Contoh Soal AKM Geografi Kelas 11 Posisi Strategis Indonesia + Kunci [Part 1] - Guru Geografi
News Update
Loading...

Sabtu, Juli 15

Contoh Soal AKM Geografi Kelas 11 Posisi Strategis Indonesia + Kunci [Part 1]


Halo sobat geografimania, kali ini saya akan coba bagikan contoh soal formatif asesmen kompetensi minimum geografi bab posisi strategis Indonesia.

Teruslah berlatih soal agar kalian terbiasa untuk menjawab soal AKM Geografi. Jangan lupa share konten blog ini.

1. Letak geografis Indonesia memberikan pengaruh terhadap perubahan musim di Indonesia seperti adanya musim hujan. Fenomena cuaca tersebut dipengaruhi oleh ….
a. perbedaan suhu dan tekanan udara di daratan Asia dan Australia
b. tingginya curah hujan di wilayah Indonesia
c. kondisi batuan yang tersebar di wilayah Indonesia
d. adanya angin pasat yang berhembus dari benua Afrika
e. letak Indonesia di lintang subtropik

Kunci
Letak geografis Indonesia memiliki pengaruh besar terhadap perubahan musim, termasuk adanya musim hujan. Indonesia terletak di antara dua benua besar, yaitu Asia dan Australia, serta dikelilingi oleh Samudra Hindia dan Pasifik. Perbedaan suhu dan tekanan udara antara dua wilayah ini menciptakan pola angin dan sirkulasi atmosfer yang memengaruhi musim di Indonesia.

Selama musim hujan, suhu di wilayah Asia cenderung lebih rendah daripada di wilayah Australia. Udara hangat dan lembab dari Samudra Hindia mengalir ke arah Asia yang lebih dingin, menyebabkan udara naik dan membentuk awan-awan hujan. Sementara itu, di wilayah Australia yang lebih panas, udara cenderung turun dan mengeringkan wilayah tersebut.

Pola perbedaan suhu dan tekanan ini menciptakan angin muson yang mengubah arah dan kecepatan angin secara periodik. Musim hujan di Indonesia umumnya terjadi saat angin muson Asia datang ke wilayah ini, membawa uap air dan menyebabkan curah hujan yang tinggi.

2. Bacalah teks berikut ini.
Indonesia adalah negara kepulauan yang dihubungkan oleh laut-laut sempit. Sekitar 2/3 luas Indonesia adalah lautan yang menjadikannya sebagai negara maritim. Karakteristik fisiografis ini seringkali menjadi hambatan untuk kegiatan pembangunan karena adanya batas perairan. Namun, pemerintah tetap ingin melakukan pemerataan pembangunan antar wilayah dengan membangul tol laut agar kesejahteraan penduduk semakin meningkat.

Dampak yang paling diharapkan dan menjadi tujuan dalam pembangunan tol laut adalah ....
a. wilayah Indonesia timur semakin ditinggalkan penduduknya merantau
b. pertukaran kebudayaan semakin intens terjadi dan menghasilkan asimilasi
c. harga bahan kebutuhan pokok di Indonesia timur tidak terlalu tinggi
d. munculnya separatis baru di Indonesia timur
e. membuat eksploitasi tambang di Papua semakin tinggi

Kunci
Konsep tol laut Indonesia merujuk pada kebijakan pemerintah Indonesia dalam mengembangkan sistem transportasi laut yang efisien untuk mendukung konektivitas dan logistik di dalam negeri. Konsep tol laut bertujuan untuk memanfaatkan potensi maritim Indonesia, berupa ribuan pulau dan wilayah perairan yang luas. 

Tingginya harga ongkos transport menjadi salah satu sebab utama harga barang kebutuhan pokok di Indonesia timur lebih mahal dibanding di Indonesia bagian barat. Dengan adanya program tol laut, diharapkan akan memangkas biaya transport sehingga alur distribusi barang akan semakin lancar dan berdampak pada penurunan harga bahan kebutuhan pokok di wilayah timur Indonesia. Dengan begitu, pemerataan pembangunan akan semakin baik.

