News Update
Loading...

Senin, Maret 22

Pembahasan Kunci Jawaban KSK Kebumian 2020 No 16-20

Langsung aja di postingan ini kita akan coba ulas lagi kunci jawaban soal KSK Kebumian tahun 2020. Materi nomor 16-20 ini masi terkait metklim alias meteorologi dan klimatologi.
 
Unsur-unsur dan dinamika cuaca iklim sangat kompleks dan kamu harus banyak membaca istilah-istilah dalam dunia percuacaan. 
 
 
16. Butir awan tumbuh melalui proses kondensasi serta tumbukan dan tangkapan. Proses tumbukan dan tangkapan akan bertambah kuat jika ..... dan .....
a. inti kondensasi banyak, inti sublimasi banyak
b. inti kondensasi banyak, variasi ukuran butir awan besar
c. variasi ukuran butir awan besar, inti sublimasi banyak
d. variasi ukuran butir awan besar, konsentrasi butir awan besar
e. variasi ukuran butir awan kecil, updraft besar

Kunci
Kita melihat awan di langit mungkin seperti hal biasa-biasa aja, tapi proses pembentukkan awan itu super rumit coy. Proses pembentukan awan merupakan suatu rangakaian proses yang rumit dan melibatkan proses dinamik dan proses mikrofisik.
 
Proses dinamik berhubungan dengan pergerakan parsel udara yang membentuk suatu kondisi tertentu sehingga terbentuknya awan. Ada dua teori pembentukkan butir awan hujan yaitu Teori Bergeron-Findesien dan Teori tumbukan dan penyatuan (Bowen Ludlam). Buset teori apa lagi ini?.

Kita fokus di teori tumbukan dan penyatuan ya sesuai soal. Jadi menurut teori tumbukan dan penyatuan awan, titik-titik kondensasi di awan berbeda dalam hal ukuran dan mengandung energi. Urutan prose per-awan-an adalah:

1. terjadi pergerakan dengan arah dan kecepatan berbeda
2. terjadi proses tumbukan diantara butir-butir awan
3. terjadi peleburan, sehingga butir-butir kondensasi akan bertambah besar
4. menjadi butiran air yang memiliki massa yang pada ukuran tertentu mampu melawan gaya ke atas (updraft)
5. keluar dari sistem awan lalu terjadi hujan.

Nah awan akan semakin besar dikarenakan proses tumbukan dan tangkapan semakin kuat. Hal ini terjadi jika variasi ukuran butir awan besar, konsentrasi butir awan besar.
 
17. Jenis awan dengan kandungan butir awan hanya berupa cairan adalah ...
a. awan sirus
b. awan cumulus
c. awan Alto
d. awan stratus rendah
e. awan aspirates

Kunci
Stratus (St) adalah awan yang berbentuk kabut yang berada pada ketinggian rendah. Awan stratus termasuk dalam sepuluh bentuk dasar awan atau genera, istilah stratus menunjukan pelapisan atau stratifikasi yang berbentuk lembaran atau lapisan. Awan stratus tidak tumbuh secara vertikal seperti tipe kumulus, awan ini berkembang mengikuti aliran angin yang mengakibatkan udara terkondensasi pada ketinggian rendah Awan stratus terdiri dari butir-butir air dan berada di ketinggian di bawah 2 km. Awan ini dapat berkembang menjadi nimbostratus yang akan menghasilkan hujan dan cuaca yang buruk
Awan stratus berupa cairan
18. Temperatur yang dimiliki sebuah parsel udara jika dipindahkan secara adiabatik ke tekanan referensi (biasanya 1000mb) disebut ...
a. temperatur virtual
b. temperatur potensial
c. temperatur diabatik
d. temperatur bola basah
e. temperatur titik didih

Kunci
Suhu/temperatur potensial adalah suhu kantung udara jika dipindahkan secara adiabatik ke ketinggian 1000 mb. Suhu potensial merupakan parameter penting dalam termodinamika atmosfer karena banyak proses-proses yang terjadi di atmosfer bumi mendekati pross adiabatik sehingga nilai suhu potensialnya konstan.
 
Proses adiabatik adalah yang suatu proses yang muncul tanpa perpindahan panas dan massa antara sistem dan lingkungannya. Intinya tidak ada energi yang masuk dan keluar selama proses adiabatik.

19. Gaya yang dihasilkan oleh kekasaran permukaan bumi disebut dengan gaya ....
a. gradien tekanan
b. divergen
c. sentrifugal
d. coriolis
e. gesek

Kunci
Gaya gesek adalah gaya yang memiliki arah berlawanan dengan arah gerak benda atau arah kecenderungan gerak benda. Kondisi permukaan bumi yang bervariasi akan menjadikan sebuah hambatan sehingga menghasilkan gaya gesek bagi sesuatu yang bergerak diatasnya. Gaya gesek bersifat menghambat. Contohnya pegunungan atau pepohonan akan menghambat laju angin karena gaya gesek udara dengan pegunungan dan pepohonan tadi.

20. Tekanan atmosfer pada suatu ketinggian z adalah berat kolom atmosfer diatas z. Jadi tekanan atmosfer di Bandung ....
a. = tekanan di Jakarta
b. > tekanan di Jakarta
c. < tekanan di Jakarta
d. <= tekanan di Jakarta
e. >= tekanan di Jakarta 

Kunci
Ini mah soal teoritis tentang konsep tekanan atmosfer kayaknya. Percobaan Torricelli menunjukkan bahwa untuk tempat – tempat yang lebih tinggi daripada permukaan air laut, tinggi raksa dalam tabung kurang dari 76 cm. Artinya, makin tinggi suatu tempat, makin kecil tekanan yang dilakukan udara. Penyebabnya adalah makin tinggi suatu tempat maka makin sedikit beban udara dari bagian atas yang ditanggung oleh udara di bawahnya. 
 
Udara yang berada di bawah tidak memberikan sumbangan pada tekanan di tempat itu. Tekanan udara disuatu tempat hanya ditentukan oleh udara di bagian atas tempat tersebut. Contohnya tekanan udara di Bandung lebih rendah daripada Jakarta.

Lanjut>>>Soal No 51-55 (soal oseanografi lebih mudah)
 
Soal selanjutnya: Nomor 21-25
Mau pembahasan KSN Geografi juga?. Cek di link berikut: Bahas 100 Soal KSK Geografi  

Bagikan postingan ini.

Give us your opinion
Buka Komentar
Tutup Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

Notification
Mau info terbaru tentang artikel blog ini?. Like fanspage guru geografi di facebook!.
Done
close