Pembahasan KSM Geografi Terintegrasi 2022 No 26-30 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Jumat, Juli 7

Pembahasan KSM Geografi Terintegrasi 2022 No 26-30


Halo teman-teman kita lanjut lagi bahas kunci jawaban soal KSM Geografi 2022 untuk menemani kamu belajar. 

Jangan lupa untuk selalu share postingan blog guru geografi ke teman-teman lainnya di grup medsos kalian!

26. Perhatikan ayat Quran berikut ini!
وَلَا تُفْسِدُوا۟ فِى ٱلْأَرْضِ بَعْدَ إِصْلَٰحِهَا وَٱدْعُوهُ خَوْفًا وَطَمَعًا ۚ إِنَّ رَحْمَتَ ٱللَّهِ قَرِيبٌ مِّنَ ٱلْمُحْسِنِينَ
Berdasarkan ayat di atas, tahapan penanganan bencana sesuai ayat adalah ....
A. menyusun langkah-langkah pencarian, penyelamatan dan rencana evakuasi
B. membuat peta atau denah wilayah dan peta jalan evakuasi
C. pencarian dan penyiapan lahan untuk pemukiman tetap
D. menjauh dari pusat bencana dan tidak membawa barang

Kunci
Ayat di atas adalah QS Al A'raf ayat 56 denga arti:
Artinya: Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.

Kalau dikaitkan dengan upaya penanganan bencana sesuai ayat di atas maka setelah Alla memperbaiki kembali permukaan bumi yang sudah dilanda fenomena alam, maka manusia perlu menyiapkan diri seperti membuat peta atau jalur evakuasi untuk mitigasi kedepannya.

27. Perhatikan ayat Quran berikut ini!
Pernyataan yang relevan dengan ayat di atas adalah ...
A. membuat peta atau denah rawan bencana
B. merelokasi korban dari tenda penampungan
C. membangun rumah bagi korban bencana
D. mendata berbagai kerusakan yang terjadi

Kunci
on progress

28. Lihatlah gunung-gunung yang kokoh, indah, sejuk dan menetramkan jiwa. Dengan gunung-gunung tersebut, bumi bisa tenang dan kokoh tidak berguncang. Di dalamnya Allah menyimpan begitu banyak manfaat. Ayat di dalam Al Quran yang menjelaskan terkait dengan manfaat gunung tersebut dijelaskan dalam ...
A. An Naba ayat 20
B. Al Mursalat ayat 10
C. Al Ghasiyaah ayat 19
D. At Takwir ayat 3

Kunci
Jawabannya 
QS. At-Takwir Ayat 3
"Dan apabila gunung-gunung yang demikian tegar dan kukuh dihancurkan hingga luluh lantak menjadi pasir, kemudian diempaskan oleh angin dahsyat dengan mudahnya seperti gumpalan kapas raksasa yang beterbangan".

29. Chelyabinsk dianggap sebagai meteor terbesar yang pernah menghantam bumi sejak peristiwa Tunguska pada 1908 dan satu-satunya peristiwa meteor jatuh yang dilaporkan mencederai sejumlah besar manusia. Peristiwa tersebut menyebabkan bencana dan sesuai dengan ….
Kunci
QS Al Fajr ayat 21
Sekali-kali tidak! Apabila bumi diguncangkan berturut-turut (berbenturan). Berbenturan disini kaitannya dngan tabrakan meteor.

30. Usaha-usaha pelestarian lingkungan hidup merupakan tanggung jawab kita bersama. Dalam hal ini, usaha pelestarian lingkungan hidup tidak hanya merupakan tanggung jawab pemerintah saja, melainkan tanggung jawab bersama antara pemerintah dengan masyarakat. Pada pelaksanaannya, pemerintah telah mengeluarkan beberapa kebijakan yang dapat digunakan sebagai payung hukum bagi aparat pemerintah dan masyarakat dalam bertindak untuk melestarikan lingkungan hidup.

Salah satu upaya terpadu pelestarian lingkungan tersebut adalah ….
(A) melakukan penetapan wilayah ekoregion
(B) melaksanakan daya dukung dan tampung
(C) memberikan peringatan menghentikan pencemaran
(D) melarang pembuangan limbah ke lingkungan

Kunci
Melarang pembuangan limbah ke lingkungan merupakan salah satu upaya terpadu pelestarian lingkungan hidup. Dengan melarang pembuangan limbah ke lingkungan, pemerintah dan masyarakat bertanggung jawab untuk mengelola limbah secara efektif dan bertanggung jawab. Hal ini melibatkan pengembangan sistem pengelolaan limbah yang memadai, seperti pengolahan limbah sebelum dibuang atau mengubahnya menjadi sumber energi alternatif.

Kebijakan ini juga dapat mencakup penegakan hukum terhadap pelanggaran pembuangan limbah yang merusak lingkungan. Melalui penegakan hukum yang tegas, diharapkan bahwa pihak-pihak yang bertanggung jawab akan menghentikan praktik pembuangan limbah yang merugikan lingkungan.

Namun, penting untuk dicatat bahwa usaha pelestarian lingkungan hidup tidak hanya terbatas pada melarang pembuangan limbah ke lingkungan. Ada berbagai upaya lain yang dapat dilakukan, seperti konservasi sumber daya alam, penghijauan, pengelolaan air, pengembangan energi terbarukan, edukasi lingkungan, dan partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Semua ini merupakan bagian dari tanggung jawab bersama pemerintah dan masyarakat dalam menjaga keberlanjutan lingkungan hidup.

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close