Terbentuknya Angin Passat dan Anti Passat

- May 09, 2017
Angin adalah udara yang bergerak dari daerah bertekanan maksimum ke daerah bertenakan minimum. Ada banyak tipe angin di dunia ini mulai dari angin yang bersifat global dan angin yang bersifat lokal. Kali saya akan bahas sedikit tentang angin passat dan angin antipassat. Kedua angin ini merupakan tipe angin global yang berhembus bergantian dalam satu tahun.

Angin passat adalah angin yang bertiup sepanjang tahun dari wilayah subtropis ke daerah ekuator. Angin passat terbagi menjadi angin passat timur laut yang berhembus di belahan bumi utara dan angin passat tenggara yang berhembus di belahan bumi selatan.

Di daerah tropis, kedua angin passat bertemu. Lokasi pertemuan angin passat ini disebut dengan Daerah Konvergensi Antar Tropik atau DKAT. DKAT merupakan suatu zona pusat tekanan rendah dengan suhu tinggi dibandingkan daerah di sekitarnya. Lokasi DKAT ini bergerak setiap 14 hari ke utara dan selatan bolak balik mengikuti matahari. Baca juga: Mengenal lebih jauh DKAT.
Terbentuknya Angin Passat dan Anti Passat
Sirkulasi Angin Global
DKAT dicirikan dengan suhu yang selalu tinggi sehingga massa udara akan memuai dan naiks ecara vertikal (konvektif). Hal ini menyebabkan daerah DKAT bebas dari gangguan angin topan sehingga disebut doldrum atau daerah tenang. 

Angin anti passat adalah angin yang mengalir turun dari daerah tropis ke wilayah subtropis. Di belahan bumi utara disebut anti passat barat daya dan di belahan bumi selatan disebut anti passat barat laut. Angin anti passat bersifat kering dan menjadi faktor terbentuknya gurun di dunia seperti Gurun Sahara dan Gurun Australia. Angin global ini terbentuk karena adanya rotasi bumi yang menyebabkan terjadinya efek Coriolis. Baca juga: Sirkulasi Atmosfer

Gambar: gotbooks.miracosta.edu
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search