Membuat Maket Geosfer Sungai Dari Kardus Bekas

Halo teman-teman kali ini saya akan share salah satu contoh kegiatan belajar geografi berbasis praktik yang murah dan bisa diterapkan di kelas. Jika kita belajar geografi di kelas hanya menggunakan media elektronik saja tentu akan bosan bukan?.

Salah satu cara mengusir kebosanan tersebut adalah dengan melakukan praktik keterampilan contohnya membuat kenampakan geosfer dengan bahan kardus bekas. Media ini saya presentasikan pada. Lomba Kreatifitas Ilmiah Guru 2013 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dan alhamdulillah berhasil meraih juara 3.

Banyak sekali barang-barang bekas di sekitar kita yang sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk membuat media pembelajaran alternatif di kelas. Media ini saya buat sendiri di rumah dengan waktu kurang lebih 1 bulan. Kalau ingin dibuatkan project untuk siswa bisa juga terserah kreatifitas Bapak/Ibu. Model kenampakan alam atau sosial juga bisa disesuaikan jika punya ide lainnya.

Awal ide membuat media pembelajaran ini adalah ketika melihat kardus bekas kulkas di rumah yang tidak terpakai. Setelah melamun sebentar, akhirnya dapat inspirasi untuk membuat maket morfologi sungai dengan konsep peta topografi.

Apakah bisa morfologi lain?. Bisa saja mau ganti dengan pantai, cliff, gunung api atau lainnya, sesuaikan dengan materi ajar saja. Karena menurut saya membuat sungai agak mudah dibanding kontur lain, maka saya coba buat sungai saja dulu.

Kardus memiliki karakteristik ketebalan yang cukup besar dan bisa dibuat peta topografi. Nah, langsung saja berikut ini tutorial singkatnya:

Bahan-Bahan:
1. Kardus bekas dengan ketebalan 1 cm (biasanya kardus kulkas atau barang elektronik)
2. Gunting
3. Lem
4. Karton putih, spidol/pulpen
5. Cat warna + kuas (saya pakai cat akrilik)

Langkah Pembuatan:
Maket sungai dari kardus bekas
1. Siapkan model kenampakan alam yang ingin diciptakan, saya mencari morfologi sungai di google (minimal ada cliff, meander, slip of slope). Saya dapat Sungai Collorado di AS. Kalau mau sungai di Indonesia juga silahkan sesuaikan saja.
2. Gunting kardus untuk alas bawah,jika ingin kuat, pakai 2 lapis.
Praktik membuat morfologi sungai
3. Gambarlah peta topografi sungai tersebut dengan garis kontur. (Ini membutuhkan sedikit imajinasi), karena anda harus membangun kemiringan lereng dari lantai dasar hingga atas.
4. Setelah itu buatlah pola bidang topografi seperti puzzle, setelah itu gunting. (mengguntingnya lumayan cape lho!tau kan kardus tebalnya kaya gimana dan paling lama pengerjaannya)
Menyusun kontur sungai
5. Setelah puzzle digunting, beri lem dan susun dari tingkatan paling bawah.
Hasil akhir
6. Terakhir beri warna dengan cat akrilik, perbedaan warna tebing bisa mengilustrasikan perbedaan umur dan jenis batuan.

Sekian tutorial membuat morfologi sungai dari kardus bekas, semoga bermanfaat. Silahkan share jika berkenan. Untuk kegiatan belajar saya yakin bapak ibu bisa dikembangkan mulai dari diskusi, analisa morfologi, bencana dan lainnya. Bisa dicoba untuk kegiatan siswa per kelompok (project).

Penulis: Agnas Setiawan, Guru Geografi