Latihan Soal Geografi High Order Thinking Perairan Laut - Guru Geografi
News Update
Loading...

Senin, November 26

Latihan Soal Geografi High Order Thinking Perairan Laut

Halo teman-teman kali ini saya akan coba lagi berikan contoh soal latihan geografi high order thinking materi perairan laut. 

Silahkan berlatih sebanyak mungkin supaya lebih jago nanti pada saat UN.

1. Perbedaan antara laut ingresi dan laut regresi didasarkan pada ....
A. letaknya
B. kadar garamnya
C. arus lautnya
D. angin yang bertiup di atasnya
E. proses terbentuknya
Latihan Soal Geografi High Order Thinking Perairan Laut
Laut Tengah

Jawabannya adalah E.
Laut merupakan perairan asin yang luas di permukaan bumi. Ada beberapa klasifikasi laut yaitu menurut proses terbentuknya dan lokasi lautnya. Menurut proses terbentuknya laut dibagi menjadi 
1. Laut transgresi adalah laut yang terjadi karena naiknya permukaan laut sehingga daratan yang awalnya ada tenggelam oleh air. Ini disebabkan oleh mencairnya es saat zaman es akhir yaitu Plesitosen. Penyebab mencairnya es ini bisa dikarenakan oleh perubahan iklim atau mekanisme lain. Contoh laut transgresi adalah Laut Jawa dan Laut Arafuru. Kedua laut ini punya kedalaman tidak terlalu dalam yaitu hanya sampai maksimal 300 m saja.
2. Laut ingresi adalah laut yang terjadi karena penurunan dasar laut sehingga kedalaman laut semakin dalam. Penyebabnya adalah pergerakan tektonik di bawah laut. Contoh laut ingresi adalah Laut Banda.
3. Laut regresi adalah laut yang menyempit dikarenakan semakin banyaknya sedimen yang masuk ke laut. Contoh laut regresi adalah Laut Bering.

Sementara itu menurut lokasinya, laut dibedakan menjadi laut tepi, laut tengah dan laut pedalaman. Laut tepi adalah laut yang lokasinya di tepi sebuah daratan/benua, contohnya Laut Cina Selatan, Laut Andaman. 

Laut pertengahan adalah laut yang berlokasi di tengah tengah daratan/benua seperti Laut Mediterania. Laut pedalaman adalah laut yang lokasinya terisolir di tengah daratan/benua seperti Laut Hitam dan Laut Kaspia. 

Gambar: disini

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close