Kapan Waktu Terbaik ke Terasering Panyaweuyan Argapura? - Guru Geografi
News Update
Loading...

Senin, Desember 6

Kapan Waktu Terbaik ke Terasering Panyaweuyan Argapura?


Provinsi Jawa Barat dianugerahi kenampakan fisiografis yang menawan dan salah satunya adalah lembah Terasering Panyaweuyan yang terletak di Kecamatan Argapura Kabupaten Majalengka.

Beberapa tahun ini Terasering Panyaweuyan menjadi salah satu lokasi wisata yang fenomenal sehingga akhirnya dikembangkan menjadi wisata andalan Kabupaten Majalengka. 

Beberapa spot wisata sekarang ini sudah banyak dibangun untuk mendukung program ini. Jalan juga sudah mulus hanya saja masih sempit, perlu hati-hati untuk mencapai ke atas.

Pemandangan lembah perbukitan tanaman bawang dengan teras-teras yang berbaris rapi menjadi suatu kenikmatan tersendiri. Nah pertanyaannya adalah kapan sih waktu terbaik untuk melihat hijaunya Terasering Panyaweuyan?.

Berdasarkan pengalaman dan wawancara dengan petani setempat, waktu yang tepat untuk melihat pemandangan Panyaweuyan yang hijau adalah di pertengahan Desember.

Ini dikarenakan di November, para petani sudah mulai menggarap lahan dan menanam bawang. Jadi dari pertenghan Desember sampai sekitar Februari adalah waktu terbaik.

Jangan sampai anda hanya mendapatkan pemandangan tanah-tanah cokelat jika berkunjung ke Panyaweuyan selain bulan tersebut. Jadi pemandangan hijau Terasering Panyaweuyan dipengaruhi oleh waktu tanam petani setempat.

Lembah Terasering Panyaweuyan berada di kaki gunung Ciremai sebelah barat daya. Suhu udara disini sana sejuk dan anda akan disuguhi pemandangan perbukitan hijau menawan dan sangat cocok untuk melepas penat.

Tapi ingat ya bagi wisatawan untuk tetap menjaga kebersihan, jangan tinggalkan sampah di sana. Kebersihan adalah tanggung jawab kita bersama. Jangan sampai citra wisata Indonesia tercoreng karena ulah kita sendiri.

Anda bisa juga membeli bawang di sini langsung ke petani, dijamin harganya gak mahal karena langsung ke produsennya.

Di sekitar Lembah Panyaweuyan juga terdapat beberapa objek wisata alam lain seperti Curug Ibun Pelangi, Bukit Sayangkaak dan Curug Maja.

Bagi yang suka air, ada satu wisata lagi yang sangat wonderful di Majalengka yaitu Situ Cipanten, silahkan cek artikelnya di link berikut: Eksotis Situ Cipanten
Baca Juga

Share with your friends

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close