News Update
Loading...

Senin, Maret 22

Pembahasan Kunci Jawaban KSK Kebumian 2020 No 11-15

Oke gan kita lanjut lagi yauntuk membahas kunci jawaban soal KSK Kebumian nomor 11-15. Pastikan untuk pantengin postingan di blog ini. 

Soal nomor 11-15 masih seputar topik meteorologi dan klimatologi. Jangan lupa banyak mencari literasi mata kuliah topik tersebut di internet karena kalau cuma di buku pelajaran sekolah materinya dangkal.
 
11. Seorang pengamat meteorologi akan mengenali angin geostropik pada peta cuaca/sinoptik karena angin geostropik memiliki ciri ...
a. tegak lurus isobar
b. sejajar isobar
c. membentuk sudut 30⁰ terhadap isobar
d. membentuk sudut 45⁰ terhadap isobar
e. membentuk sudut 60⁰ terhadap isobar

Kunci
Angin geostropik dihasilkan dari keseimbangan yang tepat antara gaya Coriolis dan gaya gradien tekanan. Kondisi ini disebut keseimbangan geostropik . Angin geostropik diarahkan sejajar dengan isobar (garis tekanan konstan pada ketinggian tertentu). 

Pada saat gaya gradien tekanan setimbang dengan gaya coriolis maka resultan yang terbentuk adalah vektor angin yang tegak lurus terhadap kedua gaya tersebut. Hasilnya adalah angin geostropik yang mengalir sejajar garis isobar tersebut.

Jika aliran angin geostopik berada dekat permukaan bumi maka ada gaya friksi yang masih memengaruhi arah alirannya. Pada ketinggian di atas 2 kilometer friksi dapat diabaikan sehingga yang berperan hanya gradien tekanan dan gaya coriolis saja.
Pergerakan angin geostropik
12. Daerah yang tidak mungkin terbentuk kesetimbangan geostropik adalah ...
a. kutub
b. lintang tinggi
c. lintang menengah
d. ekuator
e. lintang 23,5⁰
 
Kunci
Aliran Geostropik merupakan aproksimasi untuk observasi angin di atmosfer bebas, kecuali disekitar ekuator dimana gaya coriolis mendekati nilai nol/zero. Gaya coriolis makin besar jika menuju ke lintang tempat yang lebih tinggi, sebaliknya gaya coriolis makin kecil jika lintang tempat makin rendah. Di ekuator (F = 0), gaya coriolis menuju 0 sehingga tidak mungkin terbentuk kesetimbangan geostropik.
 
13. Gaya sentrifugal paling besar di permukaan bumi ada di ...
a. lintang tinggi
b. ekuator
c. kutub
d. lintang tengah
e. lintang rendah

Kunci
Rotasi bumi menghasilkan gaya sentrifugal salah satunya. Gaya sentrifugal adalah suatu gerak melingkar menjauhi pusat putaran. Semakin besar jari-jari benda, semakin besar pula gaya sentrifugal. Gaya sentrifugal ini mengakibatkan bumi pepat pada bagian kutub. Garis tengah bumi di kutub lebih kecil dibanding garis tengah bumi di khatulistiwa.
 
Di khatulistiwa gaya sentrifugal ini paling besar sementara semakin menjauhi katulistiwa gaya sentrifugal semakin mengecil. Kan jari-jari khatulistiwa lebih besar daripada daerah lainnya.

14. Di belahan bumi selatan, gaya Coriolis membelokan angin ke arah ...
a. kanan
b. barat
c. kiri
d. timur
e. utara

Kunci
Gaya coriolis, yaitu gaya yang membelokkan arah arus yang berasal dari tenaga rotasi bumi. Pembelokan itu akan mengarah ke kanan di belahan bumi utara dan mengarah ke kiri di belahan bumi selatan. 
 
Gaya ini mengakibatkan adanya aliran gyre yang searah jarum jam (ke kanan) pada belahan bumi utara dan berlawanan dengan arah jarum jam di belahan bumi selatan. Jika tidak ada gaya coriolis maka angin akan bergerak lurus dari kutub ke ekuator dan tidak akan terbentuk sistem angin yang kompleks seperti sekarang.
Efek pembelokan angin karena gaya Coriolis

15. Perbandingan ukuran antara butir awan dan inti kondensasi adalah ...
a. 1:100
b. 1:80
c. 1:60
d. 1:40
e. 1:20
 
Kunci
Inti kondensasi adalah berupa kristal-kristal garam yang ukurannya antara 0,1 dan 1 mikron. Perbandingan antara inti kondensasi, butir air hujan dan awan ada di bawah ini. Dapat dari situs luar negeri. Jawabannya 1:100..lihat translate power point di bawah ini.
Perbandingan inti kondensasi dan awan

Perbandingan butir air hujan di atmosfer

Lanjut>>>>Soal No 16-20 
 
Mau pembahasan KSN Geografi juga?. Cek di link berikut: Bahas 100 Soal KSK Geografi   
 

Bagikan postingan ini.

Give us your opinion
Buka Komentar
Tutup Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

Notification
Mau info terbaru tentang artikel blog ini?. Like fanspage guru geografi di facebook!.
Done
close