Cara Mudah Hilangkan Formalin pada Mie, Tahu dan Ikan

- March 14, 2018
Halo teman-teman sekalian,
apa kabarnya hari ini?. Semoga baik-baik saja dan tetap produktif. Kali ini saya akan membagikan sedikit tips tentang cara hilangkan formalin pada mie, tahu dan ikan. Kita sudah tahu kan bahwa di pasar tak jarang ditemukan pedagang nakal yang menggunakna formalin untuk mengawetkan tahu, mie dan ikan dan lainnya. Formalin adalah bahan pengawet yang berbahaya jika dikonsumsi jangka panjang bagi manusia. Sebagai konsumen terutama ibu-ibu, tentu was-was jika mendengar hal tersebut. Lalu bagaimana cara mudah hilangkan formalin pada makanan tersebut?. Dikutip dari ulasan Henny Budi  Utari, PhD, ternyata ada cara mudah untuk menghilangkannya:

1. Ikan Asin
Ikan asin yang mengandung formaln perlu direndam selama 60 menit agar formalinnya terlepas dari ikan lalu larut dalam air rendamannya. Level formain pada ikan asin akan berkurang sebanyak 61%  jika ikan asin direndam dalam air bisa. Sebalikny dalam air garam, lebel formalin ikan asin akan hilang hingga 89%.

2. Tahu
Tahu yang berformalin pun bisa dinetralkan dengan cara mudah sekali. Cara terbaik adalah dengan merebusnya sampai mendidih kemudian menggorengnya Teknik ini terbukti dapat menghilangkan hampir semua kandungan formalin dalam tahu. Cara lainnya adalah mengukus tahu atau merendamnya di air panas. Namun kedua cara ini hanya mengurangi kandungan formalin bukan menghilangkan secara total kadar formalin tahu.
 
Cara Mudah Hilangkan Formalin pada Mie, Tahu dan Ikan
Ikan asin segar
3. Mie Basah
Untuk mie basah, caranya lebih mudah yaitu cukup rendam saja dalam air panas selama 30 menitan. Teknik simple ini terbukti menghilangkan kandungan formalin hingga 100%. Jangan lupa cuci kembali mie dengan air biasa setelah perendaman untuk memastikan tidak ada formalin yang tersisa.

4.  Ikan Segar
Ikan segar yang diberi formalin juga bisa dinetralkan kembali sehingga aman dikonsumsi. Campurkan cuka ke dalam air hingga konsentrasinya mencapai 5%. Kemudian, rendam ikan dalam larutan tersebut sealam 15 menitan. 

Tubuh manusia sebenarnya sudah didesain untuk melenyapkan bahan-bahan kimia jahat yang masuk dalam tubuh. Namun jika kadarnya terlalu tinggi maka tubuh akan lemah juga. Jadi kita harus bisa selektif memilih makanan dan tetap berjaga-jaga.
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search

close
Banner iklan disini
Banner iklan disini
Banner iklan disini