Contoh Soal Latihan SKB Geografi 2020 Part 1 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Rabu, Maret 25

Contoh Soal Latihan SKB Geografi 2020 Part 1

Halo teman-teman pejuang CPNS yang sudah berhasil lulus SKB saya ucapkan selamat. Perjuangan masih terus berlanjut kawan dan kamu harus terus mengasah diri berlatih soal demi mendapatkan NIP. Kali ini saya akan share contoh soal SKB mapel geografi yang saya dapat saat PPG.

Mudah-mudahan soalnya memiliki pola yang sama dengan soal yang saya bagikan ini. Untuk kunci jawaban silahkan diskusikan dulu ya. Saya belum dapat soalnya. Jangan lupa share ke teman-teman lain.
Soal SKB Geografi CPNS Level HOTS
A. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan memilih salah satu jawaban yang menurut anda paling benar.

1.    Langkah-langkah penelitian geografi tentang dampak industri tekstil terhadap kualitas air sungai adalah ...
A.    Pembuatan peta lokasi sampel, pengambilan sampel di atas, dekat, di bawah outlet pembuangan limbah, analisis laboratorium, analisis data
B.    Penentuan lokasi sampel, pengambilan sampel, analisis data sekunder, analisis data tanah, kompilasi data
C.    Analisis citra, pembuatan peta lokasi sampel, pengambilan sampel, analisis geologi, kompilasi data
D.    Pengambilan sampel, analisis data sekunder, analisis data iklim, analisis laboratori- um, analisis data
E.    Pembuatan peta wilayah, penentuan lokasi sampel, pengambilan sampel di 3 titik setelah outlet limbah, analisis laboratorium, analisis data


2.    Pada daerah terpencil dengan segala keterbatasan, guru dalam mengajarkan pemahaman geosfer dan konsep geografi sebaiknya menggunakan media ...
A.    Gambar
B.    Poster
C.    Lingkungan
D.    Foto
E.    Film pendek


3.    Untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi kopi perlu diperhatikan persyaratan hidup untuk tanaman kopi, yaitu ...
A.    Dataran rendah dan tinggi, musim kemarau tegas, suhu stabil
B.    Dataran rendah, curah hujan tinggi, cukup sinar matahari
C.    Lokasi lereng gunung, curah hujan tinggi, suhu udara tinggi
D.    Daerah ketinggian, curah hujan cukup, solum tanah tebal
E.    Daerah ketinggian, suhu selalu rendah, curah hujan rendah


4.    Apabila guru mengajar di daerah kawasan pertambangan yang banyak menghasilkan kerusakan lingkungan, maka materi pembelajaran yang relevan dengan situasi daerah dan solusi kelestarian adalah ...
A.    Potensi tambang di Indonesia
B.    Barang tambang sebagai sumber devisa
C.    Pembangunan berkelanjutan
D.    Penelitian geografi
E.    Reklamasi lahan


5.    Tanah sebagai faktor alam yang mendukung kehidupan tumbuh-tumbuhan di atasnya melalui sifat kesuburan tanah yang terdiri dari unsur-unsur ...
A.    Magnesium, karbon, Oksigen
B.    Nitrogen, Hidrogen, Oksigen
C.    Nitrogen, Posfor, Kalium

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan memilih salah satu jawaban yang menurut anda paling benar.
1.    Langkah-langkah penelitian geografi tentang dampak industri tekstil terhadap kualitas air sungai adalah ...
A.    Pembuatan peta lokasi sampel, pengambilan sampel di atas, dekat, di bawah outlet pembuangan limbah, analisis laboratorium, analisis data
B.    Penentuan lokasi sampel, pengambilan sampel, analisis data sekunder, analisis data tanah, kompilasi data
C.    Analisis citra, pembuatan peta lokasi sampel, pengambilan sampel, analisis geologi, kompilasi data
D.    Pengambilan sampel, analisis data sekunder, analisis data iklim, analisis laboratori- um, analisis data
E.    Pembuatan peta wilayah, penentuan lokasi sampel, pengambilan sampel di 3 titik setelah outlet limbah, analisis laboratorium, analisis data


2.    Pada daerah terpencil dengan segala keterbatasan, guru dalam mengajarkan pemahaman geosfer dan konsep geografi sebaiknya menggunakan media ...
A.    Gambar
B.    Poster
C.    Lingkungan
D.    Foto
E.    Film pendek


