Syarat Membuat Paspor Online Di Bekasi - Gurugeografi.id

Syarat Membuat Paspor Online Di Bekasi

- October 19, 2018

Baca Juga

Di kesempatan ini saya akan coba tulis pengalaman saya saat membuat paspor di kota Bekasi. Jadi ceritanya gini, awalnya saya ingin buat paspor karena niat untuk pergi ke luar negeri terutama umroh, naik haji dan traveling tentunya. Meskipun belum punya modal yang penting niat dulu punya paspor, mumpung waktu masih senggang. Saya cek dulu di web imigrasi kota Bekasi mengenai tata cara pembuatan paspornya. Web nya disini.

Jadi langkah pertama saat buat paspor adalah daftar online dulu di web imigrasi kota bekasi. Nanti kamu akan mendapatkan barcode antrian dan harus diprint ya!. Nah saya kebagian jadwal tanggal 19 Oktober jam 13.00. Syarat-syarat yang wajib dibawah adalah

1. KTP asli dan fotokopi
2. KK asli dan fotokopi
3. Akte asli dan fotokopi
4. Materai
5. Pulpen
6. Surat keterangan domisli atau kerja perusahaan bagi KTP non Bekasi (saya pakai surat keterangan kerja)
 
Nah setelah amunisi siap saya lalu ijin dulu keluar sekolah untuk pergi ke imigrasi bekasi yang ada di belakang stadion Patriot. Setelah sholat Jumat, langsung saya ke kantor imigrasi dan memarkor motor di luar, cuaca saat itu panas banget bro. Lalu saya masuk ke gerbang dan menyerahkan barcode antrian online.

Syarat Membuat Paspor Online Di Bekasi
Foto di kantor imigrasi
Setelah itu saya masuk ke kantor dan ternyata sudah penuh oleh para pencari paspor. Ternyata orang Indonesia sudah kaya-kaya, bisa pergi ke luar negeri. Saya lalu mengisi formulir pendaftaran dan menunggu antrian pemberkasan. Tak lama jam 13.00 nomor antrian saya dipanggil pemberkasan dan menyerahkan persyaratan diatas tadi. Setelah dicek lalu tandatangan permohonan pakai materai, ingat bawa dari rumah ya biar ga cape bolak balik di sana ke tukang fotokopi.

Setelah itu saya menunggu untuk wawancara dan foto. Nah inilah antrian yang lama, saya menunggu hampir 2 jam untuk foto dan wawancara. Jadi saran saya jika mau lebih cepat, kamu daftar antrian yang paling pagi jam 7 atau 8 dan jangan siang. Setelah 2 jam akhirnya saya dipanggil untuk foto, cap jari dan wawancara. Wawancara cuma ditannya "buat paspor mau kemana?", saya jawab "mau jalan-jalan ke negara A". Udah gitu aja, gak ada lagi pertanyaan lain.

Nah setelah beres wawancara, lalu tinggal bayar ke depan di mobil online. Biaya pembuatan paspor biasa 355.000, lumayan lah. Di Bekasi belum bisa buat e-paspor ya jadi hanya paspor biasa saja. Kalau mau upgrade e-paspor harus ke Jakarta ke kantor Imigrasi kelas I. Setelah bayar, paspor akan diambil maksimal 5 hari, jadi harus ke kantor imigrasi lagi minggu depan dan gak bisa satu hari jadi. Itulah pengalaman saya membuat paspor di Bekasi, jadi bagi yang mau buat paspor baca dulu persyaratannya agar disiapkan dari rumah dengan baik.

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search