Eksotisme Biru Situ Cipanten Majalengka - Guru Geografi
News Update
Loading...

Senin, Januari 3

Eksotisme Biru Situ Cipanten Majalengka

Bicara tentang wisata air maka Majalengka ada surga bagi para penikmat wisata air tawar alami. Saya akan ulas mengenai Situ Cipanten.

Majalengka dijuluki sebagai kota 1001 telaga karena lokasi geografisnya yang berada di kaki Gunung Ciremai membuat banyak situ atau danau alami terbentuk.

Situ Cipanten kini menjadi salah satu destinasi andalan wisata alam di Majengka.

Situ yang berasal dari mata air gunung Ciremai ini berlokasi di Gunung Kuning Kecamatan Sindang.

Lokasi Situ Cipanten dapat diakses dari kota Majalengka sejauh kurang lebih 10 km. Jalanan sudah mulus meskipun konturnya naik berkelok karena topografi pegunungan.

Untuk karcis masuk 10.000 rupiah per orang dewasa dan parkir motor 5.000, mobil 10.000. Murah gak nguras kantong banget.

Objek wisata alam Situ Cipanten menyuguhkan pemandangan air biru yang terpantulkan dari bebatuan vulkanik di dasar danau.

Subhanallah memang air itu adalah anugerah Allah buat kehidupan mahluk-mahluk di bumi. 

Danau tawar alami Situ Cipanten ini dikelilingi hutan tropis yang menjadi daerah resapan air dari puncak gunung. Suasana segar, alami, eksotik sangat terasa.

Untuk mendapat view biru maksimal disarankan datang bulan Desember-Januari. Pengalaman saya sih bulan tersebut adalah best nya. 

Apa saja yang bisa dilakukan di Situ Cipanten?. Kalian bisa berenang dengan ikan-ikan, naik perahu gowes, makan botram dan lainnya.

Situ Cipanten ini memiliki luas sekitar 1 ha dengan kedalaman antara 1-3 meter, jadi bagi yang belum bisa berenang harap untuk meyewa pelampung untuk keamanan.

Fasilitas penunjang sudah sangat baik dan terus ditambah dari Dinas Pariwisata untuk meningkatkan daya tarik wisatawan.

Ada rumah makan, WC, mesjid, penyewaan pelampung dan lainnya. Saya sih senang makan sate kambing dan empal gentong kalau datang ke Situ Cipanten

So buat kamu yang sering lihat video air biru di luar negeri, kini ga usah jauh-jauh. Tinggal ke Majalengka saja, kota 1001 telaga asli gak pake KW.

Ada banyak lagi telaga atau situ yang bisa dikunjungi di kabupaten Majalengka. Silahkan cek cerita saya seputar review wisata Majalengka di blog ini.

Dan bagi yang mau lihat contoh foto Situ Cipanten, nih saya upload di bawah. Foto ini asli ya, ga pake edit-editan, karena saya ga terlalu suka yang ga natural. 

Jangan lupa guys, gak boleh buang sampah sembarangan ya. Udah sekolah dari TK sampai SMA, kuliah masa masih buang sampah sembarangan.

Agnas Setiawan, Guru Geografi
Baca Juga

Share with your friends

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close