Pembahasan KSM Geografi Terintegrasi 2022 No 31-35 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Sabtu, Juli 8

Pembahasan KSM Geografi Terintegrasi 2022 No 31-35


Halo adik-adik, lanjut lagi kita bahas kunci jawaban soal KSM Geografi 2022 selanjutnya. Pastikan untuk selalu share postingan di blog ini ke teman-teman lain di grup medsos kalian.

Untuk dapatkan pendalaman materi geografi, bisa follow akun tiktok saya di bawah. Scroll ke bawah aja ya!. Rugi pokonya kalau ga follow!.

31. Perhatikan diagram di bawah!

Pernyataan tepat yang menggambarkan fenomena di atas adalah ….
(A) konsentrasi NO₂ tertinggi banyak terjadi pada lokasi yang mewakili kegiatan industri dan konsentrasi SO₂ tertinggi paling banyak terjadi di lokasi yang mewakili kegiatan transportasi.
(B) konsentrasi NO₂ tertinggi banyak terjadi pada lokasi yang mewakili kegiatan transportasi dan konsentrasi SO₂ tertinggi paling banyak terjadi di lokasi yang mewakili kegiatan industri.
(C) konsentrasi NO₂ terendah banyak terjadi pada lokasi yang mewakili kegiatan pemukiman dan perkantoran dan konsentrasi SO₂ pemukiman paling banyak terjadi di lokasi yang mewakili kegiatan industri.
(D) konsentrasi NO₂ terendah banyak terjadi pada lokasi yang mewakili kegiatan industri dan konsentrasi SO₂ terendah paling banyak terjadi di lokasi yang mewakili kegiatan perkantoran.

Kunci
Ini tinggal lihat saja diagramnya sesuai warna. Semakian besar diagram pie maka persentase semakin tinggi. Keterangan warna ada di bawah diagram. Jawabannya yang B.

32. Perhatikan gambar!
 Berdasarkan peta geologi di atas, pernyataan yang tepat tentang pergerakan lempeng tektonik di Indonesia adalah ….
(A) Lempeng Asia Tenggara bergerak 7 cm/tahun ke arah tenggara; Lempeng India – Australia bergerak 9 cm/tahun ke arah utara; dan Lempeng Pasifik Barat bergerak 1 cm/tahun ke arah barat
(B) Lempeng Asia Tenggara bergerak 1 cm/tahun ke arah utara; Lempeng India – Australia bergerak 7 cm/tahun ke arah barat; dan Lempeng Pasifik Barat bergerak 9 cm/tahun ke arah tenggara
(C) Lempeng Asia Tenggara bergerak 1 cm/tahun ke arah tenggara; Lempeng India – Australia bergerak 7 cm/tahun ke arah utara; dan Lempeng Pasifik Barat bergerak 9 cm/tahun ke arah barat
(D) Lempeng Asia Tenggara bergerak 1 cm/tahun ke arah tenggara; Lempeng India – Australia bergerak 9 cm/tahun ke arah utara; dan Lempeng Pasifik Barat bergerak 7 cm/tahun ke arah barat

Kunci
(C) Lempeng Asia Tenggara bergerak 1 cm/tahun ke arah tenggara; Lempeng India – Australia bergerak 7 cm/tahun ke arah utara; dan Lempeng Pasifik Barat bergerak 9 cm/tahun ke arah barat.

33. Bentuk lahan yang sesuai ditunjukkan gambar tersebut adalah ….
(A) alluvial
(B) karst
(C) eolian
(D) struktural

Kunci
Wilayah karst pada peta topografi biasanya akan nampak sebagai daerah dengan bentuk relief yang khas. Beberapa ciri yang dapat dilihat di wilayah karst pada peta topografi meliputi:

Pola Drainase yang Tidak Teratur: Karst seringkali memiliki sistem drainase yang kompleks dan tidak teratur. Pada peta topografi, ini dapat terlihat sebagai sungai yang bercabang-cabang atau terinterupsi secara tiba-tiba.

Lubang dan Jurang: Karst umumnya memiliki keberadaan lubang, sumur, atau jurang yang disebabkan oleh erosi air di bawah permukaan tanah. Pada peta topografi, ini dapat terlihat sebagai titik-titik atau simbol-simbol yang menandakan keberadaan lubang atau jurang.

Pola Relief Karst: Relief atau bentuk permukaan tanah yang khas pada karst dapat terlihat pada peta topografi sebagai pola-pola yang menunjukkan keberadaan ceruk, dolin, tebing curam, atau dataran tinggi yang terjal.

34. Perhatikan ayat di bawah!
Sumber daya alam berdasarkan jenisnya yang ada pada ayat di atas adalah .... [belum tahu aya apa]

35. Perhatikan tabel pengamatan unsur cuaca dan iklim menurut bulan di kota "V" 2020 berikut!

Berdasarkan tabel di atas, tipe iklim kota "V" menurut W. Koppen adalah .... 

Kunci
Bisa dilihat bahawa curah hujan di atas 100 mm per bulan dominan dalam satu tahun. Hanya bulan Juli dan Agustus yang di bawah 100, jadi pasti iklim basah tipe Af.

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close