Download KI dan KD Semua Mapel Kurikulum 2013 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Selasa, Oktober 16

Download KI dan KD Semua Mapel Kurikulum 2013

Kurikulum 2013 merupakan pengembangan dari kurikulum sebelumnya alias KTSP. Dalam K13 ini ada beberapa perubahan diantaranya munculnya istilah Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD). 

Kompetensi inti secara sederhana adalah puncak utama hasil belajar yang wajib siswa  lakukan. Kompetensi inti adalah terjemahan atau operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas yang dimiliki peserta didik yang telah menyelesaikan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu. 

Gambaran mengenai kompetensi utama dikelompokkan ke dalam aspek sikap pengetahuan dan keterampilan. Kompetensi inti harus menggambarkan kualitas yang seimbang antara hard skill dan soft skill. 

Hard skill adalah kemampuan yang berkaitan dengan kognitif sementara softskill adalah kemampuan intrapersonal dan interpersonal.

Kompetensi Dasar adalah kompetensi setiap mapel untuk setiap kelas yang diturunkan dari Kompetensi Inti. Jadi kompetensi dasar itu secara sederhana adalah kemampuan paling dasar yang paling wajib dikuasai siswa. 

Contoh gini nih, jika seseorang diminta untuk menguasai cara memasak sayur sop, maka kompetensi dasarnya bisa saja adalah "siswa mampu memasang tabung elpiji ke kompor benar". Artinya hal paling dasar sebelum memasak sop adalah harus bisa memasang gas ke kompor dulu. Nah tahapan-tahapannya ada di indikator nanti.
Download KI dan KD Semua Mapel Kurikulum 2013
Pengertian KI dan KD mapel
Kompetensi Dasar adalah konten atau kompetensi yang terdiri atas aspek sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik. Kompetensi tersebut dikembangkan dengan meperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran. 

Dari KD ini lah guru nantinya membuat indikator-indikator pembelajaran. Jadi penting bagi guru untuk menguasai KD setiap mapelnya sebelum menyusun indikatornya. Berikut ini KI dan KD semua mapel di kurikulum 2013 SMA yang bisa didownload gratis. Klik link di bawah ini dan jangan lupa share ke lainnya.

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close