Soal Prediksi OSN Geografi 2023 + Pembahasan Part 3 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Minggu, November 6

Soal Prediksi OSN Geografi 2023 + Pembahasan Part 3

Lanjut lagi kawan-kawan kita bahas soal prediksi OSN Geografi 2023 part ketiga ya, dengan soal yang lebih kompleks lagi.

Jangan lupa selalu save postingan ini agar kalian bisa dengan mudah membaca kembali pembahasan di blog ini. 

21. Jumlah energi listrik yang dihasilkan oleh PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) terutama ditentukan oleh ...
A. Selisih ketinggian antara tempat masuknya air dengan turbin
B. Volume air yang memutar turbin
C. Jarak pengguna listrik dengan PLTA
D. a dan b benar
E. a – c benar

22. Lembah pada gambar di bawah terbentuk oleh proses ....

A. Sesar/patahan
B. Lipatan
C. Banjir bandang
D. Gletser
E. Aliran lava

23. Kenampakan pantai Fjord tidak dapat ditemukan di negara ...
A. Selandia Baru
B. Perancis
C. Kanada
D. Norwegia
E. Chile

24. Gunung api di Hawaii mengeluarkan lava yang bersifat ...
A. Andesitik
B. Basaltik
C. Felsik
D. Riolitik
E. Pelagik

25. Barisan/jajaran pohon yang ditanam di area pertanian atau perkebunan dapat berguna untuk ...
A. Mengontrol penyebaran penyakit tanaman
B. Mengontrol hama tanaman
C. Mengontrol erosi angin pada lahan pertanian atau perkebunan
D. Mengontrol gulma tanaman
E. Mengontrol irigasi pada lahan pertania atau perkebunan

Pembahasan
21. D
Sistem kerja PLTA adalah mengubah energi potensial air yang telah ditampung di waduk menjadi energi kinetik dengan cara mengalirkan air melalui pipa pesat (penstock). Kemudian air yang telah dipercepat tersebut akan digunakan untuk memutar turbin. Cek diagram PLTA di bawah ini.


Turbin yang telah berputar disambung dengan shaft antara turbin dan generator sehingga rotor pada generator juga akan berputar. Perputaran rotor tersebut akan mengakibatkan perbedaan medan magnit yang akan menghasilkan energi listrik akibat perpotongan oleh stator. Jadi A dan B adalah jawaban yang tepat.

Selisih ketinggian masuknya air dan turbin berpengaruh pada kecepatan aliran yang menggerakan turbin. Volume air akan berpengaruh juga pada daya tekan terhadap putaran turbin.

22. D
Gletser merupakan lapisan es yang bergerak secara perlahan melalui lembah menuruni pengunungan karena mempunyai gaya berat. Adapun untuk Ciri-ciri sungai gletser ini biasanya terdapat di daerah yang mempunyai iklim dingin, yaitu daerah yang ada di sekitar kutub-kutub planet bumi. Sungai gletser biasanya memiliki tebing-tebing tinggi yang curam membentuk struktur lembah V.

23. B
Fjord (dibaca fyord) adalah teluk yang sempit dan panjang, di kiri kanannya tebing batu yang amat curam dan berasal dari aliran gletser yang masif. Fjord banyak ditemukan di wilayah Skandinavia dan sekitar lingkar kutub lainnya di selatan atau utara. Perancis tidak potensial untuk ditemukan Fjord. Gambarnya di bawah ini

24. B
Gunung api Hawaii terbentuk dari zona hot spot di tengah samudera sehingga akan terbentuk lava jenis basaltik yang encer.  Lava basal cair memiliki viskositas rendah karena kandungan silikanya yang relatif rendah (antara 45% dan 52%), menghasilkan aliran lava yang bergerak cepat yang dapat menyebar ke area yang luas sebelum mendingin dan mengeras. 

Magma basaltik di dalam Bumi diperkirakan berasal dari mantel atas. Kimia basal dengan demikian memberikan petunjuk tentang kondisi jauh di dalam interior bumi.

25. C
Penanaman pohon berjejer disekitar perkebunan akan bermanfaat sebagai windbreak atau penghambat angin sehingga lahan pertanian memiliki potensi rusak minim saat terjadi angin kencang.

Baca Juga

Jangan Lupa Share Artikelnya

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close