po Pembahasan Kunci Jawaban KSK Kebumian 2020 No 71-75 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Jumat, Maret 26

Pembahasan Kunci Jawaban KSK Kebumian 2020 No 71-75

Halo kawan-kawan kembali lagi kita akan coba berikan contoh pembahasan soal KSK Kebumian 2020 nomor 71-75.

Topik nomor 71-75 masih di seputar oseanografi dan ini merupakan 5 nomor terakhir untuk bagian oseanografi. Nomor 76-100 nanti bagian litosfer.

Langsung aja kita cek pembahasan soal tentang oseanografi berikut ini. Jangan sungkan untuk share blog ini ke teman-teman lainnya.
71. Gelombang dibangkitkan oleh angin. Angin pembangkit gelombang pada suatu daerah dengan arah dan kecepatan konstan adalah ....
a. periode angin
b. kecepatan angin
c. durasi angin
d. fetch angin
e. arah angin

Kunci
Ketinggian dan periode gelombang tergantung kepada panjang fetch pembangkitnya. Fetch adalah jarak perjalanan tempuh gelombang dari awal pembangkitannya. Fetch ini dibatasi oleh bentuk daratan yang mengelilingi laut. Semakin panjang jarak fetch nya, ketinggian gelombangnya akan semakin besar. Angin juga mempunyai pengaruh yang penting pada ketinggian gelombang. Angin yang lebih kuat akan menghasilkan gelombang yang lebih besar.
Fetch angin itu apa?
 72. Pada fenomena termoklin maka lapisan bagian atasnya merupakan lapisan ...
a. temoklin
b. dalam
c. permukaan
d. campuran
e. homogen
 
Kunci
Diatas lapisan termoklin adalah mixed zone atau zona campuran. Materi ini adalah terkait kolom air.

 73. Pernyataan berikut yang benar terkait hubungan kekuatan angin skala Beuford dengan bentuk gelombang di permukaan yang dihasilkan adalah ....
a. gentle breeze dengan wavelet besar dan puncak mulai pecah serta tinggi gelombang 0,6-1,0 meter
b. light breeze dengan wavelet kecil, puncak terlihat dan gelombang tidak pecah serta tinggi gelombang 0,3-0,5 m
c. moderate breeze dengan gelombang kecil lebih lama terlihat dengan perkiraan tinggi gelombang 1,5 meter
d. fresh breeze dengan gelombang pertengahan bentuk lama terlihat dan banyak semburan air dengan perkiraan tinggi gelombang 2,0 meter
e. moderate dengan buih putih dari gelombang pecah mulai bertiup dengan garis, kabut mulai terlihat dan diperkirakan tinggi gelombang 5,0 meter

Kunci
Jadi yang namanya Skala Beaufort itu ukuran empiris yang berkaitan dengan kecepatan angin untuk pengamatan kondisi di darat atau di laut. 
 
Skala ini ditemukan oleh Francis Beaufort pada tahun 1805. Beaufort mengukur kecepatan angin dengan menggambarkan pengaruhnya pada kecepatan kapal dan gelombang air laut. Skala Beaufort menggunakan angka dan simbol.

Logikanya adalah Semakin besar angka skala Beaufort, maka semakin kencang angin berhembus dan bahkan bisa semakin merusak. 

Ini jawabannya harus cari di tabel, kebetulan ane nemu nih..jawabannya ada di bawah

Skala beufort dan tinggi gelombang

74. Nilai temperatur air laut di perairan laut berdasarkan posisi atau letak lokasi pengukuran pada garis lintang akan berbeda. Temperatur di lokasi pengukuran pada posisi garis lintang kecil mempunyai nilai ....

a. temperatur rendah
b. temperatur tinggi
c. temperatur tidak akan ditentukan
d. temperatur sedang
e. temperatur rendah-tinggi berubah-rubah
 
Kunci
Ini sudah ada di soal sebelumnya, jadi daerah lintang kecil itu kan daerah tropis yaitu 0⁰-23,5. Daerah ini kan daerah yang pemanasannya maksimum jadi pastinya suhu akan lebih tinggi dibanding daerah lintang sedang atau tinggi. Nih lihat gambar dibawah, paham kan cara baca peta nya?.
Peta suhu lautan dunia

75. Wisatawan pantai sangat senang mandi perairan pantai. Akan tetapi pada pantai berpasir lepas sering sekali terjadi wisatawan hanyut dan tenggelam ke perairan dalam sehingga sulit ditemukan. Wisatawan tersebut terseret oleh adanya ....
a. longshore current
b. rip current
c. undertoe current
d. see current
e. tidal current
 
Kunci 
Ini sering muncul di berita-berita dan banyak wisatawan tidak memahami karakteristik gelombang di pantai. Ada tidak macam arus di pantai yaitu undertow current, rip current dan longshore current. 
 
Rip current adalah arus yang tegak lurus pantai (arus balik) yang bisa bertipe lemah atau kuat. Sementara longshore current adalah arus yang arahnya sejajar garis pantai dan tidak kuat. Gambarnya di bawah.
Rip current dan longshore current
Nah arus balik ini ada dua jenis juga bro, tambah rumit juga kan?. Menurut Davis (1978), ada dua arus yang kembali ke laut, pertama, arus yang agak pelan, menyebar, dan tertekan ke dekat dasar laut, dan kedua, arus yang di dekat permukaan laut, sempit dan bergerak cepat ke arah laut. 
 
Arus yang pertama dikenal sebagai arus bawah (undertow current), sedang yang kedua dikenal sebagai arus rip (rip current). Arus rip dapat terjadi setiap waktu, mulai dari intensitas yang kecil pelan serta tidak berbahaya, sampai pada titik dimana dapat menyeret korban ke tengah laut. Terjadinya arus rip berkaitan erat dengan gelombang pecah yang dapat diakibatkan oleh kondisi gelombang tersebut, kontur batimetri laut maupun kondisi morfologi pantai. 

Nah yang sering menarik ke dalam itu adalah undertow current. Gambarnya dibawah ini.
 
Arus undertow


Promo Ebook Geografi

Bagikan postingan ini.

Give us your opinion
Buka Komentar
Tutup Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

Notification
Mau info terbaru tentang artikel blog ini?. Like fanspage guru geografi di facebook!.
Done
close