Arti Posisi Strategis Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia - Guru Geografi
News Update
Loading...

Senin, Juli 23

Arti Posisi Strategis Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia

Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat besar di dunia dengan semua potensi yang ada didalamnya. 

Kamu percaya gak kalau sejak dulu itu nusantara kita merupakan pusat perdagangan dan peradaban yang hebat?. Di zaman Majapahit saja kekuasaan nusantara bahkan sampai ke Thailand. 

Armada-armada laut kita sejak dahulu sangat kuat dan disegani. Inilah yang menjadikan Indonesia bisa menjadi poros maritim dunia. 

Semua pulau-pulau disambungkan oleh laut-laut sempit yang memiliki beragam potensi. Baca juga: Pengaruh letak geografis Indonesia bagi kehidupan

Poros maritim adalah gagasan strategis yang diwujudkan untuk menjamin konektivitas antar pulau sehingga arus barang dan jasa berjalan lancar. Ada lima pilar utama yang menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia, yaitu:
1. Pembangunan kembali budaya maritim Indonesia.
2. Komitmen menjaga dan mengelola SDA dengan fokus membangun kedaulatan pangan laut melalui pengembangan industri perikanan dengan menempatkan nelayan sebagai pilar utama.
3. Komitmen mendorong pengembangan infrastruktur dan konektifitas maritim dengan membangun tol laut, pelabuhan laut, logistik dan industri perkapalan dan wisata maritim.
4. Diplomasi maritim yang mengajak semua mitra Indonesia untuk bekerja sama pada bidang kelautan.
5. Pembangunan kekuatan pertahanan maritim
Arti Posisi Strategis Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia
Pelabuhan adalah pintu gerbang utama perdagangan
Kejayaan Indonesia di bidang kemaritiman harus digelorakan karena Indonesia merupakan Atlantis yang pernah dituliskan Plato dalam bukunya berabad-abad silam. Atlantis adalah negara yang kaya, gemah ripah lohjinawi. 

Indonesia harus berjaya di lautan dan di daratan, jangan sampai kekayaan kita dimanfaatkan negara lain. Ada dua bagian besar yang menjadi unsur pembangun poros maritim  dunia yaitu:

1. Aspek ekonomi kelautan dan kemaritiman sebagai aset andalan pengembangan dan pembangunan poros maritim. Aspek ekonomi kelautan dan kemaritiman mencakup sumber daya perikanan, migas lepas pantai, mineral dasar laut, transportasi laut, industri maritim, wisata bahari, pulau luar, terumbu karang dan lainnya.
2. Aspek komponen tata kelola untuk menentukan bagaimana aspek ekonomi kelautan dan kemaritiman dapat dikelola dan dikembangkan arahnya untuk mewujudkan poros maritim dunia. aspek ini mencakup penataan ruang laut, pengaturan alur laut kepulauan, pengawasan laut, pertahanan dan keamanan untuk kedaulatan NKRI, budaya bahari, sumber daya manusia, IPTEK kelautan dan kualitas dan daya dukung lingkunan laut.

Posisi Indonesia ditakdirkan saat ini berada di khatulistiwa dimana menjadikan negara ini berada di tengah-tengah dunia. Oleh sebab itu Indonesia dikenal juga sebagai zamrud khatulistiwa karena di dalamnya terdapat berjuta potensi yang begitu mengesankan.  

Baca juga: Pengaruh letak astronomis Indonesia bagi kehidupan

Untuk lihat pembahasan versi video, silahkan subsceibe chanel guru geografi di youtube berikut ini.

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close