Kunci Jawaban OSP/KSN-P Geografi 2019 Bagian Esai Nomor 1 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Selasa, Maret 8

Kunci Jawaban OSP/KSN-P Geografi 2019 Bagian Esai Nomor 1

Hai kawan-kawan sekarang kita lanjut ke pembahasan soal Esai KSN-P atau OSP Geografi 2019. Di postingan ini saya akan bahas nomor 1 terlebih dahulu.

Soal pertama ini terkait dengan geografi ekonomi dimana ditampilkan sebuah grafik kasus pertumbuhan ekonomi Indonesia. Jadi soalnya adalah menganalisis data.

1. Penghitungan PDB (Produk Domestik Bruto) dari sisi produksi dapat digunakan untuk melihat transformasi struktur perekonomian suatu negara dari waktu ke waktu. Umumnya, struktur perekonomian suatu negara ditunjang oleh tiga sektor utama: pertanian (Agr), manufaktur (Man), dan jasa (Serv). Perhatikan gambar di bawah ini.
Soal Esai KSN P Geografi

Merujuk pada gambar diatas, jawablah pertanyaan berikut ini:
a. Deskripsikan proses transformasi struktur ekonomi Indonesia sejak tahun 1966 hingga tahun 2014!
b. Terdapat anomali yang cukup menarik terhadap perubahan kontribusi pertanian dalam PDB di tahun 1988, yaitu adanya kenaikan persentase yang cukup tajam dalam waktu yang singkat. Jelaskan penyebab terjadinya anomali tersebut.

Pembahasan 
a. Untuk menjawab bagian a, maka kalian harus melihat perubahan grafik ketiga sektor ekonomi, lebih bagus lagi dikaitkan dengan teori pertumbuhan ekonomi Lewis dan Chenery.

Ada dua teori utama yang umum digunakan dalam menganalisis perubahan struktur ekonomi, yakni dari Arthur Lewis (teori migrasi) dan Hollis Chenery (teori transformasi struktural).

Teori Arthus Lewis pada dasarnya membahas proses pembangunan ekonomi yang terjadi di daerah pedesaan dan daerah perkotaan (urban). Dalam teorinya, Lewis mengasumsikan bahwa perekonomian suatu negara pada dasarnya terbagi menjadi dua, yaitu perekonomian tradisional di pedesaan yang didominasi oleh sektor pertanian dan perekonomian modern diperkotaan dengan industri sebagai sektor utama.

Kerangka pemikiran teori Chenery pada dasarnya sama dengan model Lewis. Teori Chenery, dikenal dengan teori pattern of development, memfokuskan pada perubahan struktur dalam tahapan proses perubahan ekonomi di LDCs (Low Development Countries) yang mengalami transformasi dari pertanian tradisional (subsisten) ke sektor industri sebagai mesin utama pertumbuhan ekonomi.

Kalau dilihat dari grafik, pertumbuhan ekonomi pada masa awal kemerdekaan didominai sektor pertanian, kedua sektor jasa dan ketiga ektor manufaktur. Setelah itu di tahun 1990 mulai terjadi perubahan, sektor pertanian menurun sementara sektor manufaktur naik ke posisi dua. Sektor jasa masih paling atas. Hal ini tentu dikarenakan masifnya kebijakan industrialisasi semenjak orde baru.

b. Pada tahun 1998 terjadi krisis ekonomi yang luar biasa, inflasi sampai ratusan persen dan banyak bank hancur, berikut industri juga kolaps. Satu-satunya sektor yang bertahan adalah pertanian karena pertanian berkaitan dengan pangan. Pangan adalah sumber utama hidup. Jadi pada masa itu tidak penting soal kebutuhan sekunder, kebutuhan tersier yang penting adalah perut kenyang di masa kondisi ekonomi sedang terpuruk. Kerusuhan dan penjarahan terjadi di mana-mana, gelombang PHK merajalela. Oleh sebab itu sektor pertanian cenderung melesat dibanding dua sektor lain yaitu jasa dan manufaktur yang merosot.

Baca Juga

Share with your friends

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close