Ciri Masa Arkaekum, Paleozoikum, Mesozoikum, Neozoikum - Gurugeografi.id
Loading...

Ciri Masa Arkaekum, Paleozoikum, Mesozoikum, Neozoikum

- March 16, 2019
Guys kira-kira bumi kita ini udah berapa lama sih usianya?.
Menurut ahli geologi nih bumi kita ini sudah sekitar 4,6 milyar tahun usianya lho!. Lalu apa aja yang terjadi selama 4,6 milyar tahun tersebut?. Teori astronomi menyatakan bahwa alam semesta ini dipercaya berawal dari Big Bang atau ledakan besar satu titik tunggal 13,7 milyar tahun lalu. Hasil ledakan tersebut membentuk gugusan galaksi dan benda-benda langit lain hingga sistem tata surya dan bumi.

Awalnya bumi kita ini hanyalah gumpalan panas yang terus berputar membulat kemudian mendingin hingga terbentuk kenampakan fisik seperti saat ini. Jadi bumi kita itu mengalami evolusi yang kita sendiri hanya bisa melihatnya dari sisa-sisa fosil aja. Menurut ahli geologi sejarah, bumi mengalami empat perkembangan masa yaitu Arkaekum, Paleozoikum, Mesozoikum dan Neozoikum.

a. Masa Arkaekum
Masa arkaekum adalah masa tertua guys dan diperkirakan terjadi 2,5 milyar tahun lalu. Pada masa ini keadaan bumi masih labil alias galau dan kerak bumi masih dalam pembentukan, jadi gak ada pulau-pulau dan daratan ya guys. Di masa ini belum ada tanda-tanda kehidupan juga karena suhu bumi masih panas banget dan gak bisa mahluk hidup untuk tinggal.

b. Masa Paleozoikum
Masa paleozoikum berlangsung 500-450 juta tahun lalu dimana pada masa ini kondisi bumi udah mulai stabil, suhunya mulai dingin dan tanda-tanda kehidupan awal alias primitif sudah ada. Mahluk yang muncul adalah mahluk bersel satu atau mikroorganisme.

Setelah mikroorganisme muncul lalu ada hewan tipe ikan tak berahang yaitu trilobit, amphibi dan beberapa ganggang. Masa ini disebut juga sebagai zaman primer atau kehidupan awal. 
Ciri Masa Arkaekum, Paleozoikum, Mesozoikum, Neozoikum
Fosil trilobit
c. Masa Paleozoikum
Masa paleozoikum disebut juga zaman sekunder atau kehidupan kedua dan diperkirakan berlangsung 245-65 juta tahun lalu. Di masa ini bumi udah jauh makin stabil guys. Hewan-hewan bertubuh besar mulai hadir seperti dinosaurus, mammoth dan harimau purba. Menjelang berakhirnya masa ini, muncul berbagai jenis burung dan mamalia.

Masa mesozikum sering juga disebut zaman reptil. Dinosaurus menguasai hampir sepanjang masa ini namun kemudian punah mendadak alias massal  65 juta tahun lalu. Katanya siah karena adanya tabrakan meteorit raksasa di wilayah Meksiko. Pada akhir masa ini mamalia mulai muncul beragam.

d. Masa Neozoikum
Masa ini hewan berkuran besar alias jumbo mulai jauh berkurang. Neozoikum dibagi menjadi zaman tersier dan kuarter. Zaman tersier berlangsung sekitar 60 juta tahun lalu dengan dicirikan oleh kehadiran jenis primata seperti kera. Zaman kuarter dibagi menjadi kala plesitosesn dan holosen. Kala pleistosen diperkirakan sebagai awal mulai manusia purba muncul sementara kala holosen adalah masa dimana manusia modern atau homo sapiens mulai berkembang hingga saat ini. Jadi kita sekarang hidup di masa holosen ya guys. Gambar: disini

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search

close