Biaya dan Proses Mutasi Balik Nama di Samsat Majalengka - Guru Geografi
News Update
Loading...

Kamis, Januari 6

Biaya dan Proses Mutasi Balik Nama di Samsat Majalengka

Halo teman-teman kali ini saya akan cerita tentang proses dan biaya mutasi dan balik nama mobil saya dari Jakarta ke Majalengka Jawa Barat. Artinya mutasi kendaraan lintas provinsi, semua dilakukan sendiri gak pake biro jasa.

Nah pertama, saya kan dulu di bulan Oktober (pas pajak habis) sudah cabut berkas dari Jakarta Utara, lalu selanjutnya mendaftarkan kendaraan ke samsat tujuan (Majalengka). Artikel saat cabut berkas mutasi ada di link berikut: Cara mutasi plat dari Jakarta 

Harusnya saya tanggal 6 Desember sudah harus ke samsat tujuan, tapi berhubung masih ngantor jadi pas libur akhir tahun saja sekalian mudik.

Jadi setelah saya mudik, saya langsung pergi ke samsat Majalengka bawa mobil untuk pemberkasan. Mobil saya saat ini adalah Daihatsu Sigra 1.2 MT. Pagi hari jam 8 saya berangkat dan langsung ke bagian cek fisik kendaraan.
Loket mutasi samsat Majalengka

Seperti biasa saya daftar di bagian loket pendaftaraan cek fisik di lantai bawah dan gosok nomor mesin dan nomor rangka. Disini saya ngasih tips saja Rp.5000 ke petugasnya, meskipun memang harusnya ya ga bayar. 

Setelah cek fisik, lanjut saya pergi ke bagian mutasi dan menyerahkan semua dokumen mutasi dan balik nama dari samsat Jakarta. Petugas di bawah kemudian meminta saya datang lagi sekitar 2 mingguan untuk prosesnya, waduh. Nanti petugas akan memberikan surat jalan pengganti STNK.

Jadi sampai disini saya belum bayar pajak, biaya BBN, stnk, plat dll. Ya sudah saya balik lagi ke rumah dan pergi liburan dulu ke Pangandaran. Cerita liburan ke Pangandaran via jalur selatan Cikatomas-Cijulang bisa dicek di artikel berikut: Jalur Selatan Tasik-Pangandaran

Selepas dari Pangandaran setalah 2 mingguan kurang, saya balik lagi ke samsat untuk proses mutasi dan balik nama. Pemrosesan seperti biasa di bagian mutasi dan disini mulai ada biaya yaitu 500.000 rupiah. Lumayan ya gaes, saya juga gak tahu itu rincian 500 ribu buat apa karena gak ada kuitansinya. Mungkin untuk proses BPKB baru ke Polda Jabar biar diurus mereka atau apa, ga ngerti pokonya.
Loket Update Kepemilikan Kendaraan
Tapi gpp lah yang penting beres hari itu juga. Nah setelah bayar 500 ribu saya diminta pergi ke lantai atas untuk ke bagian Costumer Service. Disini saya diberikan formulir isian, sama seperti saat cabut berkas mutasi. Yang jelas kita isi sendiri, manual pakai pulpen. Usahakan bawa pulpen sendiri daripada bingung disana pada kepakai pulpennya.

Setelah formulir diisi lalu saya diminta ke bagian Progresif/Update Kepemilikan untuk menyerahkan data, dari sini saya diberikan nomor antrian dan berkas lalu didaftarkan ke bagian Penetapan Dokumen Baru.

Setelah 5 menitan kemudian dipanggil lagi untuk bayar, bisa cash dan transfer. Berapa totalnya?. Jreeeenggg, 3,68 juta rupiah. Lumayan gan, biaya blaik nama 900 rebuan, terus ada denda administrasi apa gitu yang gak paham sekitar 200 rebuan, terus ada biaya plat baru, dan pajak mobil 2 juta. 

Setelah bayar kemudian saya nunggu print STNK baru sekitar 5 menitan dan diminta ke bawah lagi untuk buat plat baru. Di bawah saya serahkan kembali STNK baru lalu plat nomor baru dicetak dan ternyata bayar lagi gaes 25.000.
Cetak Plat Nomor Baru
Lalu untuk BPKB ditunggu selama 2 bulan katanya nanti datang lagi ke samsat. Itulah rincian proses mutasi dan balik nama mobil saya dengan total biaya sekitar 4 jutaan . Ini gak pake calo atau biro jasa ya, karena ingin hemat. Kalau pakai biro pasti jatuhnya bisa hampir dua kali lipat.

So far proses mutasi dan balik nama mobil gue ga lama, asal prosesnya dilakukan dengan benar sesuai aturan dan datang pagi saja kalau mau cepat biar gak antri lama. 

Untuk yang sedang ingin balik nama dan mutasi, disarankan sebelum pajak tahunan habis misalkan 1 bulan sebelumnya. Jangan sampai bayar pajak dulu lalu balik nama dan mutasi, nanti anda bayar pajak dua kali di samsat baru, kan gaje bayar double. Selamat tertib administrasi.

Share with your friends

Give us your opinion
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close