Latihan Soal High Order Thinking Geografi Materi Teori Tata Surya - Guru Geografi
News Update
Loading...

Sabtu, November 24

Latihan Soal High Order Thinking Geografi Materi Teori Tata Surya

Halo teman-teman, kali ini saya akan coba lagi untuk memberikan contoh soal high order thinking geografi materi teori terbentuknya tata surya.

Tata surya adalah sistem planet yang terdiri dari 1 matahari dan 9 planet. Ada beberapa teori yang menyatakan bagaimana tata surya ini bisa terbentuk.

1. Pada teori nebula, Immanuel Kant menyatakan bahwa tata surya terbentuk dari kabut gas yang lama kelamaan menjadi gumpalan gas yang mengeras. Hal ini disebabkan oleh ....
a. massa inti bumi yang seimbang
b. perputaran kabut gas yang melambat
c. perputaran kabut gas yang cepat
d. ledakan yang disebabkan oleh rekasi inti
e. gerakan matahari
Kabut nebula di alam semesta
Jawaban yang benar adalah C.
Teori nebula menyatakan tata surya dimulai saat nebula (awan antar bintang) yang tersusun dari sekitar 75% hidrogen dan helium 25 % dan unsur lainnya terbentuk dalam suatu daerah konsentrasi di salah satu sudut alam semesta.

Sama halnya seperti gumpalan yang terus berkembang, peningkatan gravitasi akan diubah menjadi energi kinetik dan partikel-partikel akan bergerak semakin cepat yang berbenturan satu sama lain menghasilkan panas.

Akhirnya satu cluster nebula mendominasi dan ketika mencapai suhu 10 juta kelvin maka reaksi fisi nuklir terjadi dan melahirkan sebuah bintang.

Selama proto-bintang (matahari) tumbuh, gas di nebula yang sudah terbentuk membentuk cakram spiral dan bergerak lebih cepat di sekitar pusat.

Akhirnya unsur-unsur di pinggiran cakram mulai membentuk bentukan awal plantet (globules) yang komposisinya tergantung dari jarka mereka dari pusat. Pada jarak lebih kecil dimana suhu lebih tinggi, globules membentuk elemen berat sementara pada jarak yang lebih besar akan membentuk es, metana dan amonia.

Globules ini bertabrakan satu sama lain dan membentuk sebuah bola yang disebut akresi. Tubuh yang lebih besar dinamakan planetesimal. Gambar: disini

Baca juga: Contoh prediksi UNBK Geografi

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close