Cara Menghitung Proyeksi Penduduk Geometri - Guru Geografi
News Update
Loading...

Selasa, Januari 24

Cara Menghitung Proyeksi Penduduk Geometri

Proyeksi penduduk geometri adalah metode untuk menghitung perkiraan jumlah penduduk di masa depan dengan menggunakan rasio pertumbuhan geometri. 

Untuk menghitung proyeksi penduduk geometri, Anda akan memerlukan data populasi saat ini dan tingkat pertumbuhan geometri. Berikut adalah langkah-langkah untuk menghitung proyeksi penduduk geometri:

1. Tentukan jumlah penduduk saat ini (P0) dan tingkat pertumbuhan geometri (r) dalam persentase.

2. Hitung jumlah penduduk di masa depan dengan menggunakan rumus:

Pn = P0 * (1 + r)^n

di mana Pn adalah jumlah penduduk di masa depan, P0 adalah jumlah penduduk saat ini, r adalah tingkat pertumbuhan geometri dalam bentuk desimal, dan n adalah jumlah periode waktu di masa depan yang ingin Anda proyeksikan.

Misalnya, jika Anda ingin mengetahui jumlah penduduk dalam 5 tahun ke depan pada suatu wilayah dengan data penduduk saat ini 100.000 jiwa dan tingkat pertumbuhan geometri sebesar 1,5%, maka Anda akan menghitung:

P5 = P0 * (1 + 0,015)^5
P5 = 100.000 * (1.07)
= 107.728 jiwa

Proyeksi penduduk geometri dihitung dengan menggunakan data saat ini dan tingkat pertumbuhan geometri yang diharapkan, jadi hasil akan berubah jika tingkat pertumbuhan geometri berubah.

Ingat bahwa proyeksi penduduk geometri hanya merupakan perkiraan dan tidak selalu akurat karena tidak mengambil beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk seperti migrasi, kematian, dan kelahiran.

Di bawah ini adalah data pergerakan jumlah penduduk Indonesia dari tahun ke tahun. 

Data pertumbuhan penduduk Indonesia
Baca Juga

Jangan Lupa Share Artikelnya

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close