3.    Untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi kopi perlu diperhatikan persyaratan hidup untuk tanaman kopi, yaitu ...
A.    Dataran rendah dan tinggi, musim kemarau tegas, suhu stabil
B.    Dataran rendah, curah hujan tinggi, cukup sinar matahari
C.    Lokasi lereng gunung, curah hujan tinggi, suhu udara tinggi
D.    Daerah ketinggian, curah hujan cukup, solum tanah tebal
E.    Daerah ketinggian, suhu selalu rendah, curah hujan rendah


4.    Apabila guru mengajar di daerah kawasan pertambangan yang banyak menghasilkan kerusakan lingkungan, maka materi pembelajaran yang relevan dengan situasi daerah dan solusi kelestarian adalah ...
A.    Potensi tambang di Indonesia
B.    Barang tambang sebagai sumber devisa
C.    Pembangunan berkelanjutan
D.    Hidrogen, Oksigen, Calsium
E.    Calsium, Boron, Argon


6.    Konservasi tanah dan air yang cocok diterapkan di wilayah perkotaan adalah dengan cara ...
A.    Normalisasi sungai dan pengaturan bantaran
B.    Pembuatan danau dan sumur resapan
C.    Pengaturan bantaran sungai dan pembuatan biopori
D.    Pembuatan sumur resapan dan biopori
E.    Pembuatan danau dan taman kota


7.    Kondisi nonfisik yang dapat mendukung perkembangan desa adalah ...
A.    Ikatan keluarga inti sangat kuat
B.    Angka partisipasi pendidikan yang rendah
C.    Mata pencaharian masyarakat mayoritas sebagai petani
D.    Aturan adat lebih mengikat dibanding aturan formal
E.    Sifat gesellschafts pada penduduk desa


8.    Konsep geografi yang paling tepat untuk membahas negara maju dan negara berkem- bang adalah ...
A.    Aglomerasi
B.    Pewilayahan
C.    Interdependensi
D.    Perbedaan wilayah
E.    Persamaan wilayah


9.    Pengenalan potensi wilayah Indonesia yang luas dan beragam dan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air, maka media pembelajaran yang efektif perlu dirancang berupa ...
A.    Peta
B.    Gambar
C.    Film
D.    Animasi
E.    Game


10.    Pembelajaran geografi akan menjadi bermakna bagi peserta didik apabila ….
A.    Metode dan media bervariasi
B.    Bermanfaat dan dapat diamati
C.    Tujuan jelas dan kongkrit
D.    Menarik dan beraneka variasi
E.    Sistematis dan siswa aktif


11.    Pada umumnya kawasan yang air tanah dangkalnya paling sering mengalami pencema- ran bakteri coli adalah ...
A.    Permukiman padat penduduk
B.    Permukiman di perdesaan
C.    Kawasan pusat industri
D.    Kawasan pusat perdagangan
E.    Perkotaan padat penduduk


12.    Materi manakah yang paling tepat untuk menumbuhkembangkan rasa cinta tanah air ...
A.    Interaksi desa-kota
B.    Indonesia sebagai negara maritim
C.    Negara maju dan berkembang
D.    Keragaman flora dan fauna
E.    Letak geologi Indonesia


13.    Waduk Gajahmungkur di Kabupaten Wonogiri Propinsi Jawa Tengah sangat penting peranannya karena memiliki multi fungsi, tetapi saat ini terjadi degradasi lingkungan akibat tingginya aktivitas penduduk, sehingga di beberapa titik warna air menjadi ke- coklatan, sebagai akibat ...
A.    Pencemaran sampah sebagai akibat adanya kegiatan pariwisata
B.    Pencemaran minyak akibat beroperasinya perahu-perahu motor
C.    Besarnya sedimentasi akibat kerusakan kawasan hulu DAS
D.    Pendangkalan waduk sebagai akibat pemanfaatan air untuk irigasi
E.    Penyuburan perairan akibat banyaknya budidaya ikan keramba


14.    Dalam penelitian geografi tentang potensi air waduk untuk irigasi pada suatu daerah diperlukan langkah-langkah ...
A.    Survey lapangan tentang waduk, analisis data iklim, analisis data tanah, kompilasi data
B.    Analisis citra kondisi hulu dan hilir, survey dan pengukuran waduk, analisis data iklim, kompilasi data
C.    Interpretasi citra IKONOS, Survey dan pengukuran waduk, analisis data geologi,- kompilasi data
D.    Analisis citra karakteristik DAS, survey dan pengukuran waduk, analisis tanah di
C.    Bayangan, situs, rona
D.    Pola, asosiasi, tekstur
E.    Bentuk, Pola, asosiasi


