Ekosistem Gua dan Cirinya - Guru Geografi
News Update
Loading...

Kamis, Agustus 3

Ekosistem Gua dan Cirinya

Gua atau cave merupakan sebuah bentukan alam yang terbentuk di daerah kapur atau gamping. Indonesia punya gua-gua yang tidak kalah menarik dengan gua alam idi luar negeri.

Gua terbentuk karena air hujan yang mengandung sedikit asam melarutkan kapur, mengalir melalui celah-celah di bawah tanah dan mengeruk dinding celah yang semakin lama semakin besar sehingga berbentuk terowongan di dalam tanah yang kita sebut dengan gua. 

Di dalam gua sering mengalir sungai kecil dan adakalanya aliran air itu bukanlah air permukaan namun limbah dari akuifer dan air tersebut sehat untuk diminum. Di dalam gua juga kadang djimpai stalagmit dan stalaktit. Gambar: disini
Keindahan Gua Gong di Pacitan
Gua sebagai sebuah habitat sangat kurang mendapat cahaya matahari sehingga tidak dapat ditumbuhi vegetasi hijau. Biasanya lumut kerak bisa djumpai atau sejenis organisme seperti bakteri atau ganggang biru-hijau.  

Fauna yang menghuni gua makanannya sangat tergantung dari luar. Beberapa jenis hewan gua dapat dibagi menjadi 3 tipe yaitu:

1. Troglobit, merupakan sejenis hewan gua yang tidak dapat hidup di luar gua.
2. Troglofil, merupakan jenis hewan gua yang dapat hidup dan berkembang biak di dalam gua namun juga dapat hidup di luar pada mikro habitat yang lembab dan gelap.
3. Troglozin, merupakan hewan yang mencari makanan ke luar gua dan berlindung serta berkembang biak di dalam gua.

Baca juga:
Bedanya meteoroid, meteor dan meteorit itu apa?
3 teknik proyeksi peta paling umum

Contoh fauna gua diantaranya kelelawar, cacing, ular dan lipan. Gua-gua yang terdapat di Indonesia memiliki arti luas karena bisa digunakan untuk kepentingan rekreasi atau iptek. 

Keindahan gua di Indonesia sudah dikenal sejak abad pertengahan oleh bangsa Eropa. Salah satu kabupaten yang memiliki kenampakan gua yang indah antara lain di Pacitan dan Gunung Kidul. 

Paket-paket pariwisata susur gua atau cave expedition kini banyak bermunculan. Gua merupakan tempat tinggal manusia purba dan banyak fosil-fosil ditemukan di gua-gua yang terdapat di Indonesia. 

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close