3. Indonesia adalah negara dengan garis pantai terpanjang nomor dua setelah Kanada. Hal ini menunjukkan wilayah Indonesia dikelilingi lautan dan menjadi negara dengan potensi maritim yang besar. Beberapa potensi yang dimiliki Indonesia sebagai negara maritim adalah ....
A. potensi industri tambak garam 
B. potensi ekowisata terumbu karang
C. memiliki potensi  geotermal 
D. potensi tangkap ikan pelagis
E. kaya akan bahan galian terestrial

Kunci
Kekayaan maritim Indonesia sangat besar karena terdiri atas puluhan ribu gugusan pulau-pulau yang dipisahkan oleh laut-laut sempit. Secara keseluruhan, 2/3 luas Indonesia berupa laut yaitu sekitar 5,8 juta kilometer persegi. Oleh sebab itu beberapa potensi negara Indonesia sebagai negara maritim adalah sebagai berikut.
1. Potensi tambak garam besar
Indonesia memiliki garis pantai yang panjang dan kondisi iklim panas (tropis), hal ini mendukung pengembangan industri tambak garam. Potensi ini membuat Indonesia menjadi salah satu produsen garam terbesar di dunia.
2. Memiliki potensi ekowisata terumbu karang     
Iklim tropis membuat Indonesia kaya akan terumbu karang dan keanekaragaman hayati laut yang tinggi. Potensi ini mendukung pengembangan ekowisata terumbu karang yang menarik wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri.
3. Memiliki potensi tangkap ikan pelagis
Indonesia memiliki perairan yang kaya akan sumber daya ikan pelagis, seperti tuna, ikan layur, cakalang, dan lainnya. Potensi ini mendukung sektor perikanan tangkap di Indonesia, baik untuk pemenuhan konsumsi domestik maupun ekspor.
4. Memiliki potensi geotermal
Energi geotermal biasanya keluar melalui zona subduksi yang berasosiasi dengan pegunungan api yang berada di wilayah ring of fire. Beberapa lautan yang ada di Indonesia  merupakan zona subduksi berpotensi menghasilkan energi geotermal.

Sementara itu, sumber daya bahan galian terestrial terdapat di daratan seperti batubara, emas, tembaga, pasir, nikel. 

4. Perhatikan teks berikut ini!.

Kebijakan Bebal Ekspor Pasir Laut

Selama dua dekade ekspor pasir laut dilarang. Setelah disetop pemerintahan Megawati Soekarnoputri pada 2003 dengan alasan ekspor pasir laut merusak lingkungan, menenggelamkan pulau-pulau kecil, dan belum diselesaikannya batas wilayah laut antara Indonesia dan Singapura, pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) kembali membuka keran ekspor pasir laut. Presiden Jokowi menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Hasil Sedimentasi di Laut. PP itu memantik polemik berkepanjangan karena memanfaatkan hasil sedimentasi laut berupa pasir laut untuk diekspor ke luar negeri. Hal itu tertuang dalam Pasal 9 ayat (2) huruf D yang menyebutkan ekspor dilakukan sepanjang kebutuhan dalam negeri terpenuhi dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. 

Beragam dalih dikemukakan sejumlah pembantu Jokowi di Kabinet Indonesia Maju. Salah satunya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Luhut meyakini kebijakan terbaru yang memperbolehkan pengerukan dan ekspor pasir laut tidak akan merusak lingkungan, bahkan menyehatkan ekosistem laut. Pengelolaan negara seharusnya berbasiskan good governance, yakni akuntabilitas, transparansi, dan partisipasi. Alasan dibukanya kembali kebijakan ekspor pasir laut seharusnya bisa dipertanggungjawabkan, bukan dengan asumsi-asumsi liar. Alasan izin ekspor laut tidak semata demi kepentingan ekonomi. Kepentingan lingkungan dan ekosistem laut jauh lebih penting. Demikian pula terkait dengan aspek transparansi, kebijakan ekspor pasir laut harus dibuka secara terang benderang. Gelar diskusi publik, sejauh mana kebutuhan kita untuk mengekspor pasir laut serta seberapa besar pendangkalan laut mengganggu pelayaran nasional. 

