Pengertian Hujan Virga di Atmosfer

- May 08, 2018
Hujan adalah fenomena jatuhnya titik-titik air ke permukaan bumi dan biasa kita lihat sehari-hari bukan. Namun tahukah kamu bahwa ada hujan yang tidak sampai ke bumi, namnya virga. Virga adalah istilah yang dipakai untuk curah hujan yang menguap atau menyublim sebelum menyentuh tanah. Virga dapat terlihat seperti garis-garis tipi menggantung di bawah awan berwarna kelabu. Kenapa namanya "Virga"?.

Ingat bahwa semua nama awan berasal dari bahasa latin, jadi virga dalam bahasa latin artinya ranting atau cabang dan mengacu pada garis-garis halus tipis yang dihasilkannya sehingga mirip ranting gitu lho!. Baca juga: Pemanfaatan tanah laterit
Pengertian Hujan Virga di Atmosfer
Hujan virga di senja hari
Kelembaban Relatif  Di bawah 50 Persen
Virga terbentuk saat hujan turun dari awan tinggi ke bawah udara yang sangat kering (kelembaban rendah) dan suhu udara yang tinggi di bawah. Virga banyak dijumpai di wilayah gurun Amerika Barat yang panas dan kering. Ketika tetesan air atau es menghantam udara yang hangat dan kering maka uap air itu akan kembali menguap atau menyublim. 

Baca juga:
Proses terbentuknya meander sungai
Kaitan tekstur dan kesuburan tanah
Konsep geografi morfologi dan contohnya

Akhirnya nih karena semakin banyak hujan menguap ke udara maka udara akan menjadi lembab. Jika curah hujan ringan diperlukan beberapa jama agar udara jadi jenuh. Virga dapat terdeteksi radar dengan mudah namun tidak halnya dengan mata kita. Virga jika berinteraksi dengan sinar matahari juga dapat menghasilkan pilar sinar yang sangat cantik seperti tirai-tirai ilusi optik di atmosfer.
Pengertian Hujan Virga di Atmosfer
Awan hujan virga di siang hari
Jadi jika kamu ingin mengabadikan virga memang tidak bisa langsung, harus dilihat dulu kondisi daeranya dan pola hujan dari tahun ke tahun seperti apa. Ini disebabkan pembentukkan virga punya syarat-syarat atmosfer seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Baca juga: Pola sirkulasi atmosfer global

Gambar: disini, disini
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search

close
Banner iklan disini
Banner iklan disini
Banner iklan disini