fasilitas jalan mulai banyak dibangun, Banyak sektor wisata alam mulai dibangun di desa untuk memenuhi kebutuhan wisata masyarakat kota.

Dampak Negatif
Dampak negatif interaksi desa kota bagi kota adalah Banyak muncul slum area atau pemukiman kumuh di penggiran kota, Kota semakin padat dan menimbulkan kemacetan, Polusi meningkat, Volume sampah meningkat dan merusak lingkungan dan Kriminalitas meningkat.

Sementara itu dampak negatif bagi desa adalah Desa semakin kekurangan tenaga produktif, Arus modernisasi merusak tata kehidupan tradisional masyarakat desa, Lahan pertanian semakin berkurang karena ekspansi bisnis penduduk kota dan Pencemaran mulai banyak berkembang di desa.

Itulah beberapa dampak interaksi desa dan kota baik yang positif maupun negatif. Masih banyak lagi dampak lain yang ditimbulkan dan itu merupakan sesuatu yang alami terjadi.

Baca juga: 
Air tanah freatik dan artesis
Menghitung sex ratio dan dependency ratio

Gambar: visitingjogja.com

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close