Bioma Taiga: Ciri, Flora Fauna dan Sebarannya

- May 14, 2017
Bioma Taiga atau konifer adalah bioma paling luas di Bumi namun ia terasa dingin dan sepi. Cuaca dingin dan kekurangan suplai makanan membuat kehidupan di bioma ini sulit terutama di musim dingin. Beberapa hewan akan berhibernasi di musim dingin atau terbang ke selatan. Taiga berlokasi di dekat wilayah kutub utara di bawah bioma tundra. Sebarannya ada di Kanada, Alaska, sebagian Skandinavia dan Siberia.

Musim dingin di taiga sangat dingin dengan hujan salju menutupi permukaan dan dedaunan. Musim panasnya hangat, hujan dan lembab. Banyak jenis pohon konifer tumbuh di hutan taiga. Taiga sering disebut juga hutan boreal. Boreal merupakan dewa angin utara dalam mitologi Yunani. Baca juga: Tipe-Tipe Tanah Longsor menurut BNPB

Taiga tidak memiliki banyak spesies tanaman dan hewan seperti halnya hutan tropis atau gugur. Namun taiga memiliki jutaan serangga di musim panas. Burung bermigrasi ke bioma ini tiap tahun untuk bersarang dan makan.
Hutan taiga di musim dingin
Cuaca dan Iklim Taiga
Suhu rata-rata bioma taiga di bawah titik beku selama enam bulan dalam satu tahun. Suhu musim dingin ada di angka -54 sampai -1 derajat Celcius. Musim dingin sangat dingin dan bersalju. Suhu di musim panas lebih hangat, hujan dan lembab. Suhu turun hingga -7 sampai 21 derajat Celcius. Musim panas relative pendek yaitu 50 - 100 hari. Musim panas akan mencairkan es di permukaan Tanah, bunga-bunga akan bermekaran dan hewan akan bangun dari hibernasinya.

Total curah hujan setahun adalah 30 -85 cm. Bentuk presipitasi di hutan taiga adalah hujan, salju dan embun. Sebagian besar presipitasi di taiga jatuh seperti hujan di musim panas.  Musim utama di taiga adalah musim dingin dan panas. Musim semi dan musim gugur sangat singkat dan kamu tidak akan pernah mengetahuinya.

Biodiversitas
Tidak banyak spesies tanaman di taiga karena kondisinya yang keras. Tidak banyak jenis vegetasi yang mampu bertahan dalam musim dingin di sana. Ada beberapa jenis lumut hidup di sana namun vegetasi utama adalah pohon konifer seperti pinus, cemara putih dan hemlock.
Fauna bioma taiga, beruang grizly
Pohon konifer sering disebut juga evergereen. Mereka punya karakteristik panjang, berdaun tipis seperti jarum dan berlilin. Lilin memberi mereka perlindungan dari suhu beku dan kekeringan. Warna gelap dari daun konifer memungkinkan mereka menyerap panas matahari dan juga membantu memulai fotosintesa lebih awal.
Peta Bioma Taiga
Taiga cenderung hidup berdekatan satu sama lain dan ini memberikan mereka perlindungan dari angin dan cuaca dingin. Konifer berbentuk seperti kerucut sehingga melindungi cabang agar tidak runtuh karena beban salju di atasnya. Salju langsung turun dari cabang-cabang yang miring.

Taiga sangat rentan terhadap kebakaran. Pohon di sini telah beradaptasi dengan menumbuhkan kulit kayu tebal. Kebakaran akan membakar tajuk pohon di atas dan membiarkan sinar matahari mencapai Tanah.

Hewan di taiga cenderung menjadi pemangsa seperti lynx dan anggota serigala. Mereka berburu herbivora seperti kelinci salju dan tupai merah. Beruang grizly dan beruang hitam juga hidup disini dengan memangsa ikan salmon di sungai. Banyak burung pemakan serangga datang ke taiga untuk berkembang biak. Burung gagak, burung hantu burung pipit hidup disini. Baca juga: Jenis-jenis ekosistem air tawar

Gambar: gallerychip.com, 
pixgood.com, mrnussbaum.com
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search