Ciri-Ciri Lowongan Kerja Palsu Zaman Now

- December 23, 2017

Baca Juga

Halo teman-teman, bagaimana kabarnya hari ini?. Semoga sehat selalu dan senantiasa produktif berkarya. Oke, teman-teman kali ini saya akan memberikan sedikit tips mencari kerja. Persaingan dunia kerja saat ini semakin ketat dan kamu harus pandai memilih lowongan kerja, jangan sampai kamu tertipu oleh bursa lowongan kerja di dunia maya tentunya atau lainnya. Tentu kamu ingin mendapatkan pekerjaan sesuai dengan keinginan kamu bukan?. Tapi tetap harus hati-hati dalam memilih, berikut ini ciri-ciri lowongan kerja palsu alias fiktif:

1. Minta Bayar
Dalam bursa kerja asli, tidaklah mungkin perusahaan meminta bayaran kepada calon pekerja. Jadi kalau kamu menemukan lowongan yang mengharuskan kamu untuk membayar biaya dengan tanpa alasan apapun pas perekrutan maka kamu mesti hari-hati. Jangan sampai teriming-imingi janji manis orang lain sob. Masa pencari kerja bukannya dapat uang malah kamu harus setor dulu uang, kan gak rasional gitu lho!.

2. Minta Data Pribadi Tanpa Undangan Interview
Waspadalah jika kamu dimintai data pribadi seperti nomor KTP, akun bank, alamt rumah, id line WA dll tanpa adanya undangan interview terlebih dahulu. Data-data pribadi merupakan aset berharga bagi kaum penipu saat ini. Jadi hati-hati dalam mengirimkan data anda.

3. Diterima Langsung 
Jika kamu tiba-tiba diterima langsung tanpa wawancara atau melamar kerja maka kamu patut waspada. Tidak ada sesuatu yang tiba-tiba ada tanpa ada prosesnya. Jadi kalau kamu ditelpon atau dikasih info diterima di suatu perusahaan tertentu padahal kamu tidak merasa melamar maka hati-hati nanti kena tipu.
Ciri-Ciri Lowongan Kerja Palsu Zaman Now
Waspada loker palsu zaman now

4. Deskripsi Pekerjaan Gak Jelas
Jika kamu menerrima undangan wawancara atau interview yang tidak memberikan kejelasan mengenai posisi yang ditawarkan atau tawaran pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan deskripsi yang ditawarkan selama proses rekruitmen maka kamu harus waspada.

5. Gaji Tidak Rasional
Waspada jika kamu menemukan penawaran kerja dengan gaji yang tidak masuk akal dan tidak wajar sesuai dengan posisi atau jabatannya. 

6. Email atau Web Palsu
Perusahaan yang profesional pasti akan memiliki email dan web yang baik dan tersinkronisasi. Didalamnya juga pasti ada profil lengkap perusahaan tersebut. Jadi pastikan kamu cek email dan web perusahaan saat kamu melamar atau mendapatkan tawaran pekerjaan.

Ingat sob, di zaman now para penipu semakin canggih dalam melakukan tindak kriminal. Data adalah sumber utama cybercrime saat ini. Maka selalu hati-hati ya!. Carilah pekerjaan di situs lowongan kerja yang baik.

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!

 

Start typing and press Enter to search