po Keuntungan dan Kerugian Pengaruh Letak Geografis Indonesia - Guru Geografi
News Update
Loading...

Minggu, Juli 25

Keuntungan dan Kerugian Pengaruh Letak Geografis Indonesia

Hai geographers, kali kita bahas seputar letak geografis Indonesia yuk!. Nah kalian tentu selama ini tinggal di Indonesia sudah paham bahwa kita adalah negara kepulauan yang besar.

Namun pastinya kalian mungkin ada yang belum paham mengenai pengaruh lokasi geografis negara kita terhadap kehidupan?. Jadi lokasi Indonesia itu strategis dilihat dari astronomis, geologis dan geografisnya. Kita bahas dahulu mengenai kondisi geografisnya.

Indonesia secara geografis adalah sebuah negara kepulauan di wilayah ekuator yang membentang dari pulau Weh di Aceh sampai pulau Liki di Papua dan dari pulau Miangas di Sulawesi Utara sampai pulau Rote di Nusa Tenggara timur.
 
Letak geografis adalah letak yang dilihat dari kenyataan atau fakta sesungguhnya di lapangan. Fakta lapangan ini bisa terlihat dari kondisi daratan dan perairan di sekitarnya.
 
Secara geografis, Indonesia berada diantara benua Asia dan Australia dan samudera Hindia dan Pasifik. Pengaruh dari letak tersebutyang positif  diantaranya sebagai berikut:
Indonesia masuk segitiga terumbu karang dunia
1. Transit Perdagangan
Karena berada di wilayah strategis, maka Indonesia menjadi jalur transit perdagangan baik darat, laut dan udara. Sejak jaman dahulu nusantara menjadi salah satu lokasi transit kapal-kapal dari benua Eropa hingga masuknya penjajahan juga diawali dari transit seperti ini.

2. Angin Muson
Sirkulasi angin muson sangat dipengaruhi oleh kondisi pemanasan di wilayah Asia, Australia, PAsifik dan Hindia. Hal ini menyebabkan terjadinya pola angin muson setiap 6 bulan sekali melewati Indonesia.  

3. Keragaman Budaya
Keragaman budaya Indonesia tidak terlepas dari adanya akulturasi budaya lokal dengan budaya luar yang masuk dari Asia atau wilayah mikronesia di Pasifik. 
 
4. Segitiga Terumbu Karang
Indonesia mejadi salah satu wilayah segitiga terumbu karang dunia karena lokasinya yang berada di wilayah perairan hangat yang menjadi tempat terbaik terumbu karang untuk tumbuh.

5. ARLINDO
Arus Lintas Indonesia melintasi perairan Indonesia dan membawa banyak ikan-ikan yang sangat menguntungkan nelayan. Arus Arlindo terbentuk karena perbedaan tinggi muka air laut di Pasifik dan Hindia.

Itulah beberapa dampak yang ditimbulkan dari lokasi geografis Indonesia yang berada di jalur silang dunia. Lalu apa saja kerugian dari lokasi geografis Indonesia?.

Karena lokasi yang strategis ini, Indonesia sering dimanfaatkan pihak-pihak tertentu dari luar dan dalam untuk melakukan kegiatan-kegiatan seperti perdagangan narkoba, pencurian ikan oleh nelayan asing, human trafficking, penyelundupan imigran hingga ancaman penyebaran terorisme.

Bentuk negara Indonesia yang kepulauan juga membuat pembangunan lebih sulit merata dan lebih terkonsentrasi di wilayah-wilayah tertentu yang dianggap menguntungkan. 

Gambar: https://ars.els-cdn.com

Bagikan postingan ini.

Give us your opinion
Buka Komentar
Tutup Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

Notification
Mau info terbaru tentang artikel blog ini?. Like fanspage guru geografi di facebook!.
Done
close