Perbedaan Aspek Fisik dan Non Fisik Geografi - Guru Geografi
News Update
Loading...

Rabu, Agustus 23

Perbedaan Aspek Fisik dan Non Fisik Geografi


Dalam kajian geografi tentunya kalian akan belajar mengenai dua aspek geografi yaitu aspek fisik dan non fisik. Aspek fisik dan non-fisik adalah dua dimensi yang berbeda namun saling terkait dalam studi geografi. Berikut adalah perbedaan antara aspek fisik dan non-fisik geografi:

Aspek Fisik Geografi:

Lingkungan Fisik: Aspek fisik geografi mencakup semua elemen fisik di bumi, seperti daratan, air, udara, dan berbagai fitur alam seperti gunung, sungai, dan danau.

Bentuk Permukaan:  termasuk topografi, kontur, dan relief daratan. Contohnya adalah gunung, lembah, dataran, dan pegunungan.

Iklim dan Cuaca:  melibatkan studi tentang kondisi atmosfer, termasuk pola cuaca jangka pendek dan iklim jangka panjang suatu wilayah.

Hidrologi:melibatkan studi tentang air di permukaan bumi, termasuk sungai, danau, laut, dan pola aliran air.

Vegetasi dan Ekosistem: mencakup studi tentang jenis tumbuhan, hewan, dan interaksi ekosistem di suatu wilayah.

Geologi dan Tanah: Aspek ini melibatkan studi tentang struktur geologis, pembentukan tanah, dan sifat fisik tanah di suatu daerah.

Aspek Non-Fisik Geografi:

Populasi dan Demografi:  melibatkan studi tentang manusia, jumlah populasi, distribusi, pertumbuhan penduduk, serta faktor-faktor demografis seperti usia, jenis kelamin, dan migrasi.

Budaya dan Identitas: mencakup studi tentang budaya, bahasa, agama, tradisi, dan identitas etnis suatu daerah.

Ekonomi dan Pembangunan: melibatkan studi tentang aktivitas ekonomi, produksi, distribusi, dan konsumsi barang dan jasa, serta faktor-faktor pembangunan ekonomi dan sosial.

Politik dan Administrasi:  melibatkan studi tentang struktur pemerintahan, kebijakan publik, hubungan internasional, dan dinamika politik suatu daerah.

Sosial dan Kesejahteraan:mencakup aspek sosial masyarakat, termasuk pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, serta indikator kesejahteraan sosial.

Perubahan dan Interaksi Manusia-Lingkungan:  melibatkan studi tentang bagaimana manusia berinteraksi dengan lingkungan fisik dan bagaimana aktivitas manusia memengaruhi lingkungan serta sebaliknya. 

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close