Rangkuman Materi Pkn Kelas X Bab Hakikat Bangsa dan Negara

- May 26, 2018
Bangsa dan negara merupakan
satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Perjalanan sebuah negara dimulai dari bangsa itu sendiri. Kali ini saya akan berikan rangkuman materi Pkn tentang Hakikat Bangsa dan Negara. Semoga bermanfaat.

1. Manusia adalah mahluk individual dan mahluk sosial. Karena itu manusia menjalin relasi dan berinteraksi dengan manusia lain dalam masyarakatnya. Manusia adalah mahluk politik (zoon politicon) yang tidak bisa hidup sendiri.

2. Bangsa adalah sekelompok manusia yang memiliki kehendak untuk bersatu yang terjadi karena adanya persatuan nasib dan tinggal di wilayah tertentu sebagai satu kesatuan. Menurut Ben Anderson, bangsa adalah komunitas politik yang dibayangkan dalam wilayah yang jelas batasnya dan berdaulat.

3. Indonesia menyatakan diri sebagai bangsa pada momen Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 sementara itu Indonesia menyatakan diri sebagai sebuah negara pada Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945.
Rangkuman Materi Pkn Kelas X Bab Hakikat Bangsa dan Negara
Indonesia menjadi bangsa saat momen Sumpah Pemuda
4. Unsur terbentuknya negara mencakup unsur konstitutif dan unsur deklaratif. Unsur konstitutif adalah a) penduduk yang menetap, b) wilayah tertentu dan c) pemerintahan yang berdaulat. Unsur deklaratif negara kemampuan berelasi dengan negara lainnya. Hal ini dimungkinkan bila negara telah mendapatkan pengakuan dari negara lain.

5. Batas maritim NKRI teridri dari Laut Teritorial, Landas Kontinen dan Zona Ekonomi Ekslusif.

6. Pentingnya pengakuan suatu negara dari negra lain adalah untuk menjamin suatu negara baru dapat menduduki tempat yang sejajar sebagai suatu organisasi politik yang merdeka dan berdaulat di tengah keluarga bangsa-bangsa. Ini juga untuk memelihara hubungan baik dengan negara baru dalam waktu yang lama dan permanen.

7. Pengakuan de facto adalah pengakuan atas fakta adanya negara. Pengakuan de jure adalah pengakuan bahwa keberadaan negara itu sah menurut hukum internasional. 

8. Alasan negara mengakui negara lain adalah: a) kebutuhan melindungi kepentingan negara sendiri, b) pemeliharaan hubungan baik, c) kecenderungan yang tidak terelakkan dalam hubungan internasional dan d) ingin memberikan status yang baik dalam hukum internasional dan hukum nasional pada negara lain.

9. Ada banyak teori terbentuknya sebuah negara antara lain a) teori perjanjian masyarakat, b) teori ketuhanan, c) teori kekuatan, d) teori organis dan e) teori historis.

10. Tujuan didirikannya neagra adalah sama yaitu mengusahakan kesejahteraan umum. Ada banyak teori bagaimana tujuan itu dicapai antara lain anarkisme, individualisme, sosialisme dan komunisme.

11. Nasionalisme adalah sikap mental dan tingkah laku individu atau masyarakat yang menunjukkan adanya loyalitas atau pengaabdian yang tinggi bagi bangsa dan negaranya. Sementara patriotisme adalah paham tentang semangat cinta pada tanah air.
Comments
0 Comments

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!

 

Start typing and press Enter to search

Banner iklan disini
Banner iklan disini