Peranan Cuaca Iklim Dalam Kehidupan Sehari-Hari

- September 11, 2017
Kehidupan manusia sangat bergantung dengan kondisi cuaca dan iklim. Ada penduduk yang pakaiannya tebal karena cuacanya dingin, ada yang rumahnya tinggi karena rawan banjir dan lainnya. Cuaca iklim dalam skala kecil pada dasarnya bisa dimodifikasi dengan teknologi namun secara global kita tidak bisa melawan cuaca dan iklim. Berikut ini beberapa peranan cuaca dan iklim dalam kehidupan sehari-hari.

1. Bidang Pertanian
Indonesia adalah negara agraris karena sebagian besar penduduknya menggantungkan hidup di sektor pertanian. Cuaca dan iklim menjadi faktor yang harus diperhatikan dalam mengembangkan usahan pertanian. Budidaya tanaman tertentu sangat erat kaitannya dengan kondisi musim. Padi sangat baik ditanam di daerah bersuhu panas dengan curah hujan cukup, sementara sayuran dan buah-buahan cocok di daerah dataran tinggi dengan suhu rendah yang intensitas hujan yang tidak tinggi dan tidak rendah.

Cuaca dan iklim juga berperan dalam usahan perkebunan dan perikanan. Umumnya para nelayan akan mengamati kondisi laut, arah angin dan cuaca sebelum pergi melaut. Nelayan juga tahu kapan waktu ikan-ikan berkumpul di suatu titik dengan melihat kondisi cuaca dan perhitungan kalender turun-temurun. Gambar: disini
Peranan Cuaca Iklim Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Petani menanam padi biasanya saat awal musim hujan
2. Bidang Transportasi
Cuaca dan iklim berperan dalam kegiatan transportasi. Suhu udara, keceaptan angin, awan sangat mempengaruhi kelancaran penerbangan. Transportasi laut juga sangat bergantung pada kondisi cuaca iklim disekitarnya seperti badai, angin, gelombang dan arus laut. Mobilitas transportasi darat juga bisa terganggu jika kondisi cuaca buruk seperti badai salju dan banjir.

3. Bidang Telekomunikasi
Dalam bidang telekomunikasi, cuaca iklim dapat menyebabkan berbagai hal seperi  gangguan sinyal karena angin matahari. Pohon tumbang juga dapat memutus kabel telekomunikasi. Adanya ionosfer di atmosfer juga membantu manusia dalam mengirim sinyal radio.

4. Bidang Pariwisata
Di bidang pariwisata cuaca iklim berperan dalam berbagai kegiatan seperti musim liburan. Saat musim panas, banyak orang akan liburan musim panas ke pantai atau ke gunung untuk camping. Kegiatan berselancar di pantai juga sangat dipengaruhi oleh angin dan ombak yang baik.

5. Bidang Perdagangan
Di bidang perdagangan kita tentu sering melihat fenomena musim buah. Ada buah yang melimpah saat musim penghujan dan ada yang panen di musim kemarau. Hal tersebut mempengaruhi terhadap harga jual di pasaran. Jika musim hujan, buah mangga akan semakin mahal karena belum panen raya sementara saat musim kemarau harganya turun karena masuk panen raya. Baca juga: Bedanya tornado dan puting beliung
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search