Cara Membeli Rumah Tanpa KPR di Era Milenial

Memiliki rumah adalah idaman semua keluarga Indonesia dan dunia tentunya. Rumah merupakan kebutuhan utama alias primer sehingga kita layak memperjuangkannya. Setuju kan?

Akan tetapi mirisnya saat ini harga rumah semakin meroket tajam. Hitungan kasarnya harga rumah di sekitaran Jabodetabek saja sudah 450 jutaan ke atas untuk yang non subsidi.

Kondisi tersebut memang membuat kening kita mengkerut dan bisa jadi kita jadi juragan kontrakan seumur hidup. Kalau dipikir-pikir jaman dahulu orang tua kita tanahnya luas, rumahnya lega, gak ada KPR riba dan lainnya. Jaman sekarang semua berubah cepat dan generasi milenial terancam tidak punya rumah jika tidak ada solusi cerdas mengatasinya.

Dahulu saja tahun 2000an, saya memiliki rumah di kota Tasikmalaya dan dijual dengan harga 90 juta saja, tipe 45 dan sudah bertingkat, murah banget kan?. Sekarang saya cek rumah tersebut dijual lagi oleh pemiliknya seharga 450 juta, berapa persen tuh kenaikannya dalam 20 tahun saja?.

Lalu pertanyaan klasiknya bisakan gaji kamu kuat untuk membeli rumah secara cash?. Saya yakin tidak dan seorang manajer yang gajinya 20 jutaan pun pastinya banyak yang memilih kredit karena pun kalau menabung, setiap tahun kenaikan harga rumah selalu tajam.

Penyebab utama dari melambungnya harga rumah adalah dimulai dari ledakan penduduk, iya jika kamu makin banyak anak maka populasi manusia bertambah dan nanti ketika dewasa kebutuhan rumah juga bertambah. Manusia juga teraglomerasi di Jawa dan kota-kota tertentu saja.

Disinilah muncul permintaan dan penawaran, semakin tinggi permintaan maka harga juga akan terkoreksi. Belum lagi kurs dollar, makelar tanah, harga bahan bangunan dan lainnya.
Beli rumah tanpa kpr bukan mustahil
Cicilan rumah sekarang yang subsidi saja sudah 1 jutaan lebih dengan tenor 10 tahun, coba bayangkan 10 tahun, 20 tahun kedepan sudah segimana harga rumah. Apakah anak-anak anda di masa depan bisa memiliki rumah pribadi?. Dunia memang serasa semakin suram dan faktanya memang demikian di era yang semakin kapitalis ini.

Lalu bisakah kita membeli rumah secara cash?. Secara prinsip bisa, ada beberapa cara yang bisa dilakukan berdasarkan riset dan pengalaman saya. Berikut deskripsi singkatnya.

1. Warisan
Ya, tidak usah malu terkait warisan. Salah satu cara membeli rumah cash adalah dengan mengandalkan uang warisan keluarga. Jika anda punya orang tua kaya dan mendapatkan warisan, maka sah-sah saja uang tersebut dibelikan rumah, daripada semakin naik di tahun depan. Nantinya rumah tersebut bisa diputar buat usaha.

2. Jadi Youtuber
Nah kenapa saya masukan youtuber sebagai salah satu profesi yang bisa mendapatkan uang cash besar?. Coba jika anda jadi youtuber terkenal dengan subscriber jutaan misalnya, pasti uang akan mengalir deras setiap bulannya. Puluhan hingga ratusan juta bisa anda kantongi per bulan, namun tentunya perlu kerja keras karena gak semua youtuber sukses. Jadi youtuber bisa menghasilkan uang cash banyak dengan cepat dan anda mungkin bisa membeli rumah tanpa kredit nantinya.

3. Bisnis
Bisnis atau usaha tertentu bisa memiliki profit yang besar jika dikelola dengan baik. Jika anda punya follower IG, FB atau jago digital marketing maka sudah pasti menjadi ladang usaha yang baik. Anda bisa cepat mendapatkan uang dari hasil usaha tersebut yang bisa bisa ditabung dalam 1-2 tahun lalu dibelikan rumah secara cash di tahun ketiga, keempat atau kelima. Catatan juga bahwa mengumpulkan follower atau data list customer adalah kunci utama untuk mendapatkan profit besar.

4. Jadi Artis
Nah jika kamu mau beli rumah cash maka jadi artis juga bisa menjadi salah satu pilihan karir. Kamu tentu harus punya kemampuan menyanyi atau acting misalnya untuk menjadi seorang artis. Bayaran artis atau penyanyi kalau udah terkenal pastinya gede dan dalam setahun pun kamu pasti bisa nabung buat beli rumah secara cash.

Itulah beberapa cara mendapatkan uang cash besar sehingga bisa beli rumah tanpa kredit alias nyicil. Selamat berjuang mendapatkan rumah impian anda, jangan menyerah dan tetap semangat memberikan yang terbaik bagi keluarga.