16.    Pembelajaran SIG dipergunakan sebagai media untuk melatih siswa melakukan analisis ...
A.    Data alam dan overlay peta
B.    Wilayah dan pewilayahan
C.    Obyek dan sebaran peta suatu wilayah
D.    Spatial dan atribut suatu obyek
E.    Potensi dan masalah di suatu wilayah


17.    Permasalahan utama pembelajaran geografi dalam mengaplikasikan kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik untuk memahami fakta melalui pengamatan di lapangan adalah ….
A.    Lingkungan beragam dan guru terbatas
B.    Waktu terbatas dan jumlah siswa banyak
C.    Fakta sangat banyak dan kemampuan siswa beragam
D.    Media terbatas dan sumber belajar beragam
E.    Dana terbatas dan permukaan bumi luas


18.    Pada materi pembangunan berkelanjutan, penilaian sikap peduli lingkungan harus ter- integrasi dengan penguasaan materi, teknik penilaian sikap dapat dilakukan melalui ...
A.    Partisipasi
B.    Observasi
C.    Deskripsi diri
D.    Penilaian diri
E.    Komunikasi


19.    Guru membawa siswa meng- amati sungai yang sangat ter- cemar oleh sampah, di sekitar sungai tersebut terdapat pasar dan permukiman kumuh. Kon- sep geografi apa yang akan di- pahami oleh siswa sehubungan dengan fenomena di tersebut ...
A.    Relationship
B.    Relasi
C.    Interkoneksi
E. Analisis citra IKONOS, analisis data sekunder tentang waduk, analisis data iklim, kompilasi data
D.    Interdepensi
E.    Implikasi
 

20.    Penduduk yang tinggal di lereng atas vulkan biasanya memanfaatkan mata air untuk
keperluan sehari-hari meskipun kadang-kadang lokasinya jauh dari rumah tinggal mer- eka, karena ...
A.    Sulit mendapatkan air tanah di lereng atas vulkan
B.    Di daerah lereng atas vulkan banyak terdapat mata air
C.    Penduduk lebih mudah mengambil air dari mata air
D.    Sudah merupakan kebiasaan hidup penduduk
E.    Di daerah lereng atas vulkan tidak terdapat sumur gali


22.    Kondisi iklim sangat berkaitan dengan syarat hidup tanaman; Hubungan tanaman budi- daya dengan kondisi iklim adalah ...
A.    Durian sangat cocok hidup di daerah bercurah hujan tinggi
B.    Teh sangat bagus ditanam di daerah bercurah hujan tinggi
C.    Tebu berproduksi tinggi pada daerah bercurah hujan tinggi
D.    Kopi berkembang dengan baik di daerah bersuhu rendah
E.    Tembakau berproduksi optimal pada daerah yang bersuhu tinggi


23.    Banjir bandang terjadi secara tiba-tiba karena rusaknya daerah hulu sebagai daerah re- sapan air, mengakibatkan air limpasan menjadi besar pada saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi pada daerah hulu sungai. Kalimat tersebut menunjukkan hubungan an- tarkomponen geografi berupa ...
A.    Tata guna lahan, penyempitan sungai, air limpasan
B.    Penebangan liar, permukiman pinggir sungai, volume air
C.    Air limpasan, morfometri sungai, intensitas hujan
D.    Besaran air, bentuk DAS, penghanyutan material
E.    Curah hujan, kawasan DAS, penggunaan lahan


24.    Kegiatan yang dapat dipergunakan untuk mengetahui kecermatan siswa dalam melaku- kan observasi adalah ...
A.    Penugasan membuat laporan
B.    Melakukan penilaian unjuk kerja
C.    Membuat lembar kerja
D.    Pelaporan portofolio
E.    Penilaian melalui test


25.    Kebijakan “pengelolaan pesisir berbasis masyarakat” bertujuan untuk pelestarian lingkungan pesisir dengan cara melibatkan masyarakat sekitar ...
A.    Diajak berpartisipasi
B.    Mencegah perusakan
C.    Ikut menjaga kelestarian
D.    Sebagai pelaku utama
E.    Sebagai partner kegiatan


Next>>>Soal SKB No 26-55

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close