Begitu pun aspek partisipasi, itu sangat menentukan dukungan publik terhadap kebijakan ekspor laut. Kepentingan ekonomi dan politis disinyalir dipertaruhkan untuk menyokong kesuksesan berkontestasi dalam pesta demokrasi. Celakanya lagi apabila kebijakan ekspor pasir laut ialah tukar guling dengan pemerintahan Singapura dan Tiongkok. Singapura sangat berkepentingan memperluas daratan dengan mereklamasi laut. Tiongkok tengah gencar membangun pulau-pulau kecil di wilayah Laut Cina Selatan yang tentu membutuhkan pasir.

Sumber: https://mediaindonesia.com/editorials/detail_editorials/3005-kebijakan-bebal-ekspor-pasir-laut dengan penyesuaian

Pernyataan yang benar terkait dengan berita dibukanya kembali ekspor pasir laut Indonesia oleh Presiden Joko Widodo adalah ….
a. ekspor pasir laut Indonesia sempat ditutup selama 20 tahun
b. pemerintah sekarang berasumsi bahwa ekspor laut dapat menyehatkan ekosistem laut
c. kepentingan ekonomi dan politik menjadi sangat erat kaitannya dengan kebijakan ekspor pasir laut
d. ekspor pasir laut dapat memicu tukar guling dengan Taiwan dan Singapura
e. Tiongkok membutuhkan pasir laut untuk mereklamasi pulau di Laut Kuning

Kunci
Ekspor pasir laut adalah kegiatan mengirimkan pasir yang berasal dari laut ke negara lain untuk digunakan dalam berbagai keperluan. Namun, perlu dicatat bahwa ekspor pasir laut dapat menjadi topik yang kontroversial dan terkait dengan isu-isu lingkungan dan keberlanjutan. 

Pembahasan masing-masing pilihan jawaban adalah sebagai berikut.
1. Ekspor pasir laut Indonesia sempat ditutup selama 20 tahun adalah benar.
Dalam paragraf pertama terdapat kalimat selama dua dekade ekspor pasir laut dilarang. Dua dekade sama dengan 20 tahun.

2. Pemerintah sekarang berasumsi bahwa ekspor pasir laut dapat menyehatkan ekosistem laut adalah benar.  
Dalam paragraf ketiga terdapat kalimat Luhut meyakini kebijakan terbaru yang memperbolehkan pengerukan dan ekspor pasir laut tidak akan merusak lingkungan, bahkan menyehatkan ekosistem laut.

3. Kepentingan ekonomi dan politik menjadi sangat erat kaitannya dengan kebijakan ekspor pasir laut adalah benar.
Dalam paragraf kelima terdapat kalimat kepentingan ekonomi dan politis disinyalir dipertaruhkan untuk menyokong kesuksesan berkontestasi dalam pesta demokrasi.

4. Ekspor pasir laut dapat memicu tukar guling dengan Taiwan dan Singapura adalah salah.
Dalam paragraf kelima terdapat kalimat celakanya lagi apabila kebijakan ekspor pasir laut ialah tukar guling dengan pemerintahan Singapura dan Tiongkok. Seharusnya negara yang terlibat adalah Singapura dan Taiwan.

5. Tiongkok membutuhkan pasir laut untuk mereklamasi pulau di Laut Kuning adalah salah.
Dalam paragraf kelima terdapat kalimat Tiongkok tengah gencar membangun pulau-pulau kecil di wilayah Laut Cina Selatan yang tentu membutuhkan pasir. Wilayah laut yang membutuhkan pasir adalah Laut Cina Selatan.

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close