Objek Formal dan Material Geografi

- July 27, 2017
Dalam kompetensi dasar geografi di tingkat SMA, seorang siswa harus bisa memahami tentang konsep-konsep dasar geografi. Salah satu bagian yang harus dipahami siswa adalah objek formal dan objek material. Objek formal geografi pada dasarnya merupakan cara pandang geografi terhadap gejala/fenomena di permukaan bumi. Objek formal geografi meliputi 3 aspek yaitu:

1. Pola sebaran fenomena tertentu di permukaan bumi. Contohnya kabut asap kebakaran lahan gambut di Banjarmasin menyebar hingga Palangkaraya.
2. Keterkaitan atau hubungan antar sesama gejala di tersebur. Contohnya kebakaran lahan gambut terkait musim kemarau panjang dan morfologi daerah Banjarmasin.
3. Perkembangan atau perubahan yang terjadi pada gejala tersebut. Kabut asap disebabkan oleh adanya pembukaan lahan baru di daerah gambut oleh manusia.
Berdasarkan cara pandang geografi maka muncul pertanyaan pokok geografi untuk mengkaji sebuah fenomena yaitu 5W + 1H.
1. What : Apa yang terjadi?
2. Where: Dimana fenomena itu terjadi?
3. When : Kapan fenomena itu terjadi?
4. Why : Mengapa fenomena itu terjadi?
5. Who : Siapa yang terlibat dalam kejadian tersebut?
6. How : Bagaimana kronologi kejadian tersebut?
Objek studi geografi adalah geosfer

Objek material geografi adalah geosfer atau lapisan bumi. Materi adalah semua hal yang bisa dipegang, disentuh dan dirasa oleh panca indera kita. Geosfer terdiri dari atmosfer, litosfer, hidrosfer, biosfer dan antroposfer. Semua fenomena di setiap lapisan tersebut merupakan objek materi geografi. Baca juga: Memahami bentang alam struktural
Contoh gejala di tiap lapisan:
Atmosfer: pelangi, tornado, angin
Litosfer: gempa, vulkanisme, tumbukan lempeng
Hidrosfer: danau, tsunami, arus laut
Biosfer: simbiosis, ekosistem, rantai makanan
Antroposfer: urbanisasi, kelahiran, kematian, ledakan penduduk

Jadi kesimpulannya objek materi adalah objek kajian dalam wujud benda sementara objek formal adalah cara pandang terhadap materi tersebut. Cara pandang atau pendekatan geografi ada 3 yaitu keruangan, kelingkungan dan kewilayahan. Baca juga: Perbedaan 3 Pendekatan Geografi
Gambar: disini
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search