Soal Prediksi OSN Geografi 2023 + Pembahasan Part 1 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Minggu, November 6

Soal Prediksi OSN Geografi 2023 + Pembahasan Part 1

Halo pejuang OSN Geografi semuanya, berhubung tahun depan semakin dekat dan pastinya kalian harus sudah menyiapkan diri untuk pendalaman OSN Geografi 2023.

Kali ini kita akan coba bahas soal prediksi OSN Geografi 2023, supaya kalian semakin mantap nanti di OSN 2023. Jangan lupa like dan share blog ini ya ke grup sosmed kalian!.

1. Salah satu tujuan yang tercantum dalam Millenium Development Goals (MDGs) adalah sebagai berikut, kecuali . . . .
A. Mengurangi dampak perubahan iklim
B. Mengurangi kematian anak
C. Memberantas kelaparan dan kemiskinan
D. Melawan HIV/AIDS
E. Mendukung kesetaraan gender

2. Kondisi cuaca yang secara alami dapat memicu kebakaran hutan adalah . . . .
A. Panas, lembab, dan tidak berangin
B. Panas, kering, dan tidak berangin
C. Panas, lembab, dan berangin
D. Panas, kering, dan berangin
E. Dingin, kering, dan berangin

3. Perhatikan tabel di bawah ini!

Negara yang memiliki laju pertumbuhan penduduk alami paling tinggi adalah . . .
A. A
B. B
C. C
D. D
E. E

4. Menurut tabel pada no.13, manakah yang kemungkinan besar merupakan negara MEDC (More Economically Developed Country)?
A. A dan C
B. C dan D
C. B dan E
D. A, C dan D
E. B, D dan E

5. Jenis terumbu karang yang berada di dekat pantai seperti di bawah ini dinamakan ....

A. terumbu karang tepi
B. terumbu karang penghalang
C. terumbu karang cincin
D. terumbu karang pesisir
E. terumbu karang datar

Pembahasan
1. Millennium Development Goals (MDGs) adalah sebuah paket berisi tujuan yang memiliki batas waktu dan target terukur untuk menanggulangi menanggulangi beberapa isu yaitu kemiskinan, kelaparan, pendidikan, diskriminasi perempuan, kesehatan ibu dan anak, pengendalian penyakit, dan perbaikan kualitas lingkungan.

Secara rinci 7 aspek dalam MDGs adalah; (1) memberantas kemiskinan dan kelaparan; (2) mencapai pendidikan dasar untuk semua; (3) mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan; (4) menurunkan kematian anak; (5) meningkatkan kesehatan ibu; (6) mengendalikan HIV dan AIDS, malaria dan penyakit menular lainnya; dan (7) menjamin kelestarian lingkungan hidup.

Jadi jawaban yang salah adalah A.

2. Kebakaran hutan rawan terjadi pada daerah yang kering, panas dan berangin. Daerah seperti gambut dan savana saat kemarau sangat rentan terbakar baik tidak disengaja (faktor alam) maupun disengaja oleh manusia.

3. Pertumbuhan penduduk alami dikontrol oleh kelahiran dan kematian. Jadi tinggal menghitung selisih kelahiran dan kematian.
- A = 25
- B = 5
- C = 30
- D = 24
- E = 9
Jadi laju pertumbuhan penduduk alami tertinggi adalah wilayah C. 

4. MEDc atau negara dengan pendapatan menengah ke atas biasanya memiliki angka pertumbuhan penduduk rendah. Jadi kemungkinan negara B dan E yang masuk kategori negara MEDc.

5. Gambar di atas menunjukan jenis terumbu karang tepi yaitu karang yang berada di sepanjang pantai dengan kedalaman hingga 40 meter. Terumbu ini berada di permukaan laut terbuka. Terumbu karang tepi berada di pesisir pantai dari pulau-pulau besar. 

Karang tumbuh ke atas, ke arah luar, dan menuju laut lepas. Proses pengembang biakkan terumbu, bentuknya melingkar ditandai dengan ban. Bagian endapan karang mati mengelilingi pulau. Pada pantai yang curam, pertumbuhan terumbu mengarah vertikal. Contoh terumbu karang tepi yaitu Bunaken (Sulawesi), Pulau Panaitan (Banten), Nusa Dua (Bali).

Baca Juga

Jangan Lupa Share Artikelnya

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close