Konsep Geografi Menurut Peter Hagget - Guru Geografi
News Update
Loading...

Sabtu, Agustus 5

Konsep Geografi Menurut Peter Hagget

Konsep geografi adalah istilah-istilah yang mengandung makna geografi di dalamnya. Ada banyak ahli yang sudah mengemukakan konsep geografi dan salah satunya adalah Peter Hagget. 

Hagget adalah seorang geografer kebangsaan Inggris yang berfokus pada kajian kota dan regionalisasi. 

Menurutnya ada setidaknya 5 konsep geografi yang diangap sebagai dasar untuk mempelajari semua fenomena dalam ruang. Baca juga: Fenomena rotasi dan revousi bumi
Konsep Geografi Menurut Peter Hagget
Lanskap terasering Panyaweuyan
1. Areal Differentiation
Konsep pertama ini memiliki makna perbedaan karakter tiap wilayah atua region. Bumi ini memiliki permukaan yang bervariasi dari satu lokasi ke lokasi lain. Perbedaan wilayah ini menjadi suatu keunikan tersendiri dan merupakan anugerah dari Tuhan. 

Kita bisa menganalisa mengapa di daerah sana ada batubara sedangkan disini tidak ada. Mengapa di Eropa ada 4 musim sedangkan di Indonesia tidak?. Itu adalah akibat dari diferensiasi area.

Baca juga:
Ini lho cara tampilkan fitur 3D view di google map!
Aspek geografi itu apa saja ya?

2. Landscape
Landscape adalah bentang alam. Bentang alam di muka bumi ini bermacam-macam mulai dari pegunungan, bukit, rawa, lembah dan lainnya. Berbagai lanskap ini menjadi suatu keindahan dan saranan penelitian untuk mengungkap bagaimana proses dan sebaran bentang alam tersebut. 

Mengapa gurun tidak bisa terbentuk di Indonesia?. Mengapa ada laut di pedalaman benua?. Mengapa ada gunung api di tengah laut dan lainnya. 

3. Man Environment
Konsep ini berkaitan dengan manusia yang mengendalikan lingkungan. Manusia sebagai mahluk yang dominan di permukaan bumi ini sudah banyak merusak bentang alam alami dan membuat bentang baru. 

Hutan yang tadinya hijau kini sudah banyak yang hilang dan berubah fungsi. 

4. Distribusi Ruang
Geografi pasti mempelajari tentang distribusi atau sebaran fenomena dalam ruang. Sebaran fenomena dalam ruang permukaan bumi tidak merata. 

Hal ini membuat keragaman-keragaman fisik maupun budaya yang menjadi sebuah keunikan bumi sebagai sebuah planet. 

5. Geometrik
Geografi mencoba mengukur segala sesuatu dalam ruang. Ingat kita punya peta sebagai alat bantu memahami distribusi fenomena spasial. Peta dibuat dari metode pengukuran-pengukuran yang sangat kompleks.

Pengukuran lainnya diantaranya curah hujan, letak astronomis, kedalaman lautan, skala gempa dan lainnya.  
 

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close