Download Power Point Geografi Bab Dinamika Perkembangan Bumi - Guru Geografi
News Update
Loading...

Sabtu, Agustus 18

Download Power Point Geografi Bab Dinamika Perkembangan Bumi

Kali ini saya akan coba bagikan contoh power point geografi bab dinamika perkembangan bumi kelas X gratis. 

Tapi sebelumnya akan berikan sedikit rangkuman materi mengenai bab perkembangan bumi ini dulu ya. Bumi merupakan salah satu planet dalam sistem tata surya dan berada di urutan ke 3 dari matahari.

Menurut umur geologinya, Bumi kita ini sudah berumur 4,6 milyar tahun lho!. Awalnya bumi ini adalah bola panas yang kemudian mendingin membentuk kerak dan kehidupan di dalamnya.

Sebelum dihuni manusia, bumi dihuni oleh beberapa mahluk purba mulai dari bakteri, dinosaurus, hingga manusia purba. Kerak bumi berkembang dari masa ke masa karena adanya arus konveksi magma di dalam bumi sehingga membuat lempeng tektonik bergerak.

Bumi kita mengalami dua gerakan yaitu rotasi dan revolusi. Rotasi adalah perputaran bumi pada porosnya dan revolusi adalah perputaran bumi mengelilingi matahari. Dampak rotasi bumi adalah adanya siang malam, gerak semu harian matahari, adanya efek coriolis adanya zona waktu. 

Dampak revolusi adalah perubahan musim, gerak semu tahunan benda langit dan perbedaan lama siang malam.

Bumi merupakan satu-satunya planet yang dihuni kehidupan, hal ini dikarenakan beberapa faktor yaitu : memiliki atmosfer, memiliki medan magnet, memiliki lapisan air, memiliki satu satelit (bulan), memiliki gaya gravitasi yang tidka besar 9,8 m/s, posisinya tidak terlalu jauh dan tidak terlalu dekat dengan matahari dan masih banyak lagi.

Bumi kita saat ini semakin tua dan sedang mengalami fenomena global warming. Global warming mengancam keseimbangan ekologi sehingga harus diantisipasi. Peningkatan suhu rata-rata bumi membuat es di kutub semakin berkurang dan mengancam kehidupan di masa yang akan datang. 

Mulailah menggunakan produk-produk ramah lingkungan dan tanam pohon sebanyak mungkin di lingkungan sekitar. Silahkan download linkya di bawah ini.


Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close